Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Monday, November 7, 2011

Proud to be Indonesian

Untaian Zamrud Khatulistiwa ~ The Miniature of Paradise

Ternyata delapan puluh persen rakyat Indonesia masih bangga menjadi Bangsa Indonesia, Negara kepulauan di tenggara benua Asia.
Pic Source here

Membaca sebuah berita dari Jakartaglobe.com, yang memberitakan hasil sebuah survey nasional oleh lembaga non profit, The Developing Country Study Center Indonesia – DCSC, tentang kebanggan masyarakat menjadi Bangsa Indonesia, membuat saya ingin menulis artikel ini.

Dalam survey yang digagas oleh Zaenal A Budiyono, direktur DCSC Indonesia, tercatat sebanyak 80% responden mengaku bangga menjadi Bangsa Indonesia, 5,5% menyatakan tidak bangga, sedangkan 11,2% mengaku bingung harus bangga atau tidak. Kebanyakan responden bangga pada Indonesia, karena prestasi artis-artisnya, prestasi para atlet, dan beberapa bangga dengan politikusnya.  Nah bagaimana dengan Anda?


Masihkan Anda bangga menjadi orang Indonesia ? atau kalau boleh saya pilih pertanyaan yang lebih mudah untuk dijawab, Apa sih yang membuat Anda bangga menjadi warga Negara Indonesia? Dan jika jawaban Anda termasuk dalam kategori 5,5%, apa yang menjadikan Anda kehilangan rasa Nasionalisme ?

Saya pribadi, cenderung malas menjawab kalau sudah ditanya tentang pemerintahan di Indonesia dan berbagai carut marut sistemnya. Saya akan bosan, muak dan marah melihat “orang setengah waras” yang sibuk berebut kursi hggfhh..!

Tapi.. lain hal ketika bicara tentang Indonesia dan alamnya… Saya Bangggaaaa..! Totally I am proud to be Indonesian especially of the nature sources. Bagaimana tidak….?? Saya sempat ditanya seorang teman dari Inggris, ketika kami berbicara tentang aneka buah, macam-macam pohon, rupa-rupa hewan, dan warna-warni bunga, dia sangat iri karena kita punya ribuan, lalu dia tanya,”apa sih yang gak kamu punya di negaramu..?”. Saya pun bingung menjawab.. “apa yaaa yang gak saya punya..? Salju.. eitsss jangan salah di Papua ada salju loh.. ! So apa dong?”

Bingung kan…! Yah Negara kita adalah Negara yang kaya, keindahan alamnya tak tertandingi oleh Negara-negara lain.. #maap yaa sedikit lebay dan sombong.. :D. But that’s true.. Indonesia bak secuil surga yang dititipkan Tuhan di dunia ini. Dan saya sangat bersyukur juga bangga bias menjadi salah satu anggota yang tercatat di catatan sipil.. lahir dan besar di Negara ini.

Namun ironisnya, tidak semua warga Indonesia, tahu menahu tentang seluk beluk keindahan Negara mereka sendiri, coba tanyakan pada beberapa teman dekat kita, kira-kira pantai mana saja yang memiliki pasir putih dan sunset time yang indah..? saya yakin hanya sekian persen saja yang tahu atau dibawah nol koma persen mungkin!

Jujur, saya sendiri mengakui, belum semua tempat dan pulau atau bahkan tidak semua kota pernah saya kunjungi, boro-boro seluruh kota se Indonesia, kota-kota di Jawa Timur saja, baru beberapa yang saya kunjungi, kurang dari 5% hehehe.. nah kalau begini apa masih bisa disebut bangga menjadi orang Indonesia?

Hmm apapun jawabannya itu.. saya tetap bangga menjadi warga Indonesia, saya bangga akan keindahan alamnya, saya bangga akan keramah-tamahan orang-orangnya, saya bangga akan aneka rasa masakannya, saya bangga akan ribuan bahasa yang dimiliki, saya bangga akan lentik gemulai tarian dan merdu musiknya, saya bangga akan senyum tulus yang mereka berikan, saya juga bangga akan warna warni baju yang kami pakai, saya bangga akan keberagaman Negeri ini, Bhineka Tunggal Ika .. Unity in Diversity

Semua itu menyatu padu dalam indahnya untaian zamrud khatulistwa dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Weh sampai Pulau Rote. Tidak akan pernah kita temui keindahan negeri ini di belahan dunia manapun! Bahkan seorang teman sempat mengatakan.. kalau Negeri Jiran gencar dengan promo The Truly of Asia-nya, kenapa Bangsa ini tidak gencar menyampaikan promo Negara dengan slogan The Miniature of World atau kalau boleh saya lebihkan.. The Miniature of Paradise..bagaimana apakah Anda masih bangga menjadi Indonesia ?







4 comments:

  1. Loooh Indonesia ada slogan kok, pas gempar-gemparnya N7W ituuu,,,

    Wonderful Indonesia ^___^
    coba cek di website indonesia.travel

    klo gak salah sudah 2 tahunan pake slogan itu...

    ReplyDelete
  2. Haloo Om Alid..

    Heehe.. slogan nya kurang menggigit.. kalau cuma Wonderful Indonesia.. rehe rehe kesannya

    tapi coba kalau kita ngomong.. the miniature of paradise.. hmm orang pasti langsung Tingg.. kaya apa sih..? :D heheh menurut pendapat saya lohhh

    ReplyDelete
  3. tiiiiiinggg hahaha
    kata wonderful ambil dari gembor2 new seven WONDER...

    tapi bagi sebagian praktisi sudah menggigit kok :p

    dan saya suka kata Wonderful Indonesia. simpel, kayak Amazing Thailand :)

    just my 2 cents :p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)