Tuesday, August 15, 2017

Legitnya Snowcake Surabaya by Zaskia Sungkar

Outlet Surabaya Snow Cake - Jl. Flores No 15 Surabaya

Bahasan tentang cake yang lagi happening di Surabaya, snow cake ini sudah ramai sejak awal tahun lalu, tapi berhubung saya sudah gak di Surabaya lagi .. jadi agak ketinggalan untuk mencicipi

Sempat penasaran juga sih, karena di grup alumni SMA yang saya ikuti, terutama grup teman-teman yang bermukim di Surabaya, ramai membicarakan kue ini, dengan berbagai pilihan rasa.

Snow Cake yang diam-diam dijadikan salah satu "oleh-oleh" khas Surabaya ini, ternyata pemiliknya seorang artis tenar asal Jakarta, yang tak lain adalah Zaskia Sungkar, kakak kandung Shireen Sungkar. 

Seperti kita tahu, sekarang lagi ramai artis-artis buka usaha toko kue dan oleh-oleh di luar Jakarta. Contohnya Teuku Wisnu yang dikenal dengan Malang Strudle, Dude Herlino dengan Jogja Scrummy, Ari Untung dengan Cheese Cake nya di Makassar, Shereen Sungkar dengan Bogor rain cake .. dan yang baru-baru ini bakalan launching adalah Oleh-oleh Asix, milik keluarga Anang Hermansyah - Ashanti di Malang.

Hmmm rameee yaa, setelah dunia fashion .. sekarang para artis menyerbu kuliner, entah tahun depan apa lagi yang mereka serbu ..he he he ojo kemaruk taa .. 


Well .. kembali ke si snow cake ini, pertama kali coba pas saya ke Jember ramadhan kemarin, ada mobil yang jualan di pinggir jalan sekitaran SMP 2 Jember. Kaget juga sih, kok ada snow cake disini, apa bener asli atau tembakan alias abal-abal.

Saya putuskan untuk belok kanan menghampiri mobil itu, yang jual laki-laki etnis China, dan seorang perempuan yang bertindak sebagai kasirnya. Ketika saya tanya, apa bener ini snow cake yang dari Surabaya, dia bilang iya benar, ini saya bawa langsung dari Surabaya.

Ketika itu, hanya ada sedikit varian yang ditawarkan, dan harganya pun lumayan mahal untuk ukuran sekotak kue bolu, per box nya sebesar delapan puluh lima ribu rupiah (Rp. 85,000). Saya beli 1 kotak yang rasa keju, dan karena saya naik motor, kuenya udah gak keruan sesampainya di rumah he he he.

Waktu itu saya juga beli bolu kukus Amanda, maunya sih untuk menu takjil berbuka, sambil minum teh, rasanya cocok banget! Kalau dibanding bolu kukus Amanda, Snow Cake memang lebih mantab rasanya .. apalagi yang rasa keju ..duhhh belepotan kejuuuu bangett kuenya!

Tampilan snow cake ini memang lain daripada yang lain, saya awalnya juga bingung, kok atasnya crunchy tapi tengahnya bolu padet dan lembut banget.. tapi pas dipotong ..duhh hancur semua hi hi hi.

Nah Akhirnya sekitar dua bulan lalu, saya berkesempatan berkunjung ke Surabaya, mengantar sahabat yang ada kepentingan ke Kantor Bapeprov di Jalan Gayung Kebonsari, atau lebih dikenal dengan sebutan daerah Injoko!

Ngampung Foto di House of Sampoerna :-*

Setelah urusan beres, kami berdua jalan-jalan ke utara Surabaya .. maklum yaa sahabat saya ini agak ndeshoo ha ha ha .. kalo ke Surabaya cuma urusan kantor saja .. jalan-jalannya mah belum pernah. 

Ya ampuun dia belum pernah ke Monkasel ( Monumen Kapal Selam ), House of Sampoerna, Ampel, nge-Mall hingga mencicipi aneka kuliner Surabaya, terutama Bebek Sinjay! Dan akhirnya kita ke outlet Surabaya Snow Cake .. yang asli lho rekk!

Essem'e reeek!

Lokasinya ada di Jalan Flores no 15 Surabaya, tepatnya di belakang Toko Batik Mirota yang ada di Jalan Sumatera, sekitaran Gubeng Kertajaya - Biliton ya ancer-ancer nya! Setahu saya tempat ini dulunya adalah kawasan perkantoran yang bergerak di bidang trading, forex dan valas. 

Waahh .. saya terkejut melihat daftar harganya! Ternyataaa tidak semahal seperti pertama kali saya beli loh! satu kotak Snow Cake cuma di banderol lima puluh lima ribu rupiah, paling mahal enam puluh sembilan ribu rupiah! Yaah sudah lah .. kalau yang di Jember mungkin jualnya plus ongkir he he he.

Ternyata konsep Snow Cake Surabaya ini, memang benar-benar mengangkat kue khas Surabaya, yang sudah lama dikenal, yaitu kue lapis Surabaya, atau yang juga dikenal Kue Spikoe .. tapi dimodifikasi dengan menambahkan pastry di antaranya. So ... ketika digigit ada dua rasa berlawanan yang bertemu .... jiaah lebayy!

Harga Asli Snow Cake - Counter

Ada rasa crunchy dari pastry-nya pada lapisan atas dan bawah, lalu ditengahnya bolu lembut dan padat bangett.. dilapisi krim aneka rasa! Hmm benar-benar spikoe kekinian nih! Menurut saya idenya cemerlang .. dan layak dibilang "oleh-oleh khas Surabaya" karena memang Spikoe sudah dikenal kue khas Surabaya .. jadi ga neko-neko yo rek :D

Dan tahukah anda.. kue lapis surabaya atau spikoe ini juga terkenal loh di Belanda sana .. kalau kita jalan-jalan ke Toko Asia, pasti ada jualan kue lapis Surabaya! eh.. iya ngomong tentang Spikoe .. saya jadi ingat pas jaman SD, waktu itu mau ada acara maulud Rasul, dan biasanya kita disuruh bawa kue untuk acara di Sekolah.. saya kebagian bawa kue spikoe ..


Pergilah saya ke toko kue Nusantara Bondowoso, .. saya bilang mau beli kue spookie .. hahahaha sontak semua orang di toko itu tertawa .. karena yang saya maksud itu kue spikoe .. bagi anda yang gak paham bahasa Madura, pasti gak ngerti dimana lucunya .. hi hi hi kalau yang tahu, pasti tertawa .. apalagi diilangin huruf "S" nya .. jadilah konotasi jorok ha ha ha..

Ahh udah yaa liputan tentang Surabaya Snow Cake .. kalau anda main-main ke Surabaya .. bisa nih dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, cuma hati-hati bawanya jangan mereng-mereng.. nanti jadinya tumpeeh


4 comments:

  1. sekarang artis berlomba2 jualan kue ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ramee dunia bisnis sama artis he he he

      Delete
  2. untung udah nggak antri kayak dulu ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya mbak, denger2 sampai antri pas pertama buka :D, sekarang sudah lenggang kangkung, ga pake antri hwehehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)