Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Friday, September 16, 2016

Uji Rasa Ikan Herring


Ke Belanda ga komplit kalau belum coba makan ikan herring. Ikan khas Belanda yang konon kabarnya banyak mengandung vitamin D, sangat bagus untuk gigi dan tulang kita

Selama ini saya lebih banyak tahu bahwa sumber vitamin D adalah matahari, hmm ternyata ada beberapa makanan yang juga mengandung vitamin D! MasyaAllah .... betapa adilnya Allah, di Negara seperti Belanda, yang kurang sinar matahari, Allah menciptakan ikan herring sebagai sumber vitamin D.

Well .. okay ini kali pertama saya mencoba ikan herring di Pasar Den Haag Belanda. Waktu itu saya lagi jalan-jalan sama mama mertua, tante dan om dari suami. Suami gak bisa ikut karena harus kerja.

Seperti kebanyakan turis lain, mencoba sesuatu hal baru di negara atau kota yang kita kunjungi adalah sesuatu yang menarik, menantang, dan seru! Saya termasuk salah satunya, yang selalu ingin tahu bin kepo tentang kebudayaan mereka, kehidupan sosialnya, dan sebagainya.

Nah hari itu, saya mendapati banyak penjual ikan herring di pasar. Saya lihat harganya kurang dari 2 Euro per slice nya. Setelah muter-muter pasar bersama rombongan mertua, saya bilang ke Mama mertua, kalau saya pingin beli ikan herring ha ha ha
Ikan Herring yang mirip Ikan Bandeng; Source pilotonline


"Are you serious Ericka?! ... I've been living here almost 37 years but I never eat herring!"  sahut mama mertua saya meyakinkan ..

Saya bilang iya, saya mau mencoba hal baru yang belum pernah saya lakukan :D mumpung saya di Belanda!

Ikan herring itu makannya gak digoreng saudara! so karena itu mama mertua saya meyakinkan lagi apa bener mau makan ikan herring?!. he he he saya sih memang mau cobain tantangan ini di Belanda sejak sebelum saya datang.

Jadi ada dua cara makan ikan herring, pertama makan langsung satu slice, dan yang kedua dipotong dadu lalu makan pakai tusuk gigi... weww keduanya sama-sama mentah. Biasanya dikasih irisan bawang bombay biar rasanya gimana gitu.

Kalau yang doyan sashimi ala Jepang resto mungkin bukan hal baru untuk makan Ikan herring, tapi bagi saya yang gak doyan begituan ... makan ikan mentah-mentah adalah hal pertama kali dalam hidup saya..


Ya mungkin bagi saya ini adalah salah satu pengalaman gila dalam hidup selain ketinggalan pesawat .. upsss! ha ha ha .. Setelah dilayani oleh penjual yang cantik, saya terima satu potong  (slice) ikan herring lengkap dengan bawang bombay .. oke .. satuu.. duaaa ... tigaaa happ nyam nyam .. satu gigitan sampai di mulut saya

Mertua, tante dan om yang menemani kontan melihat raut muka yang sedikit berubah ketika satu gigitan sampai di mulut saya. Hmm .. lalu saya gigit sekali lagi ikan herring yang masih saya pegang.

antara mau dilepeh tapi sungkan sama yang jual :d

Wuppsss ... rasanya ya kaya makan ikan mentah ha ha ha.. saya gak bisa jelaskan gimana rasanya, yang jelas Ikan herring ini masih mentah, kemudian dibersihkan sisik-sisiknya dan dicelup dalam larutan air garam dan bawang, lalu disajikan!

Rasanya sih ada manis dari daging yang masih segar, ada juga asin dan sedikit amis dicampur getir bawang bombay, menyatu dalam mulut saya .. masuk deh ke perut. Lalu saya bilang sama mama .. I think I need a coke after this Herring mama! sambil menahan mual yang kemudian muncul

Anyway .. uji rasa ikan herring segar sudah saya lakukan! selanjutnya ada Poferjtes, Stroopwofle dan Patat ala Belanda. 

terima kasih ya sudah setia membaca tulisan saya.



27 comments:

  1. wkwkwk..mba liat foto kayaknya yummy sekaleeehhhh. Klo 2 euro tuh jd kira2 brp rupiah mba?
    nambah ilmu tentang ikan herring ini. Salam kenal y mba welcome to the club semangat berbagi dan menulis ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Mbak Herva :) sudah berkunjung
      hahaha tapi ga mau lagi coba ikan herring xixixi
      2 euro kurang lebih hampir 30ribuan mbak :D

      salam kenal juga dan sharing2 ilmunya ya
      terima kasih

      Delete
  2. Hmmm masih mending makan sashimi kayaknya Makan sashimi kayaknya. Bentuknya nggak ikan banget tapi udah potiongan daging-dagingtebel....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya kah mbak? saya juga belum pernah makan sashimi, liatnya merah-merah gitu hihi, tapi berhubung ini lagi berpetualang, jadi pingin cobain ikan herring.. terima kasih ya sudah mampir

      Delete
  3. Wow berani banget mbak makan ikan mentah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha .. iya mbak dewi, lagi iseng dan penasaran .. terima kasih ya sudah mampir kesini

      Delete
  4. Mirip ikan krismon( sarden) ya kalau di indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya gak seberapa paham mbak kalo ikan-ikanan hehehe tapi kalo mentahnya seperti ikan bandeng :) terima kasih ya sudah mampir

      Delete
  5. aku ngga bisa bayangin makannya kalo mentah sashimi aja aku harus ku kasih mayones biar ngga eneg2 banget :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe .. rasanya gimanaaa gitu hahahah, mungkin lain kali harus coba ya mbak :)
      terima kasih sudah mampir

      Delete
    2. hehehe .. rasanya gimanaaa gitu hahahah, mungkin lain kali harus coba ya mbak :)
      terima kasih sudah mampir

      Delete
  6. Saya baru sekali makan haring mbak, di broodje dikasih uien itu. Hehe gak suka dan belum nyoba lagi sampai sekarang. Bayangan saya sih kalau dikasih nasi panas dan sambel terasi, tetep enak gak ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak Hajanti hahaha iya kali ya mbak pake sambel terasi dan nasi anget2 tapi digoreng mbak or di pepes .. jadi penasaran sayah ..ah hihihi

      Salam kenal

      Delete
  7. Hi Mba Erika, salam kenal ya....seneng baca blog jalan2 dan berpetualang kaya gini hehehe.

    Anyway, enegnya si ikan herring bs saya rasakan dari indonesia sini rrggggh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Desy :) salam kenal juga ya ..
      ha ha ha .. aduh iya saya wis ga mau coba lagi kalo herring mentah hihii
      terima kasih ya sudah berkunjung

      Delete
  8. wkwkwkwkw...aku kok rada2 ngeliatnya ya mbaak :D.. aku suka bgt sih sashimi, tp biasanya salmon ;p.. ga prnh coba hering.. dan biasany jg udh dislice tipis kan.. ini masih ama ekornya ya mbak hihihihihi, kyknya yg ini aku ga berani ;p.. waktu itu aja prnh makan sashimi tuna, aku lgs muntah2, krn amis ternyata, ga kayak salmon..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah sliced fish mbak :D tapi memang keliatan seperti ada ekornya, sudah gak ada tulangnya .. huek deh mbak sebenernya makan itu ha ha ha, tapi udah terlanjur beli dan langsung disodori xixixi

      Delete
  9. Di suku bugis ada ikan mentah juga namanya Lawaa, jadi tulang,kulitnya dibuang trus dagingnya dicampur cuka sama cabe rawit, rasanya enak sekali, apalagi kalo ikan Segar wuihh..
    Salam kenal ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya mbak, suku bugis sangat terkenal dengan jiwa pelautnya :) pastinya masakannya serba seafood dan enaaak :D .. ah jadi pingin jalan-jalan ke Makassar
      Salam kenal juga ya mak :D

      Delete
  10. Enak nggak enak, tapi ini pengalamannya luar biasa banget dong pastinya.. Salam kenal Mbak.. :)

    ReplyDelete
  11. aku dari dulu ngga sukaaa hehehehe..pernah makan yang kecil aja dan dengan pickles biar enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi .. iya mbak, lebih enak tempe goreng ternyata xixixi

      Delete
  12. oalah mbaaaak gak bisa bayangin makan ikan tanpa dimasak begitu. Kamu setroooong...bisa nahan rasa amis nan luarbiasanya si ikan, hahahaha...Seru ya mbak nyobain kuliner negara lain gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha cukup satu kalo nyoba yang mentah hahahaha .. mungkin lain kali mau masak ikan herring :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)