Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Saturday, September 30, 2017

Kampung Warna Warni Jodipan Malang


Kota Malang sekarang dikenal sebagai Rio de Janeiro of Java, karena adanya kampung warna-warni Jodipan, yang menyerupai Kota Rio de Janeiro Brazil!

Sejak Juni 2016, kampung Jodipan yang awalnya tergolong sebagai slum area-nya Kota Malang, berubah menjadi kampung warna warni, dan telah ditetapkan sebagai salah satu objek wisata alternatif oleh Walikota Malang.

Photo Source : by Devi

Ide kreatif ini datang dari komunitas guyspro Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, jurusan Ilmu Komunikasi. Awalnya mereka hanya ingin merubah lifestyle masyarakat sekitar kampung tersebut, agar lebih peduli pada lingkungan dan permasalahan sanitasi.


Kampung Jodipan terletak di bantaran sungai Brantas, kala itu masyarakatnya sangat tidak peduli pada kebersihan dan sanitasi, hingga aliran sungai kotor dan penuh sampah. Namun Nabila Firdausiyah - koordinator guyspro (sumber info : bcc.com) menyampaikan ide untuk mengecat seluruh rumah kepada ketua RT dan warga kampung tersebut, agar nampak lebih indah dan bersih.


Gayung pun bersambut, seluruh rumah di kampung ini dicat penuh warna, baik dinding maupun atap gentingnya berwarna mencolok. Ditambah dengan berbagai lukisan mural dan dekorasi cantik di sepanjang jalan kampung Jodipan Malang ini. 

Kabarnya pengecatan ini melibatkan 30 orang seniman dari komunitas mural Kota Malang, serta berbagai pihak termasuk pasukan tentara angkatan darat Kota Malang, selain itu cat-nya juga di-sponsori oleh salah satu produsen cat lokal di Malang. 

Grace, wisatawan asal Malaysia

Untuk menuju Kampung Jodipan ini, kami menggunakan bantuan Google Maps, kami menginap di daerah Jl. Dieng Malang, jadi arahnya keluar dari Kota Malang, tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda Kota Malang. Di sepanjang jalan ini banyak penjual sepatu dan barang rongsokan juga benda kuno yang menambah vintage view-nya semakin cantik!

Photo Source by Devi

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, gak usah khawatir, karena disediakan lahan parkir yang cukup memadai, dan jika anda menggunakan angkutan umum, ada banyak kok angkutan yang melewati kawasan ini, baik dari Terminal Arjosari maupun Sumbersari. 


Karcis masuk ke kawasan kampung ini sangat terjangkau! Cukup membayar dua ribu rupiah, anda sudah bisa menikmati indahnya suasana kampung, serta ber-selfiei ria di sepanjang kampung ini.

Photo Source : By Devi

Agar lebih leluasa berfoto, usahakan datang sepagi mungkin, apalagi pas weekend, banyak pengunjung yang datang ke kawasan ini. Jangan khawatir haus maupun lapar, karena penduduk setempat juga banyak yang menjual makanan maupun minuman .. komplit kan! Yukk segera meluncur ke Jodipan Malang, mumpung masih pagi he he he

8 comments:

  1. Ini kampung warna-warni yang sudah terkenal di medsos itu ya..

    Btw.., kayaknya templatenya sama.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kampung yang lagi nge hits :) oh iya kah he he he .. template gratisan

      Delete
  2. Kota malang ini memang penuh kejutan. Udah ketemu beberapa blogger bahas ttg kota ini, makanannya, tempat wisatanya... bagus-bagus semua. Udah lama gak ke Malang. Sekarang jadi pengen ke sana. Tapi duitnya belom ada :'( haha musti nabung nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak, makanan di malang enak-enak, terutama per-mie-an he he he.. yukk liburan ala backpacker :)

      Delete
  3. love this place.. the vibe, the colors and the villagers. so friendly. really nice place to hangout and photoshoot! thanks for bringing us here...

    ReplyDelete
    Replies
    1. God brought us here :) thanks to have me as part of your trip this time

      Delete
  4. saya gak habis pikir, idenya benar-benar kreatif. Daripada ngelakuin normalisasi yang ngegusur warga karena gak peduli lingkungan, malah mereka kasih solusi kreatif. Yah dengan diubahnya tampilan kampung jodipan jadi kampung warna-warni malah mengubah pemikiran masyarakat untuk terus menjaga lingkungannya. Dulu sempat ngeleawatin disini tapi gak singgah, dan melihat foto-foto mbak saya malah penasaran banget pengen keliling didalamnya kayak gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Bimoo aku sepakat banget dengan kamu, mending dibuat begini daripada digusur .. malah bisa jadi added value kan, seruu disana, tapi kalo mau selfie2 mending datang pagi-pagi he he he... thanks yaa udah main2 kesini

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)