Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Tuesday, August 14, 2012

Tetap Cantik Berseri Tapi Syar’ie


Wardah Cosmetic
Terlahir dengan wajah cantik adalah anugerah yang patut kita syukuri, namun seperti apakah sebenarnya standar cantik itu? Bukankah setiap manusia yang terlahir diciptakan Allah sebagai sebaik-baik ciptaan?

Jika berbicara kata cantik, tentunya lekat dengan dunia wanita dan tidak jauh-jauh dengan yang namanya busana, mode, kecantikan dan kosmetik. Nah.. untuk kata terakhir, kecantikan & kosmetik, akan kita ulas sedikit dalam tulisan blog ini. Ada banyak standar cantik yang di “bandrol” oleh berbagai produsen produk kecantikan, tentunya agar  konsumen tertarik dan membeli produk mereka.

Saat ini, ratusan bahkan ribuan merek produk kecantikan beredar dipasaran, mulai harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah, mulai yang menawarkan proses pencerahan hingga anti aging, semuanya bisa kita temui. Tapi yang patut kita pertanyakan, apakah produk-produk tersebut layak digunakan?


Sebagai seorang muslimah, sudah tentu rujukan dalam melakukan sesuatu adalah Al Quran & Al Hadits, dan untuk hal paling mendasar agar kehidupan kita mendapat ridho Allah, salah satunya adalah menempatkan prinsip “Halalan Thoyyiban” dalam keseharian kita. Mengapa? Karena tidak akan berkah kehidupan jika kita memasukkan hal-hal yang haram dalam diri kita, bahkan Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits :

 Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari." (HR At-Thabrani)”.

Oleh karena itu, memilih produk kecantikan, juga harus mempertimbangkan faktor halalan thoyyiban, sebab produk tersebut akan menjadi bagian dari keseharian kita. Sebuah produk kecantikan dikatakan layak, minimal ada tiga syarat yang harus dipenuhi, tentunya pertama harus halal, baik dari sumber bahannya, cara pengolahannya dan juga cara mendapatkannya (meski produknya pakai wardah, tapi kalau dari hasil nguthil tentunya jadi haram dong hehe..), kedua tidak mengakibatkan kerusakan atau bahaya bagi pemakainya, hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan Nomor 965/MENKES/SK/XI/93 tentang cara produksi kosmetika yang baik.

Islamic Book
Ketiga, kosmetik yang kita gunakan sebaiknya dipilih yang menggunakan bahan-bahan alami, karena selain baik untuk kulit, Rasulullah juga mengajarkan untuk lebih menggunakan bahan-bahan dari alam untuk kesehatan kita, seperti madu, minyak zaitun, jintan hitam dan sebagainya.

Dan kita, bangsa Indonesia sudah sangat lekat dengan produk kecantikan alami, banyak warisan nenek moyang tentang perawatan kecantikan, dengan menggunakan bahan alami yang masih diadopsi hingga sekarang, misalnya lidah buaya untuk merawat rambut, sari bunga mawar untuk kecantikan wajah, air teh untuk mengurangi radang pada jerawat, dan sebagainya.

Wardah pilihanku
Pertama kali mengenal wardah, ketika saya diterima kerja disebuah perusahaan jasa pelayaran, dan bagian personalianya mewajibkan seluruh karyawan, terutama yang perempuan untuk menggunakan make up. Saya yang dikenal tomboy dan tidak pernah memakai make up kecuali moisturizer dan bedak tabur, jadi panik dan bingung, karena selain saya kurang suka dengan make up yang berlebihan, kulit wajah saya tergolong sensitif dan mudah berjerawat.

Waktu itu, alasan saya dalam memilih produk kecantikan Cuma satu, yang tidak menimbulkan alergi dan biang jerawat, tapi ketika saya pergi ke sebuah pusat pertokoan di Surabaya, tiba-tiba seorang SPG cantik dan berpakaian muslim rapi, menawari saya sebuah produk kecantikan. Dan yang pertama kali diucapkan tentang produk tersebut adalah, “Ringan dan Halal” itu yang membuat saya tertarik.

Halal is my Life - Wardah is my choice
Saya menceritakan apa yang saya inginkan dari produk kecantikan yang sedang saya cari, keluhan kulit, hingga kekhawatiran produk berbahan sintetis. Tapi yang justru mengherankan saya, justru kata-kata Halal, kalau untuk makanan itu sih wajar ya.. tapi ini produk kecantikan, yang sama sekali tidak pernah saya dengar label halal di produk lain. Saya masih ragu dan takut mencoba, berulang kali saya baca ingredient produk, perusahaan produsen, ijin BPOM RI, dan cara pemakaiannya. Hingga akhirnya saya putuskan untuk mencoba luminous creamy foundation, eye shadow warna-warna tanah, lip gloss wondershine, dan bedak tabur luminous face powder.

Alhamdulillah, selama ini saya yang selalu bermasalah dengan bibir pecah-pecah, akibat lipstick, setelah saya gunakan wardah lip gloss wondershine, membuat bibir saya tetap lembab dan terlihat cantik dengan warna-warna natural. Seperti yang dipromosikan SPG-nya, warna-warna wardah lebih ke warna natural, dan tidak menjadikan penampilan kita menor, tapi justru akan memberikan tampilan cantik yang soft dan anggun.




Berjalannya waktu, kini telah banyak produk-produk pilihan dari Wardah sesuai dengan kebutuhan perawatan kecantikan yang diinginkan konsumennya. Masalah dengan penampilan anggun & cantik sudah teratasi, namun saya masih saja bermasalah dengan wajah berjerawat, hingga sempat mencoba perawatan produk klinik kecantikan, yang sedang marak.
Tapi ketika saya berhenti menggunakan produk dari klinik tersebut, jerawat saya kembali lagi, dan wajah nampak kusam. Sebenarnya saya tidak ingin menjadikan kulit saya putih, karena warna asli kulit saya, cenderung coklat khas Indonesia, yang saya inginkan hanyalah wajah bersih, tidak kusam tapi segar berseri.

Akhirnya senang sekali, ketika mendengar Wardah memiliki produk khusus untuk kulit berjerawat, tanpa ragu lagi pelan-pelan saya ganti produk perawatan dengan Wardah Acne Series : Acne perfecting moisturize gel, pore tightening toner, dan sunscreen yang melindungi saya setiap hari, serta merawat wajah cantik berseri tapi tetap syar’ie


Menurut saya, menjadi cantik itu tidak harus mengikuti standar pada umumnya, kulit putih, pipi merah merona, hidung mancung, dan mata bola. Tapi menjadi cantik itu adalah ketika kita berani tampil beda dari yang lain. Saya cinta kulit saya yang coklat, bersih berseri tapi tetap memenuhi standar syar’ie, dan wardah adalah produk kecantikan yang cantik, karena beda dari yang lain! H A L A L ... itu yang penting!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)