Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Wednesday, August 7, 2013

Ngampung Dolan (Numpang Bermain)



Senja di kota Bondowoso, menikmati hembusan angin sore menerpa tirai jendela kamar, mengumandangkan tembang Sujiwo Tejo bertajuk Mirah Ingsun, yang tidak semua kata-katanya kumengerti, tapi aku mengerti bahwa sore ini begitu teduh hingga merasuki jiwa

Sebulan atau mungkin lebih, aku meninggalkan urusan tulis menulis di blog pribadiku, karena sibuk dengan hiruk pikuk dunia, yang begitu melenakan, bahkan sering membuat sukma ini meronta merindukan kedamaian .. ya seperti sore ini

Langit berbias biru berbaur dengan awan putih, angin lembah bertiup lebih kencang dari biasanya, seolah bersiap mengantar kepergian Ramadhan tahun ini. Tak terdengar sedikitpun kicau burung yang saling silang beterbangan, daun pepohonan pun seolah lesu melambai menyapa angin

Semesta sedang menangisi kepergian bulan penuh keberkahan, termasuk batinku yang juga merana menangisi hari-hari Ramadhan kemarin yang terlewatkan dengan banyak kesia-siaan. Semoga akhir Ramadhan sore ini, menyisakan doa dan harapan tulus, agar Tuhan mengampuni lalu merelakan bertemu kembali Ramadhan tahun depan.

Lirik tembang Mirah Ingsun, menambah nelangsanya sore ini, menyadari bahwa waktu begitu cepat berlalu, dan manusia seringkali lalai dengan nikmat waktu yang dikaruniakan Tuhan-nya. Menyadari bahwa manusia hanyalah sebentar berada di dunia, sebentaaaar saja.. seperti sekedipan mata.

Teringat sebuah ayat, Allah berfirman bahwa sesungguhnya dunia ini adalah permainan dan senda gurau belaka. Manusia berada di bumi ini hanyalah sementara, seperti layaknya anak kecil yang sedang bermain di sebuah taman, kemudian ketika sore menjelang, maka orang tuanya memanggil untuk pulang.

Ya.. kita semua ini sedang bermain.. sedang “Ngampung Dolan” .. menumpang bermain di taman bermain yang bernama Dunia. Kita bisa memainkan apa saja, bisa melakonkan peran apa saja di bumi ini hingga pada masa yang telah ditentukan, lalu kita akan kembali pulang kepada Sang Pemilik Jiwa, yang menguasai segala kerajaan.

Dan pada saat itulah, kita akan ditanyakan.. permainan apa saja yang telah kita lakukan selama di dunia, apakah ada manfaat yang kita bawa dari Ngampung Dolan (Numpang Bermain) tadi..?

Semoga Allah mengampuni kita, dan menjadikan kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung baik di dunia dan akhirat kelak. Mengakhiri Ramadhan tahun ini, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada sahabat, kawan, dan sejawat yang selalu menasehati saya untuk selalu memperbaiki diri

Seandainya kita tidak bisa bertemu bertatap muka, kiranya sahabat, kawan dan sejawat semua sudi menerima permohonan maaf saya melalui tulisan ini. Akhirul kalam.. Taqobbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa shiyamakum Taqobbal Ya Kareem.
Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1434 Hijriyah Mohon Maaf Lahir Bathin J

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)