Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Friday, October 6, 2017

Resep Mudah dan Benar Memasak Nasi Liwet Spesial

Trend baru makan sehat ala sosialita mulai membawa kita pada menu makanan tradisional. salah satunya yang lagi rame adalah nasi liwet atau juga disebut nasi bancakan


Ada banyak versi resep nasi bancakan ini, ada yang dari Sunda, Solo, dan khas Jawa Timur. Beberapa waktu yang lalu, saya coba-coba masak nasi ini, meski bukan tergolong jago masak, tapi saya senang main-main di dapur he he he

Tradisi nasi liwet sebenarnya sudah dikenal lama pada kebudayaan Jawa, dan dari beberapa sumber, menyebutkan bahwa tradisi ini tertulis pada serat chentini, sebuah naskah tua yang ditulis pada kisaran tahun 1814-1823

Budaya nasi liwet, sudah sangat membumi bagi masyarakat Jawa, tapi sayangnya tidak semua generasi paham, makna yang terkandung dari masakan khas ini. 

Seperti dikutip dari web joglosemar, dijelaskan bahwa dalam nasi liwet, ada banyak filosofi mendalam, tentang apa maksud dibalik budaya nasi liwet. Konon dulu nasi liwet selalu digunakan sebagai salah satu menu untuk selamatan, ketika tanah Jawa mengalami gempa. 


Apa yang dimaksud dengan Nasi Liwet?

Banyak orang salah kaprah dengan istilah nasi liwet, sebenarnya liwet atau ngliwet adalah proses menanak nasi dalam bahasa Jawa, jadi bukan nama makanannya ya!

Waktu saya kecil, nenek dari keluarga ibu di Jombang, sering ngomong tentang ngliwet untuk menyuruh ibu saya masak nasi. Sedangkan ibu saya, lebih sering bilang adhang sego yang juga berarti menanak nasi. 

Nasi Liwet & Daging Gepuk
Cara menanak nasi jaman dulu berbeda dengan sekarang, dulu proses menanak nasi itu melalui dua tahap, yaitu karon atau ngaron beras, kemudian adhang atau mengukus beras yang sudah setengah matang. 

Menurut embah-embah terdahulu, perempuan dinilai dari kepandaiannya ngliwet, jika dia sudah bisa menanak nasi tanpa gosong, berarti sudah layak dijadikan menantu .. duhh bersyukur yaaa kita yang sekarang masak tinggal klik he he

Nah ada juga peribahasa jawa yang berkaitan juga tentang liwet, yaitu :
Ora Ubet Ora Ngliwet, Ora Obah Ora Mamah
yang artinya kalau kita gak ulet ya nggak bisa makan (menanak nasi) dan kalau kita nggak bergerak (kerja), ya nggak bisa mengunyah... hehehe emang duit jatuh dari langit? 

Bahkan juga ada lagu iso ngliwet parodi dari lagu Bee Gees yang dirilis ulang oleh Boyzone, boyband asal Irlandia. cek disini ya lagunya :)



Resep Nasi Liwet ala Saya

Seperti yang saya kemukakan di awal, ada banyak versi cara memasak nasi liwet ini, dan yang saya coba ini adalah versi sunda, tidak pakai santan.

Bahan-bahan :

500 gram beras
1 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam (bisa lebih sesuai selera)
5 lembar daun jeruk
2 lembar daun pandan (simpulkan, banyaknya sesuai selera)
5 buah cabai kecil / cabai rawit (pakai yang warna merah atau hijau kekuningan)
3 siung bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
2 ruas jari lengkuas, memarkan
2 sdt garam atau secukupnya sesuai selera
1 ons ebi atau teri medan, goreng sisihkan

Cara membuat :

Anda bisa menggunakan rice cooker, tapi yang saya lakukan adalah teknik kuno ngliwet, karena aroma dan hasilnya lebih oke, juga lebih tahan sampai keesokan hari loh.

Oke ikuti langkah-langkah berikut ini ya :

1. Cuci bersih beras, tiriskan
2. Tumis semua bumbu kecuali cabai, sampai harum dan agak kecoklatan
3. Masak beras dengan air secukupnya, biasanya takaran airnya hingga 1 ruas 
    diatas permukaan beras
4. Campurkan semua bumbu yang sudah ditumis dan cabe, kedalam panci berisi beras,
    tambahkan garam sesuai selera
5. Masak hingga sedikit surut airnya, aduk beras agar masaknya rata, tapi jangan terlalu
    sering diaduk ya, nanti jadi bubur
6. Matikan api jika air sudah berkurang, dan beras sudah setengah matang, tandanya jika
    anda pegang, berasnya mudah patah.
7. Siapkan kukusan, untuk menanak nasi
8. Pindahkan beras tadi kedalam kukusan, dan tambahkan ebi atau teri yang sudah 
    digoreng pada bagian atasnya, masak hingga matang.

Aroma harum nasi liwet akan memenuhi dapur hingga seluruh ruangan rumah anda, sajikan nasi liwet dengan aneka lalapan dan lauk pauk. 
Sambal Bawang alias Sambal Korek
Jangan lupa sertakan sambal bawang atau sambal korek sebagai pendampingnya! hmmm dijamin bakalan naik 2 kg berat badan kita he he he.. Lazizzz!


5 comments:

  1. ahaaa.. bener bener kak. nasi liwet itu rasanya beda bangettt sama nasihasil memasak di baskom ajaib. wkwkwk.... ibu dulu suka banget masak nasi liwet.... sekarang udah beralih ke baskom ajaib.... ya karena gak ada lagi jadi dimakan aja.. kadang nasi hasil memasak modern tu bau karet kalo kelamaan diangetin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he .. iya yang tradisional yang lebih oke ya untuk kesehatan, karena ga instant! terima kasih ya Urwan sudah berkunjung

      Delete
  2. Replies
    1. Hai Syadza .. thank you sayang BW nya .. ditunggu tulisan perdana ya :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)