Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Monday, December 31, 2012

Little India, Semarak Warna Singapura

Deepavali Little India Singapore
Dulu saya pikir istilah Little India, hanya ada di Malaysia saja, dan merupakan salah satu spot menarik untuk dikunjungi, meski akhirnya belum kesampaian juga ke Little India-nya Malaysia, katanya sih biasa-biasa aja.

Ternyata Little India itu ada juga loh di Singapore, yang dimaksud Little India sebenarnya sama seperti orang Indonesia kalau menyebut kampung Arab, atau Pecinan dimana banyak komunitas atau keturunan orang-orang Arab atau Cina yang bermukim disana.
India merupakan salah satu negara impian destinasi travelling saya, nah karena belum ada kesempatan untuk kesana, ya apa salahnya kalau kita ke little India dulu aja, he he he. Siapa tahu tahun depan bisa kesana, tentunya ke Taj Mahal dan Ladakh Kashmir yang sungguh mempesona.

Well, akhirnya di tahun yang sama 2012, pas lebaran Haji bulan Oktober kemarin, saya diberi kesempatan untuk bisa mengunjungi Singapura, awalnya sih saya kurang tertarik untuk berkunjung ke pulau buatan ini, yaa karena tidak terlalu banyak hal menarik untuk dilihat, itu versi saya lohhh.... karena saya lebih suka mengunjungi tempat-tempat wisata yang berbau historical dan scenery.
Budhist Temple

Singapura lebih tepat bagi teman-teman yang hobby belanja, atau main seru-seruan di Universal Studio. Saya hanya menghabiskan waktu semalam disana, sebelum bertolak ke Penang Island Malaysia, yang menjadi tujuan utama liburan saya tahun ini. Perjalanan kali ini benar-benar running smooth, pesawat yang saya tumpangi tepat waktu, dari Surabaya ke Johorbahru Malaysia, dilanjut dengan perjalanan darat menyeberangi perbatasan ke Singapura, dan berhenti sebentar untuk bertemu salah satu pelanggan hijab brand saya, mimAmia :D, ceritanya sekali mendayung seribu pulau terlampaui hehehe.. “business – holiday trip”

Hindu Temple
Okey sekarang lanjut ke hostel, saya menginap di Mitra Inn di 531 Serangoon RoadLittle India. Hostelnya bagus dan bersih plus murah untuk ukurang Singapura.. recomended deh versi saya lohh yaa.. Sengaja saya pilih tempat di little India, biar dekat aja dengan spot-spot yang sudah saya list. Ini adalah perjalanan pertama saya ke Singapura, dan memang benar seperti cerita teman-teman lain, di Singapura semuanya serba tertata, serba rapi, dan bergerak sangat cepat, perlu beberapa waktu untuk beradaptasi dan mengikuti ritme kehidupan disana, boleh dibilang kagok bin kikuk euyy!

Yah.. seperti teori yang sering dipakai, ketika kita berada di tempat baru, bersikaplah wajar saja, tidak perlu panik, dan berlagaklah seperti monkey thieves, heheh bukan berarti kita jadi tukang nguthil atau pencuri, tapi bertingkahlah seperti monyet yang mengamati dan meniru orang lain, kalau memang kita tidak tahu bagaimana caranya, kalau terpaksa ya tanya heheh, tapi tetepp Waspadalah!

Little India, menurut saya adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi, sama halnya seperti China Town kita bisa melihat kehidupan orang-orang India asli yang setia memegang dan memelihara budayanya, tetap eksis meski berada jauh di rantau orang. Ketika berada di Singapura, saya seperti sedang berada di India, berbagai bangunan dengan warna-warni menarik, aroma dupa menusuk, lagu-lagu Bolywood hampir sepanjang jalan terdengar sayup-sayup.

Meski saya solo traveler, Alhamdulillah bertemu dengan seorang teman yang asyik dari Jerman, Chrissy namanya, kebetulan satu dorm dengan saya di hostel. Dan juga seorang temannya teman yang seru abiss, Hadi warga singapura, dikenalkan Mbak Eva via facebook, yang menjadi free tour guide kita seharian hehehe..

Hadi - Ericka - Chrissy
Malam sebelumnya sudah mengatur rencana dengan si Chrissy, kemana rute yang akan dituju, dan sepakat untuk bangun pagi, jam 6 cap cuss  dari hostel.. O la la.. saya salah lihat jam, lepas shubuh masih berleha-leha gak bergegas mandi, karena si Chrissy juga masih tidur.. Oke tepat jam 8 setelah sarapan, kami langsung keluar hostel.

Hostel kami diapit oleh dua kuil Hindu besar, dan dekat dengan beberapa kuil Budha. Si Chrissy pengen banget melihat semua kuil itu, yaa mungkin disana gak ada kali ya :D. Dia juga minta masuk, melihat-lihat ke dalam kuil. Dia bilang pingin lihat-lihat, bahkan dia sudah mencatat jam sembahyang di kuil, pas dia lewat sebelum tiba di hostel.

Kuil pertama saya lupa mencatat namanya, disana sedang ada acara pernikahan, waah senangnyaa saya bisa melihat pernikahan ala India, tapi kok gak kaya di film-film ya hehe.. upacaranya sederhana sekali, saya sih pengen berlama-lama melihat prosesinya, bahkan kami diundang untuk masuk, aduhh senangg deh.. tapi si Chrissy sudah menunjuk-nunjuk jam tangan.. hmmm I love Indonesian hahah... yang bisa santai menikmati perjalanan, tanpa pusing diburu waktu.

Puas keliling Little India, yang penuh dengan warna-warni, dan melihat “the real life” mereka, ya sama seperti di Indonesia, industri film dan sinetronnya bertolak belakang dengan kehidupan nyatanya! Perjalanan dilanjutkan tempat-tempat lain, hingga ke Mustafa Center, bertemu Hadi untuk melihat sisi lain Singapura.

Wahh serunya jalan-jalan saya kali ini, GILA!! Bener-bener jalaan pakai kaki keliling Singapore! Ha ha ha.. Hadi membawa kami ke tempat-tempat yang tidak biasa di kunjungi orang, dari sini saya melihat Singapura dari sudut “manusiawi” dalam artian kehidupan nyata di Singapura. Bahwa tidak semua yang ada di sana berbau “blink-blink”.

Mereka sama seperti kita di Indonesia, memiliki kehidupan normal “hitam – putih” struggle day by day! Berinteraksi satu sama lain, kehidupan yang semakin keras kian hari, berjuang untuk terus hidup. Hanya saja pemerintahan disana lebih tertata secara sistem dan hukum. Tidak carut marut seperti di Indonesia, tapi apapun itu.. tetap Indonesia nomor satu di hatiku!

6 comments:

1. Nice post :)
    Hmm lagu bollywood di lil india singapura? jarang deh kayaknya, yg ada malah lagu2 tamil hahaha

ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ga tau deh.. yang penting bunyinya mirip2 bollywood dah .. thank you yaa cyin udah mampir

Delete
  2. OOps ... Saya baru membacnya

ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)