Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Saturday, August 13, 2016

Tips Packing Saat Travelling

Koper Maksimal

Bepergian dalam waktu yang cukup lama, dan harus menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi, tentunya juga harus mempertimbangkan "muatan bagasi" yang kita bawa

Biasanya kita akan mendapatkan free luggage sekitar 20kg/penumpang untuk penerbangan domestik dan 30kg/penumpang untuk penerbangan internasional di kelas ekonomi. Selebihnya harus membayar biaya bagasi. 

Ketika masih single dan suka backpacking, bagasi tidak terlalu menjadi hal yang memberatkan, tapi setelah kita berkeluarga akan banyak bawaan dalam koper yang kita bawa, printilan baju dan mainan anak juga tidak ketinggalan dalam catatan

Nah berikut tips bagaimana memaksimalkan ruang dalam koper atau tas traveling anda, supaya bisa muat maksimal. Ilmu "berkemas" ini saya dapat waktu ikut kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA dulu.

Usahakan semua keperluan selama perjalanan di list, biasanya saya akan mencatat semua kebutuhan dan baju yang akan saya pakai selama perjalanan. Dibuat seperti "menu makanan" hehe. Misal hari Senin pakai baju apa, Selasa abaya apa, Rabu dan seterusnya begitu.

Ini akan membantu kita menata lebih rapi, dan memudahkan kita, "khususnya perempuan" yang suka bingung mau pakai baju apa he he he.. hmm apa cuma saya yang begitu ya :D

Okey .. tips selanjutnya gulung semua pakaian yang kita bawa, tapi jika tidak memungkinkan digulung, letakkan lembaran kain tersebut paling bawah atau paling atas sebagai penutup.

Jika anda membawa tas jinjing atau ransel sebaiknya letakkan pakaian/bawaan yang paling berat dibawah sendiri. Ini akan memudahkan anda saat membawanya, beratnya akan bertumpu pada bagian yang paling bawah.

Oh ya untuk perlengkapan mandi, seperti sabun cair, pasta gigi dan shampo, sebaiknya dibungkus dengan plastik, khawatir selama perjalanan dalam pesawat terjadi perbedaan tekanan yang akan mengakibatkan tutup kemasan terbuka. 

Begitu juga ketika anda akan membawa oleh-oleh makanan, usahakan kemas dengan baik agar tidak tumpah maupun bau. Jika anda ingin membawa makanan yang berbau menusuk, simpanlah dalam kotak plastik dan beri taburan bubuk kopi untuk mengurangi baunya.

Terakhir .. pastikan anda menggunakan kunci ganda pada koper atau tas bawaan anda, karena kita tidak pernah tahu dimana tangan-tangan jahil itu akan "beroperasi"

Selamat berakhir pekan ya :)

1 comment:

  1. terima kasih mba . tips nya sangat membantu utk seorang seperti saya yang suka traveling :))

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)