Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Thursday, January 28, 2016

Jujur saya MENYESAL memilih Restauran Jojo Bondowoso

Selamat pagi pembaca setia blog saya :), apa kabar hari ini? Well tulisan pertama setelah liburan 3 minggu akan bercerita tentang pengalaman pahit di Restaurant Jojo Bondowoso ..hiks, semoga cerita ini tidak membuatmu masam hari ini ya.

Okay, ceritanya dua minggu yang lalu, saya melangsungkan akad nikah di Restaurant Jojo Bondowoso, tepatnya di Jalan DIponegoro, samping Fatimah Bakery. Awalnya sih saya memilih tempat ini, karena memang sering makan di sini setiap kali pulang ke Bondowoso, atau pas lagi tour guide. Selain tempatnya yang cozy, menu makanannya juga oke dan sesuai dengan harga. (standar surabaya loh ya )

Nah, setelah survey sana sini, restaurant ini adalah yang paling pas di hati dan budget kami. Saya bertemu dengan Ibu Serlita, seorang perempuan keturunan Tiong Hwa, pemilik restaurant. Saya bertemu dengan beliau, kurag lebih 1 bulan sebelum hari H. Kami berdiskusi tentang konsep acara yang saya inginkan, dan dia berjanji untuk mengirim daftar harga via e-mail.

Sampai 2 minggu sebelum acara, e-mail tak kunjung datang, dengan alasan sibuk dan lain hal. Kemudian tanggal 11 Januari, saya ketemu lagi di restaurant, dan dia menyerahkan daftar harga serta budget yang ditawarkan. Saya lihat, ada harga item yang awalnya Rp. xxx jadi naik 2x lipat dari harga awal.

Pertemuan itu menegaskan total harga yang harus dibayar, dan tenggang waktu pembayaran sebelum hari H, serta prosentasi Down Payment. Nah .. seandainya pembaca disini menjadi saya, otomatis kan kalau terima penawaran, gak serta merta langsung iya, kita perlu diskus dengan calon suami, atau keluarga untuk masalah anggaran.

Selanjutnya, saya harus ke Jakarta untuk menjemput calon suami dan ibu mertua yang datang dari Belanda (ceritanya nanti yee :p ). Nah tanggal 15 Januari, saya transfer Down Payment sebesar 70% dari total biaya, saya juga meng-cancel beberapa item karena tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. 

Saya kecewa dengan harga yang tercantum di kertas penawaran, tidak sesuai dengan apa yang didiskusikan di awal, ketika saya konfirmasi ulang, mereka menyampaikan kalau harus mengeluarkan piring, sendok, garpu serta peralatan lain saat acara, jadi harganya naik... HELLLOOWWW bukannya harga waktu diawal itu sudah paket menu hidangan meja .. emangnya kita mau makan pakee daoon  apa!:p *esmosi

Ya Nasi sudah jadi bubur, gimana caranya tetep enak .. mau gak mau saya harus bayar! Dan gak cukup disitu saja, tiba-tiba sehari setelah saya transfer, ada sms masuk, dari Serlita dengan nada mengancam, kalau tidak dibayar full payment, akan dibatalkan sepihak! dan Down Payment dikembalikan. 

Saya waktu itu lagi nyetir dari Surabaya menuju Bondowoso, dengan calon suami dan mertua. Saya sangat emosi, kondisi capek dan stress menjelang menikah, karena semuanya harus saya urus sendiri. Saya coba telpon Serlita, tapi gak diangkat-angkat, dia pikir saya takut dengan ancaman itu!

Bukannya saya tidak mau bayar, tapi kesepakatan awal, pembayaran down payment itu sudah lebih dari 70%, hanya karena saya membatalkan beberapa item, Serlita sewot dan sms ke perias pengantin saya, ngomel macam-macam. Selain itu, pelunasan biaya restoran juga tidak jelas diawal, tba-tiba sms H-4, semua harus lunas.

Mereka juga tidak berusaha menghubungi saya via telepon, diawalnya sih manis banget.. udah sampe tengah-tengah .. hmmm pahitttnya tuh disini! hahaha. Masalah pembayaran yang jadi bulan-bulanan ini bikin saya esmosi, karena kok ya pas saat itu CIMB Niaga lagi upgrading, jadi problem untuk transfer kemana-mana. 

Akhirnya, saya telepon staff saya untuk datang ke Restauran Jojo, bayar cash! Saya minta ngomong sama pemiliknya, yang angkat suaminya Pak Chandra. Disitu saya balik tantang, kalau mau dibatalkan ya monggo, eh dia manis-manis bilang lanjut dan mohon pengertiannya. 

Saya sangat kesal dengan pelayanan mereka, dimana-mana kalau sudah bayar DP apalagi lebih dari 70%, ya sudah jelas jadi. Pelayanan yang sangat-sangat mengecewakan! maklumlah di kota kecil, tapi harusnya restauran ini yang menjadi pelopor bagaimana menjadi yang terbaik.

Hmmm tau gak sih, ga berhenti di masalah DP saja, konsep acara saya yang ada 2 waktu berbeda, yang pertama round table party, ternyata mejanya tidak sesuai yang mereka katakan. Last minute info, mereka bilang ada meja bundar kapasitas 10 orang, ehh ternyata cuma cukup 6 orang .. hmmm lelah rasanya hati ini!

Trus yang sesi kedua, karena ibu saya maunya mengundang teman dan tetangganya, yaa akhirnya saya penuhi maunya .. dan ini yang paling bikin saya malu! Tamu sudah pada berdatangan, gak ada menu yang siap dihidangkan. Perias saya sudah bolak balik masuk menanyakan, eh di bilang iya iya sebentar.

Tiba-tiba ada beberapa undangan yang langsung meninggalkan tempat! Duh saya langsung deh naik pitam, saya masuk ke dapur mereka, dan bilang mana ini makanan kok belum keluar. Tahu gak mereka cuma diem aja, saya balik duduk di kursi pengantin dengan muka yang mulai gak karuan, eh eh .. si Ibu Serlita tiba-tiba keluar dan ngomel ke saya di depan tamu-tamu, bilang katanya acaranya jam 12 siang .. 

Dan waktu itu sudah jam 12.30, makanan juga belum keluar, saya bilang .. Ibu mau mempermalukan saya di depan umum? saya juga bisa berlaku sama .. saya akan tulis pengalaman ini di media masa .. eh dia balik nantang! Silahkan aja tulis di koran.. WOWWWW .. Luar Biasa pelayananannya! Terima kasih


Akhir Kata .. Jujur saya MENYESAL memilih Restauran Jojo untuk hari bahagia saya, kalau saya boleh merekomendasikan, mending pilih Ijen View Restaurant, karena harga akhir di Restauran Jojo, sama dengan yang mereka tawarkan! Bahkan lebih jelas diawal dan lebih profesional!





33 comments:

  1. wahhh sungguh trlalu .... mungkin mbak dolan bisa mampir silaturrami ke blog gus bolang

    ReplyDelete
  2. Semoga ada hikmah dari setiap kejadian. Perjalanan yg cukup berliku, semoga pernikahan nya langgeng samawa sampai mau memisahkan

    Kalo gw pasti dah naik darah tuch, kalo perlu mutilasi tuch orang hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe wah nanti saya di tangkep pak pulisi mas :D
      amin allahumma aamiin, terima kasih ya doa nya dan juga kunjungannya

      Delete
  3. turut bersedih mendengarnya. mgkin dia belum siap buat ngadain hajat2 gede. memang mending di ijen view ato palm hotel kali mbak..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Mas Wildan atas empatinya :) iya sempat survey ke Ijen View, tapi memang harus minimum pax dan saya lebih ke private party yang gak sampe 200 orang tapi alhamdulillah banyak hikmah dari ini semua

      Delete
  4. Juga pernah ngalamin disitu, cm g sparah ini

    ReplyDelete
  5. Saya orang bondowoso. Memang di jojo untuk masakan lumayan enak, meski nunggunya juga lumayan lama :). Kalau untuk acara2 dgn jumlah undangan besar sepertinya mereka tidak mampu dan kurang berpengalaman. Ijin view dan lestari lebih recomended

    ReplyDelete
  6. Klo boleh recomended lagi..bisa ke ORILLA CAFE AND RESTO,skrg sudah ada hall dll...bisa dicoba ..alamat di jl. a.yani kav 01 -02 bondowoso..telp 0332 3523017

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya terima kasih mbak Putri, sekedar saran .. masakannya dong di tingkatkan rasanya :)

      Delete
    2. Podo ae. Pesen amkana di orilla lama. Pegawainya gak responsif. Lambat lemot. Minuman terlalu manis. Liat sja itu sekarang sepi.

      Delete
  7. makasih udah share pengalamannya, dengan kejadian itu diharapkan bagi yang mempunyai rencana yang sama bisa lebih hati hati dan mencari tempat tempat yang rekomended atau di EO yang sudah punya jam terbang tinggi

    ReplyDelete
  8. Setahu saya Jojo diponegoro blm pernah ngelaksanain acara party, yg udah biasa dipakai tuh Ijen View sama Lestari. Semoga ini bs menjadi pengalaman berharga buat semuanya. Kedepannya mending memilih yg sudah jelas aja kualitasnya. Urusan harga jgn terlalu dijadikan tolak ukur, yg penting kepuasan... Selamat deh mbak atas pernikahannya, semoga menjadi keluarga yg zamawa sampai di akhir usia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Allahumma Aamiin, terima kasih doanya ya

      Delete
  9. Alhamdulillah saya blm pernah makan disana hahaha jadi gtw pelayannaya cuma banyak yg bilang memang lama

    ReplyDelete
  10. ini namanya keterlaluan mbak,
    saya kalo di bondowoso taunya ijen view itu, kalo restaurant jojo ga tau *maklum orang jember

    kalo di ijen view menu fasilitas sama kapasitas gak usah dipikirin, semuanyaa paket komlplit :D
    perah ada undangan nikahan disana soalnya.hehe

    terus setelah ada kejadian gitu mbak bayar full? :(

    http://rusydinat.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Pengalaman yg pahit...., tapi itu adalah cobaan hidup. Berusahalah untuk bersyukur atas segala pengalaman pahit dalam hidup. Tahukah anda bahwa ada reward yg sudah Tuhan sediakan untuk anda. Semoga pernikahan anda langgeng.... bahagia selalu.... gbu.

    ReplyDelete
  12. Semoga Qt semua bisa mengambil hikmah atas kejadian ini ya mbk, oh ya Selamat menempuh hidup baru semoga menjadi keluarga yg sakinah, mawaddah, warohmah dunia akhirat amin....

    ReplyDelete
  13. Enakan d ijen view klo acara begitu. Habis makan langsung renang dehhh.... #sabar buuu

    ReplyDelete
  14. Ngeri teh. Padahal rencananya saya mau gathering dan jajal di situ...
    Wah wah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya untuk di Bondowoso, memang sedikit susah mencari tempat yang bisa diandalkan, apalagi kalau grupnya kecil :)

      Delete
  15. Wah... saya prihatin dengan kejadian tsb. Sy tinggal di bondowoso. Dan 1 kali makan di jojo. Menunya ala carte nya sih biasa saja ya, gak ada yg spesial. Pelayanannya jg tidak memuaskan, waiterya ditanya menu gak bs explains,, dan..lama.sekali itu aja dah gak pernah kesana lagi. Utk tempat nongkrong aja lbh banyak cafe2 kecil yg lbh memuaskan di bondowoso.. sangat disayangkan ya pelayanannya2 spt itu. Harusnya sbg palaku usaha jasa boga bisa memberikan pelayanan prima utk konsumen. Apalagi resto tsb jg masih baru. Trm kasih sdh share pengalaman, jadi yg lain bs mengambil pelajaran jg.

    ReplyDelete
  16. haha, ekspektasi vs realita :D
    padahal resto jojo setau saya cukup nge-trend di Bondowoso, pernah nongkrong sekali cuma buat nyenengin temen2 lama *mungkin efek kangen, jadi gaperhatian

    Cheers!

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  18. mkn di jojo yg lama ato baru ga prnh.. ngilerrr dger menux dr tmn2, mklum sy orang desa, so beranix cm pesen dbungkusin dbwa plg.. mkn diatas tikar sdh lbh dr cukup nikmatx.. tp kjadian diats td betul2 mjd plajaran bg qta smua, sharusx pemilik restoran meminta maaf atas kjadian tdk myenangkn tsb, krn ada pasal dlm KUHP yg bs mnjerat pristiwa tsb.. utk mbakx smoga mjd kluarga yg samawa.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin allahumma aamiin, terima kasih ya Ariek

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)