Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Wednesday, September 7, 2011

English is Easy.. ?!

English is Easy…?!

pic source
Pendidikan pertama yang diajarkan kepada anak manusia, ternyata bukan berhitung, menulis atau menggambar, tetapi bahasa mau bukti?

Orang bijak berkata, untuk menguasai segala ilmu, maka belajarlah ilmu bahasa terlebih dahulu, karena dengan menguasai bahasa, maka engkau akan mudah menguasai ilmu yang lain.

Bahasa adalah ilmu pertama yang diberikan, khususnya dari seorang ibu kepada anaknya, bahkan sebelum lahir pun, anak sudah diajarkan ilmu bahasa oleh kedua orang tuanya. Baik itu bahasa kalbu, bahasa tubuh, ataupun bahasa lisan. Jadi wajar, ketika kita mendaftar sekolah selalu ada kolom isian tentang “bahasa ibu” yang digunakan, karena bahasa sangat memegang peranan penting dalam pendidikan manusia.

Namun anehnya, bahasa terkadang menjadi mata pelajaran yang kurang diminati siswa, apalagi kalau berhubungan dengan Bahasa Asing, tidak sedikit siswa yang menjadikan Bahasa Asing, Inggris misalnya sebagai momok yang menakutkan di sekolah, ditambah lagi guru pengajarnya masuk kategori killer


Kepalaku cenat cenut kalau sudah pelajaran bahasa Inggris dimulai! Belum lagi ditanya masalah grammar, disuruh menyusun kalimat lah, apalagi disuruh membaca.. satu jam serasa masuk rumah hantu dan parahnya logatku memalukan, jatuhnya jadi English van Java.. alias medokk..! Keluh seorang teman

Iya nih aku juga, kemarin pas tes wawancara kerja, si interviewer-nya nanya pake bahasa Inggris.. ahh keringat dingin mengucur mirip kue cucur baru mateng..ampun dah ah aku gagal gara-gara bahasa Inggris! Sambung teman yang lain.

Eh.. ini tulisanku bener gak grammarnya? Kan malu kalo salah.. trus tadi waktu aku ngomong, udah bener ya susunan kalimatnya? Tanya teman yang lain lagi.

Masih saja komentar negatif sering terlontar, ketika ditanya tentang pengalaman ber-bahasa Inggris. Dan momoknya gak jauh-jauh dari ”grammar”, seolah bicara bahasa Inggris gak boleh salah, dan harus baku.. O.. pliss dechh..!


Sebenarnya tanpa kita sadari, Bahasa Asing secara tidak langsung sudah terserap dalam keseharian kita, coba kita perhatikan apa yang sering kita ucapkan, ”sorry yaa.. ok deh see you.. gantian dong di forward ke inbox ku, wahh cantiknya kuenya.. thanks ya.. eh jangan lupa hand rem nya di pasang.. udah kamu shut down belum computer nya? Hello Mas Bro.. whatzzup long time no see.. are you ok? ” apa kata-kata itu belum dibilang bahasa asing ?

So..kenapa mesti takut dengan bahasa asing? Sebenarnya istilah dan kalimat-kalimat dalam keseharian kita, sudah lekat dengan bahasa Asing, baik itu Inggris, Belanda, atau Mandarin, bahkan Arab juga ada.

Pic Source
Kalau masih ada yang ngeles.. yah... itu kan bahasa sehari-hari beda sama yang di sekolah, kan harus baku. Hmm sekarang kalau balik ditanya, dulu belajar bahasa jawa, bahasa Indonesia, dan bahasa daerah yang lain, harus dari yang baku dan formal dulu ya?

Menurut saya pribadi sih, belajar harus dimulai dengan sesuatu yang fun, karena secara psikologis, orang cenderung lebih menyukai hal-hal yang menyenangkan, rilex, dan menarik. Jadi ketika kita melakukan apapun termasuk belajar, apalagi belajar bahasa asing yang notabene bukan bahasa ibu kita, ya seharusnya dimulai dengan sesuatu yang menarik dan fun.

Saya mengawali belajar bahasa Inggris, ketika masih kelas 4 SD, karena rasa penasaran pengen bisa ngomong sama bule setiap ketemu di tempat-tempat wisata, dan dimata saya dulu, orang yang gape bahasa asing itu keren! Rasa penasaran dan ketertarikan yang kuat membuat saya menempuh berbagai cara untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Mulai mengikuti program TV anak-anak Sesame Street, membaca kamus, ngoceh di depan kaca kaya orang gila, sampai akhirnya Ayah saya berbaik hati memasukkan saya ke Lembaga Kursus Bahasa Inggris.

Tapi ilmu bahasa bukanlah seperti matematika, ketika kita menguasai kuncinya maka selesailah perkara. Bahasa adalah ilmu yang membutuhkan praktek dan latihan. Dan untuk belajar Bahasa Asing, janganlah memulai dengan hal yang tidak menyenangkan. Ajarkanlah kosa kata ketika bermain dengan anak-anak, atau ajaklah bermain game sambil menyusun kalimat pada kelompok ABG, kemudian sering-seringlah bercakap-cakap ringan dalam bahasa Inggris. Kalau anda suka menulis diary, cobalah untuk menulis dengan bahasa Inggris campur bahasa Indonesia.

Jangan Takut Salah!!
Bahasa Inggris bukan bahasa Ibu kita, jangan pernah takut salah untuk memulai berbicara, jangan takut salah menyusun kalimat, yang penting kita berani ngomong dan orang yang kita ajak ngomong mengerti apa maksud kita.. itu kuncinya..!

Mulailah belajar Bahasa Inggris dari 3K (Kenalan, Katakan, Kembangkan) , yaitu mengenal kata-kata, kemudian katakan kata-kata, dan kembangkan menjadi kalimat! Mudah kan?!

Jangan mengira semua orang yang berkulit putih gape bicara bahasa Inggris, kadang kita lebih hebat loh..! lah wong kulit putihnya dari Jepang, dari Cina, dari Rusia.. ya tentunya gape bahasa mereka hehehe.  Yang terpenting kita berani dan mau mencoba!

Pernah ketemu sama bule yang mencoba berbahasa Indonesia kan? Nah loh.. apa bahasa mereka betul sesuai susunan baku kalimat ? tapi.. kamu ngerti kan maksud mereka..?? So Bule aja berani ngomong bahasa kita.. masak kita gak berani..?

So Let say.. English is Easy.. and just speak it out..!













4 comments:

  1. okay, i'll study to speak english asap

    because right now my english is ancur
    :D

    ReplyDelete
  2. Setujuuuuuuu hahaha... dengan bangga gue bisa katakan bahwa kemampuan linguist gue di atas rata2, bisa cepat menyerap kosakata asing dan menghapal, baik dari bhs linggis ampe bhs di seluruh dunia, yg blom neh bhs planet hahaha...

    setuju juga, bahasa adalah akar dari segala ilmu, jaman dulu banyak org2 eropa translate kitab2 ilmu dari arab hanya karena ingin belajar menyerap pengetahuan.

    sama sperti lo yg blajar lwt media tivi, buku, dll. tapi gue kurang beruntung bisa masuk ke kursusan,,, gak punya duit dan dirasa rugi ciiinngg ikutan kursus... orang guru gue aja kalah :p

    jangan takut salah, jangan takut ancur, yg penting pede, berani, dan jangan terburu-buru klo ngoceh :)

    target lagi belajar bahasa hindi neh hahaha,,, biar klo ke india bisa ngoceh tumbar miri jaeh :D

    ReplyDelete
  3. hehehe... Pangsid... gracia..
    si sono sorprendenti ... Che la fortuna di essere tuo amico ..

    lagi pengen belajar italiano... benar bin sepakat deh Lid.. dengan pendapat kamu.. hihi..

    Alid emang keren hahaha
    thanks commentnya.. kayanya sambungan artikel ku yak hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)