Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Monday, October 20, 2008

Laskar Pelangi Bianglalaku



Waduh.. mungkin aku orang yang ketinggalan baca novel keren Mas Andrea Hirata (ciee.. sok kenal nih) tapi, ini adalah awal yang mempesona, bagaimana tidak..!
Aku adalah seorang perempuan yang sangat suka membaca, bahkan sering aku beli buku, sampai gak sempat aku membacanya.. kemudian beli buku lagi.. (hmm.. not good idea nih :P)

Ok.. kalau secara tradisi, dari dulu aku dibiasakan oleh Ayah untuk membaca buku, koran dan apa sajalah.. tetapi aku gak diperkenankan beliau untuk membaca komik atau novel, karena waktu itu di era tahun 80-an belum kutemukan komik bermutu hehe (kalee)
dan entah mengapa aku lebih suka membaca roman seperti Siti Nurabaya, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, Salah Asuhan, dan sebagainya.

Aku juga bukan pecinta Novel, bahkan sering aku menghindari Novel ketika aku ke Toko Buku atau perpustakaan umum, alasannya juga rada aneh.. karena pertama kali aku membaca novel, waktu itu pas liburan Akhir Semester temanku meminjamiku sebuah novel, aku pikir kalau dilihat dari gambarnya lucu.. wah pasti deh menyenangkan.. ternyata bayanganku salah, aku berburai air mata membaca novel itu, lalu keesokannya mataku bengkak karena "menangis semalam" sampai teman-teman kos mengira aku lagi patah hati..waduhhh percaya gak sih..??! tapi benarr itu kenyataannya. Dan sejak saat itu aku tak mau lagi baca novel

Lalu.. beberapa puluh tahun kemudian.. (cie..)
seorang teman lain di Surabaya.. sering membaca Novel, namun aku tetap pada pendirianku, tak ingin berkawan akrab dengan Novel. tapi.. ketika Laskar Pelangi terbit, kembali temanku tadi,Kak Maryam Mustafa Maziun menceritakan isi buku itu padaku.. Dan masih saja aku enggan untuk membeli Novel. Sampai suatu ketika, aku pergi ke pameran buku, entah mengapa aku iseng tanya pada penjual, ada gak Laskar Pelangi..

O'..ow.. sang penjual menyodoriku dan menyebutkan harga.."Nih Mbak!!"
Yah.. akhirnya aku beli deh.. dan kubaca.. hingga halaman ke 10 aku tak henti membacanya terus.. dan teruss.. tenggelam diantara kata-kata indah Andrea Hirata.

Aku suka buku ini.. dan aku mulai jatuh cinta pada Novel..terutama besitan Andrea Hirata.. Aku nonton filmnya.. tetap tak mengalahkan Novelnya..
Aku juga suka bait-bait yang dilagukan Nidji tentang Laskar Pelangi..

"Tersenyumlah dan tetap tertawa
Meski Dunia tak Seindah Surga"

Yah.. Andrea dan Giring membuat hidup yang kulalui semakin penuh warna..
karena Hidup lebih Indah ketika Cinta Merekah!
div

1 comment:

  1. long life piracy... :p


    http://www.ziddu.com/download/2295835/laskar-pelangi.pdf.html

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)