Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Tuesday, June 27, 2017

Kapan Nikah ..?! Sebuah Jawaban yang Menginspirasi!

Buku Nikah

Lebaran adalah momen yang paling ditunggu, khususnya bagi orang tua yang anak-anaknya tinggal di rantau, ingin segera bertemu dengan cucu-cicitnya .. tapi Lebaran juga menjadi "momok" bagi anda yang masih berstatus Single ..

Selama bulan Ramadhan, sudah banyak meme ber-sliweran, mengenai kiat-kiat menghadapi "a monotone question" alias pertanyaan klise, terutama bagi anda yang masih lajang. Ya ..pertanyaan itu, yang menjadikan "the lajangers" malas untuk mudik atau sekedar bersilatur-rahmi 

Hmm ..padahal bersilaturrahim itu berkah, karena menurut Rasulullah .. dapat memperpanjang umur, menambah rejeki ..dan satu lagi apa ya? :D nanti saya tanya pak yai dulu ya he he he. 

Nah rejeki itu kan juga bisa jadi "datangnya jodoh" .. siapa tahu dengan bersilaturrahim bisa kenal sama temannya sepupu .. atau anak temannya Om .. keluarga dari tante .. ah macam-macam kan jalannya?! Tapi memang menghadapi "sejurus" pertanyaan tentang "Kapan NIKAH ?" itu sendiri sudah bikin kita mati gaya ..bener gak?

Pulang kampung jadi gak asyik lagi.. karena setiap ketemu saudara, teman, tetangga, selalu nadanya sama .. sampai-sampai suaranya terdengar sumbang di telinga kita ha ha ha #pengalaman!

Kursi aja punya pasangan ... masak kamu enggak ? :D

Ya Alhamdulillah saya sudah menikah sekarang, tapi nanti pasti ada pertanyaan lain... you know lah! Memang sih .. budaya masyarakat kita yang "terlalu sayang bin perhatian" menuju "kepo" itu berkembang subur, seperti jamur merang di musim penghujan! Membuat kita jengah dan jadi malas untuk bertemu saudara..

Duh .. saya mengerti perasaan teman-teman yang saat ini masih melajang, atau sedang "single". Saran saya sih .. gak perlu galau atau risau, apalagi merasa seperti "rush hour" karena selalu dibilang "sudah berumur" .. "sudah waktunya nikah.." ... "sudah pantas jadi ibu/bapak " .. dan sebagainya ..


Kapan Nikah ?!
Pertanyaan ini termasuk jenis "pertanyaan ghoib" dan hanya Allah saja tahu jawabannya! Bagi anda yang sudah punya pacar saja, kadang juga masih belum jelas kapan akan berakhir di pelaminan .. apalagi yang belum punya pacar .. iya kan?! ..he he he.

Setiap orang pasti ingin menikah, ingin punya pasangan seperti yang diimpikan, pingin berlebaran bersama keluarga kecilnya di kampung, tapi menikah itu bukan soal mudah .. bukan pula karena "dikejar umur" atau "tekanan keluarga besar" .. Menikah menurut saya adalah untuk bahagia :D

Numpang Nampang di Kawinan Orang India :D

Untuk apa anda menikah hanya karena takut dibilang "sudah umur"  atau untuk "melegakan" keluarga, tapi kenyataannya anda tidak bahagia! kehidupan setelah nikah itu antara anda dan pasangan .. hingga akhir hayat! Kata Pak Mario Teguh .. Menikah itu "Menua Berdua dengan Bahagia" he he he jadi jangan sampai salah pilih ya ;)

Lantas bukan berarti kita menunda-nunda menikah loh ya! kalau toh sudah ada jodohnya dan anda "SIAP".. ya sudah... bismillah trus langsung ke KUA ..InsyaAllah Syah #judulfilmbanget. 

Jadi kalau sekarang pas momen liburan nih ... gunakan sebagai ajang "kulakan" doa ..artinya, setiap kali bertemu dengan orang maupun keluarga besar, yang bertanya "kapan nikah" atau "sudah nikah belum..?!" , jawab saja dengan santai.. "belum  .. minta doanya ya semoga segera ketemu jodoh" .. sambil senyum manis he he he mesti didalam hati rada getir binti asem asem  :p

Karena kita tidak pernah tahu, dari doa siapa yang lebih cepat terkabul, siapa tahu ada orang-orang bersahaja .. yang doanya makbul, atau mungkin salah satu orang yang kita temui, mendapat berkah malam lailatul qadr  - konon katanya doanya cepat kabul.. Nah!

Jangan pernah malu atau kecil hati, ketika mendapat berondongan pertanyaan ini, memang sih bikin sebah dan jengah, percaya pada Allah, bahwa setiap makhluk itu ada pasangannya, cuma kita tidak tahu kapan akan terjadi, tetaplah berbaik sangka kepada Allah dan memperbaiki diri menyambut sang pujaan hati ;) seeep!


Kapan Jodoh itu Datang ?
Kalau menurut pengamatan saya sih hehehe .. rata-rata orang yang dipertemukan jodohnya, itu karena memang "sudah siap" menjalani proses rumah tangga. Nah ukuran siap atau tidak siap .. itu bukan kita atau orang lain yang ngukur, lagi-lagi ikut ukurannya Allah!

Selain itu, kita sebenarnya tahu kok kapan kita "mau" nikah ... kalau kita mau jujur pada diri kita sendiri. Dulu waktu umur saya masih 25 tahun, saya ingin menikah, tapi kepala saya dipenuhi oleh keinginan berkarir, ingin mencari banyak pengalaman dan menikmati dunia kerja

Sendratari Janger di Cak Durasim Surabaya

Lalu di usia 27-an hingga kepala 3, keinginan menikah juga semakin bertambah meski keinginan lain juga terus menggema dikepala. Tak henti-hentinya di-"taaruf"-kan ..meski belum juga bertemu jodoh,ketemunya malah "penolakan" karena yang dijodohkan dengan saya lebih muda dan maunya dapat yang lebih muda juga ha ha ha .. ahh ikhwan kan juga manusia meski ngakunya cinta Rasulullah :p #nyindir

Jadi kalau orang bilang "sudah cukup umur" .. "sudah layak berumah tangga"  atau apalah tentang "standar menikah".. coba kembalikan lagi pada hati kecil kita, apakah hati kita sudah menginginkan untuk menikah ? atau masih sibuk dengan "pencapaian-pencapaian" yang lain ?

Percaya deh .. ketika kita bersungguh-sungguh ingin menikah, InsyaAllah pasti akan didatangkan "pasangan" yang compatible alias sekufu dengan kita. Ada contoh kasus yang mungkin bisa anda jadikan ilmu.

Di tahun 2009, saya punya seorang sahabat yang usianya jauh lebih muda dari saya, perempuan cantik asal Blora ini, bekerja sebagai fasilitator lembaga bantuan sosial, setiap hari kerjanya keliling Surabaya bertemu keluarga binaan yang menerima bantuan modal. 

Ketika itu, usianya baru 23 tahun, tapi keinginannya untuk menikah sudah 80% di benaknya, setiap hari dia berdoa pingin nikah..pingin ketemu jodoh, bahkan kemana-mana dia selalu minta dicarikan jodoh .. pokoknya mah jodoh ...jodoh ..jodoh ha ha ha!

You are not Alone .. puk puk :D

Dan ternyata di tahun 2010, dia benar-benar bertemu jodoh! hasil dari silaturrahim lebaran, dikenalin tantenya dengan seorang laki-laki baik, anak dari teman lama.. naah tuhh kan! Kuncinya adalah .. doa ... kemauan .. usaha .. dan doa lagi .. lalu berserah diri HANYA kepada Allah!

Cara itu juga saya terapkan pada diri saya di tahun 2015..setelah desperate mencari jodoh, dan akhirnya pasrah ha ha ha.. lalu entah kenapa saya mengingat "trik" sahabat saya itu, dan Alhamdulillah di Januari 2016, saya menikah di usia 35 tahun!

Di tahun itu, saya merasa sudah mantab untuk menikah .. ha ha ha setelah melanglang buana dengan pencapaian-pencapaian mimpi gila .. setelah melewati banyak cibiran dan cemoohan .. setelah melewati berbagai gossip bak selebritis .. akhirnya saya memutuskan menikah .. and I am married happily now! I chose him to be happy ;)

Ketika kita sudah yakin ingin menikah .. Allah itu maha tahu kok! Jadi coba tanyakan pada diri sendiri .. apakah kita sudah "mau" menikah .. atau masih ada pencapaian yang ingin anda capai ..? Jujurlah pada diri sendiri .. Allah memberikan sesuatu karena kita sudah siap .. dan juga pada waktu yang tepat!

So ..teman-teman yang masih dalam proses menuju menikah .. setiap orang pasti punya jalan cerita beda-beda, but at least .. kisah ini bisa menjadi inspirasi bagi anda ;) jangan menikah karena "orang lain" .. menikahlah karena anda mau dan siap! tentunya menikah untuk bahagia ..

Well Selamat menikmati lebaran dan liburan ya ..Salam sayang dari saya dan suami, doakan urusan proses visa saya lebih cepat, dan kami segera berkumpul bersama di Belanda yaa ! Mohon Maaf Lahir Bathin .. 

I am Married Happily!







13 comments:

  1. hehehe... mengubah pertanyaan monoton menjadi doa ya. great idea!

    ReplyDelete
  2. Ini sudah pernah saya bahas pribadi sebelumnya di blog saya. Awalnya ditanggapi simpel saja ini pertanyaan "Kapan nikah?" jawabnya simpel "Doain saja, or jodohnya belum dapet..bla bla". Tapi seiring waktu meski kesannya ringan kok jadi bahan pikiran yak? Ya udah sik bok ya didoakan ya mbak.. hiks *MasihSingle hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha .. iya mbak mau gimana-gimana tetep aja kepikiran, apalagi kalo tinggal di kota kecil, duh bak seleb deh kita diomongin terus :) tapi jangan patah semangat mbak .. be open and happy, he will come soon ;)

      Delete
  3. hehe jadi inget dulu saya dianggap telat nikah diantara teman-teman. Setuju tuh sebenernya kalimat tanya kapan nikah adalah kalimat perhatian yang sangat perhatian hihi.. atau bikin kalimat baru kali ya: kapan dapat jodoh? #aiihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mbak, komen sampean kesingsal ini, baru muncul sekarang hehehe.. iya mbak terlalu perhatian xixixi, btw selamat ya sudah nikah akhirnya

      Delete
  4. wah, aku berarti masih bisa kenceng berdoa ya..."Tuhan, aku mau menikah lagi untuk bahagia, bukan untuk dikhianati" #halah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kocak mbak satu ini... mbak Agustina, you deserve for beautiful life and love .. aku doakan semoga segera dipertemukan jodoh yang baik ya mbak .. amin

      Delete
  5. Aku suka nih kalo bahas tentang ini, karena aku pun udah menuliskannya di blogku. Pertanyaan kapan nikah lagi sering hinggap nih akhir2 ini dikupingku. Aku pakai aah caranya Mba 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp mbak :) semoga segera ketemu jodoh ya :)

      Delete
  6. Lho ternyata bloggernya cewek. Ini blog lama ya kok arsipnya sejak tahun 2008?

    Btw, KAPAN NIKAH?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm sensus ta :p .. makanya jangan baca judul aja .. hue hue

      Delete
  7. Waduh komentarku salah, ternyata sudah nikah ya, maaf ya mbak gak baca sampe akhir sih... wkwkwk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)