Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Sunday, May 19, 2013

Belajar Dagang di Sekolah Ibu bersama mimAmia

mimAmia dan Sekolah Ibu
Minggu 19 Mei 2013,

Hari ini mimAmia mendapat undangan dari pengurus Sekolah Ibu wilayah Rangkah Surabaya, untuk berbagi cerita dengan para ibu mengenai bagaimana berdagang di internet

Menempati sebuah musholla kecil di kawasan kampung padat penduduk, tepatnya di Jl. Rangkah VI no 29 Kenjeran Surabaya, saya didaulat untuk menjadi pembicara pada pertemuan minggu siang. Ada dua pembicara yang akan menyampaikan materi, yang pertama Pak Aziz, yang membawakan materi tentang aritmatika, bagaimana mengajari anak-anak belajar menghitung dengan sempoa dan jarimatika.
Sedangkan saya, diminta untuk menyampaikan materi bagaimana memulai usaha di ruang maya.
Pak Aziz - Aritmatika

Sekolah Ibu, adalah dukungan social dari sebuah komunitas muslim di Surabaya, yang memberikan kelas gratis kepada perempuan – khususnya Ibu Rumah Tangga – mengenai berbagai ilmu, kelas keIslaman, pendidikan anak – orang tua, keterampilan dan sebagainya, dengan tujuan untuk mensejahterakan dan mencerahkan kaum perempuan sebagai seorang istri, ibu dan anggota masyarakat, demi keluarga yang lebih baik, lingkungan yang lebih sejahtera, dan Negara yang madani.

Kelas ini dilaksanakan setiap 2 minggu sekali – mohon maaf jika salah – secara gratis, pematerinya pun bergantian. Rata-rata peserta kelas adalah ibu-ibu rumah tangga yang berusia antara 30 hingga 50 tahun. Mereka mengaku senang dan berterima kasih bisa mengikuti kelas tersebut, karena selain mendapatkan ilmu secara gratis, juga sebagai sarana refreshing bersosialisasi dengan ibu-ibu lain.

mimAmia on show
mimAmia didaulat untuk berbagi ilmu tentang bagaimana menjual produk mereka melalui internet, lucunya banyak dari ibu-ibu yang belum mengenal internet, apa yang dimaksud internet, bahkan mereka tanpa sungkan menyebut dirinya “gaptek”  alias kurang paham dengan kecanggihan teknologi yang berkembang saat ini. Salah satu Ibu mengaku, justru anaknya yang lebih pandai mengutak-atik handphone

Mereka mengenal istilah internet dari iklan di televisi, dan merekapun juga mengenal istilah facebook, tapi tidak tahu bagaimana menggunakannya. Saya berusaha menjelaskan sesederhana mungkin apa itu internet, manfaat internet, bagaimana cara berdagang menggunakan internet (On Line Shop), apa keuntungan dan kerugian menggunakan internet sebagai sarana “jualan”

Suasana seru, ada yang wajahnya bingung, ada yang mengantuk sambil bersandar, ada juga yang antusias bertanya tentang kejahatan di internet, ada yang tanya bagaimana cara mempromosikan rencana usaha antar jemputnya, ada yang tanya bagaimana mengoperasikan laptop,  ada yang tanya bagaimana cara pakai jilbab yang saya kenakan .. hehehe..  namanya juga ibu-ibu

Ibu-Ibu Peserta Sekolah Ibu Rangkah Surabaya
Sekitar 1 jam saya memaparkan apa yang bisa saya sampaikan mengenai seluk beluk berdagang di dunia maya. Semoga apa yang sedikit ini bisa bermanfaat dan menumbuhkan semangat para ibu untuk mewarisi jiwa entrepreneur dari Khadijah r.a dan Rasulullah sebagai panutan kami.. Allahummasholli ‘ala Muhammad.. untuk Indonesia yang lebih berdaya!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)