Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Monday, March 30, 2015

Tebak Tebak Buah Manggis (Mangosteen)

Mangosteen alias Manggis .. the Tropical Fruits
Bulan ini di kampung saya lagi musim buah manggis, selain buah durian yang juga menggantung dimana-mana, kini buah manggis yang menghampar di lapak-lapak pedagang buah

Buah Manggis yang tergolong buah tropical ini, konon katanya asli dari Indonesia. Buah yang kaya akan vitamin C, vitamin B complex, senyawa anti oksidan, anti kanker, dan anti inflamasi atau anti radang. Bahkan sekarang lagi booming ekstrak kulit manggis, yang katanya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. MashaAllah betapa sayangnya Allah sama kita ya .. Fabiayyi 'ala irabbikuma tukadzibaan ..

Well dalam tulisan ini, saya tidak sedang akan membahas tentang kandungan dan fungsi buah manggis, tapi saya ingin berbagi tips bagaimana memilih buah manggis. Pernah dengar kan istilah tebak-tebak buah manggis ... siapa dia si hitam manis .. kalau gak salah, itu salah satu syair lagu jaman dulu he he he ..

Memang buah manggis identitk dengan warna hitam, dan kita tahu ada istilah hitam manis, untuk kulit eksotis, dalam dialek banyuwangi, mereka juga punya loh istilah cemeng manggis, cemeng artinya hitam. Tapi anehnya orang Indonesia kurang suka kalau punya kulit hitam, atau disebut hitam manis, hahaha sensi banget deh kalo ngomongin masalah kulit, karena cenderung jadi bahan olok-olokan. Krim pemutih jadi trend yang harus dimiliki oleh perempuan-perempuan Asia, jika ingin mendapat label cantik. Oh Tuhan sebegitu sempitnya kita mensyukuri nikmatmu..
Bagian bawah buah manggis, garis penentu isi daging buahnya

Nah kembali lagi ke buah manggis, buah ini bentuknya bulat, kulit luarnya berwarna merah jingga hingga hitam keunguan, kelopaknya berwarna hijau muda hingga hijau tua, sedangkan daging buahnya berwarna putih. Dalam satu buah manggis, kadang berisi 5 - 8 biji buah. Rasanya segar, sedikit masam dan manis menjadikan buah ini nyaman dikonsumsi di musim kemarau.

Truss .. bagaimana cara memilih buah manggis yang isinya banyak hayooo...??! Itu dia kenapa ada istilah tebak-tebak buah manggis, karena setiap buah isinya beda-beda. Untuk bisa tahu isi daging buahnya, ternyata ada caranya loh .. mungkin di orang lain sudah pernah membahas, dan apa yang saya tulis adalah hasil pengamatan diam-diam saya hahaha .. sambil comot manggis dari kulkas..
Manggis Hitam Keunguan lebih manis dari yang Jingga kemerahan

Caranya, ambil buah manggis, ingattt ya! buah besar belum tentu isinya banyak.. trus coba kita ambil satu buah manggis yang besar dan yang kecil, nah tengok bagian pantatnya .. disitu kan ada seperti ukiran titik-titik .. duuhh apa ya istilahnya, tapi bisa anda bayangkan kan Maha Indah Allah kita .. hikss ilmu yang tidak pernah kita pikirkan hanya dari sebuah manggis.. 

Okeeey .. sudah dilihat belum bagian bawah manggisnya? disitu kan ada garis-garis melingkar yang beraturan, nah hitung deh ada berapa itu garis-garisnya, Jumlah garis-garis pada pantat manggis = jumlah daging buah di dalamnya .. gak percaya .. coba deh liat gambar ini ..atau kalau gak, sekarang kan lagi musim manggis, coba deh kepasar, beli dan praktekkan sendiri :) hehehe

Isi buah manggis sesuai dengan garis di bagian pantatnya, tuh kan ada 8 biji
Kalau untuk rasa, buah manggis yang berwarna hitam keunguan cenderung lebih manis, daripada buah manggis yang berwarna merah jingga .. apalagi yang hijau hahaha ya iyalah, kan masih muda, belum matang! Okey selamat berburu Manggis yaa

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)