Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Monday, November 13, 2017

Keretaku Melaju Kencang Bersama Traveloka

Akhirnya saya putuskan meneruskan perjalanan pulang dengan jasa PT. KAI, menjajal rasanya naik kereta malam dari Sidoarjo menuju Kota Jember, setelah mendarat di Bandara Juanda Surabaya beberapa bulan lalu.

Ide ini saya ambil dari saran seorang teman yang jago backpacker-an, Icank namanya. Dia menganjurkan saya untuk naik kereta api saja menuju Kota Jember kemudian ke Bondowoso-nya naik taxi, karena penerbangan Jakarta - Jember tidak ada yang direct.

Jika saya menggunakan jasa bus antar-provinsi dari Bungurasih ke Bondowoso juga susah, sebab paling akhir bus menuju kota saya jam 6.30 malam, sedangkan pesawat baru tiba dari Jakarta jam 8 malam.

Lalu saya tanya, "memangnya ada kereta malam ke Jember?".
"Ada kok ... harganya juga murah, coba kamu cek aja di Traveloka" jawabnya menjelaskan
"Lahh sejak kapan bisa beli tiket kereta di Traveloka?" tanya saya lagi keheranan, karena setau saya Traveloka hanya bisa pesan tiket pesawat dan hotel.
"Duuhh ibuu... kemana ajaa ha ha ha... sekarang Traveloka sudah jadi partner resmi KAI, jadi pesan tiketnya dijamin cepat, mudah, dan aman! selorohnya bahagia menertawakan ke-kudet-an saya.

Daftar Pesanan Tiket Saya via Traveloka

Hmm saya memang sering menggunakan jasa Traveloka setahun belakangan ini untuk urusan pesan hotel, alasannya karena mudah dan banyak pilihan hotel juga sistem pembayarannya yang sangat beragam, bisa transfer antar bank, pakai kartu kredit, hingga bayar di Indomart.

Sedangkan untuk urusan tiket kereta api, jujur ini yang pertama kali memesan tiket kereta. Ternyata melalui situs Traveloka kita bisa melihat jadwal kereta api baik yang kelas ekonomi sampai kelas eksekutif, sekaligus jam keberangkatan dan kedatangan-nya secara pasti. Kita juga bisa menentukan dari mana dan mau kemana stasiun kereta yang kita mau... mudah kan?!

Waah saya bangga dengan PT. Kereta Api Indonesia yang semakin meningkatkan pelayanannya, mulai dari fasilitas gerbong kereta yang semuanya ber-AC, sudah tidak ada lagi penjual asongan/pengamen yang sliweran dalam gerbong, trus yang pasti AMAN nggak ada copet!

Selain itu penumpang semakin dimudahkan untuk mendapatkan tiket kereta api, salah satunya disediakan oleh Traveloka melalui reservasi tiket on-line. Perusahaan e-commerce wisata ini telah berdiri di Indonesia sejak Oktober 2012 lalu yang mengawali penjualan tiket pesawat dan hotel kala itu.

Kini Traveloka, yang digawangi oleh Ferry Unardi dan kawan-kawannya, telah berhasil menjadi salah satu situs terbaik urusan tiketing di Indonesia dan Asia Tenggara, mungkin nanti juga tingkat dunia ya .. aamiin, bahkan sekarang ada jasa beli pulsa dan tiket wisata lainnya loh!

Cara Pesan Tiket Kereta via Traveloka

Jika anda sudah punya app Traveloka di gadget akan lebih mudah dan bisa dapat tambahan poin, tapi karena HP saya tergolong belum pinter-pinter amat he he he, jadi saya pilih pesan tiketnya via laptop saja.

Klik langsung bagian logo kereta api pada situs traveloka[dot]com, kemudian pilih tanggal keberangkatan, sekali jalan atau pulang pergi, stasiun keberangkatan dan kedatangan, serta jumlah penumpang kemudian tekan tombol cari tiket.

Nota Pembelian Tiket Kereta via Traveloka

Tarif kereta yang ditawarkan traveloka juga nggak kalah menarik, apalagi ada tambahan bonus tak terduga. Pilih kereta yang sesuai dengan jadwal perjalanan anda, kemudian isikan informasi penumpang dan ikuti langkah-langkahnya hingga berakhir pada proses pembayaran.

Yang paling saya suka dari situs ini, ada pilihan bank CIMB Niaga sesuai dengan rekening yang saya punya, jadi nggak pake tambahan biaya transfer, hemat dan cepat pula. Tidak sampai lima menit setelah kita melakukan pembayaran, akan dikirim e-mail konfirmasi pemesanan yang berisi e-ticket dan nota penjualan.

Hal ini penting bagi saya, karena saya butuh nota penjualan untuk keperluan pembukuan usaha. Kita bisa cetak e-ticket  tidak cetak pun nggak masalah, tapi untuk jaga-jaga saya selalu cetak e-ticketnya.

e-tiket Traveloka

Saya pesan tiket kereta untuk keberangkatan dari Stasiun Sidoarjo Kota menuju Jember satu bulan sebelumnya, dengan menggunakan kereta malam Mutiara Timur Malam, yang berangkat pukul 22:26 WIB dan diperkirakan tiba pukul 01:42 WIB di Stasiun Jember Kota, untuk keberangkatan tanggal 17 Mei 2017 lalu.

Ahh lega rasanya ketika proses pemesanan sudah selesai. Saya #JadiBisa pulang kampung dengan tenang dan aman berkat Traveloka. Eitss tunggu dulu bagaimana fakta di lapangan setelah pesan tiket kereta via situs ini.

Fakta Di Lapangan dengan E-ticket Traveloka

Pas hari-H, pesawat saya tiba tepat waktu di Bandara Juanda Terminal 2, lalu saya naik taxi menuju Stasiun Kota Sidoarjo yang jaraknya kurang lebih hanya ditempuh sekitar 15 menitan kalau nggak macet.

Pintu Masuk Stasiun Sidoarjo

Sempat khawatir juga ketinggalan kereta, karena saya belum cetak tiket aslinya, saya pikir harus cetak tiket di loket dan mengantri lama seperti waktu dulu di stasiun Gubeng Surabaya, saya hampir ketinggalan kereta karena antriannya panjang dan lama.

Untungnya jalanan Surabaya sudah cukup lengang, saya tiba di Stasiun Sidoarjo pukul sembilan lewat sepuluh malam. Bayangan saya keliru! Stasiun sangat sepi dan lengang, hanya abang-abang becak yang duduk diluar palang pintu masuk dan warung-warung penjual makanan ringan yang masih buka.

Loket stasiun sudah tutup, tak juga nampak penjaga maupun petugas Stasiun Kereta, hanya ada 3 orang penumpang yang duduk-duduk menunggu jemputan pulang. Waduuuhhh ...bahaya nih! gumam saya, karena e-tiket masih belum dicetak, dan stasiun sudah tutup, bisa-bisa saya batal pulang kampung dengan kereta.
Perangkat Cetak Tiket Mandiri PT.KAI

Saya berusaha meredakan kepanikan dengan bertanya pada penumpang yang duduk di bangku penjemputan. Ibu dan bapak paruh baya itu menunjukkan dimana saya harus menunggu kereta, mereka juga tidak tahu dimana mencetak tiketnya.

Hmm ... panik sudah mulai naik dari level siaga menuju waspada. Saya berjalan agak cepat berharap bertemu dengan petugas stasiun yang mau menolong untuk mencetak e-tiket saya. Rasa haus dan lapar karena belum makan malam tak saya hiraukan, saya hanya ingin segera pulang titik!

Penumpang yang seedang cetak tiket

Ahh akhirnya level waspada turun menjadi ceria! Sungguh sangat katrok, sekarang cetak e-tiket sudah tidak perlu ke loket, ternyata pihak PT. KAI sudah menyediakan perangkat elektronik canggih yang membantu penumpang untuk cetak tiket sendiri, istilahnya kalau di dunia penerbangan adalah self check-in.

Wooooww Traveloka dan Kereta Api Indonesia benar-benar JUARA! Pelayanannya sangat mudah dan memanjakan pelanggannya. Kita tidak perlu susah-susah ngantri, pembayaran-pun gampang, semuanya seperti tinggal menjentikkan jari saja .. dan taraaa tiket sudah tercetak.

Awalnya saya juga takut salah pas mau sentuh layar touchscreen, ehh enggak ding ada keyboard nya juga hi hi hi. Kita tinggal memasukkan kode booking atau nama penumpang kedalam aplikasi cetak tiket PT.KAI, bisa juga dengan scan barcode yang tertera pada e-tiket, lalu akan muncul data penumpang lengkap dengan tujuan  kereta pada tiketnya, tinggal tekan "print" dan urusan pun beress!

Gambar Isi Layar Komputer

Tiket saya keluar dari mesin printer kecil disebelah layar komputer, hmm saya tersenyum mengenang kepanikan dan kebodohan saya tadi. Memang benar ketika melakukan perjalanan itu ilmu menangani "kepanikan" sangatlah penting, agar perjalanan anda menyenangkan meskipun kenyataannya pahit ..sepahit cerita cintamu ha ha ha..

Well .. okay tiket sudah ditangan, tapi karena jam keberangkatan belum tiba pintu stasiun belum dibuka. Saya menunggu kurang lebih 1 jam sampai akhirnya beberapa satpam ganteng membuka pintu dan mempersilahkan penumpang masuk satu persatu setelah dicek data dan tiketnya.

Tiket yang sudah tercetak

Ahayyy .. kereta malam akhirnya tiba, cepat-cepat saya berlari menuju gerbong dan kursi yang nomornya tertera pada tiket, masih berharap bisa duduk berdampingan dengan pemuda tampan bin mapan biar perjalanan semakin nyaman.

Ohh kenyataan selalu lebih pahit dari impian .. saya duduk dengan pemuda berbadan tambun yang ukuran pahanya dua kali lipat paha saya, malangnya lagi dia menuju Jember, artinya selama perjalanan sudah nggak ada harapan lagi bertemu penumpang pengganti hu hu hu..

But anyway .. terima kasih kepada Traveloka, kemudahan dan kenyamanan pelayanannya sangat layak diacungi jempol. Tak lupa PT. Kereta Api Indonesia yang semakin memantabkan pelayanan bagi penumpangnya. Akhirnya saya #JadiBisa tiba di Kota tujuan dengan selamat.

Pesan saya untuk dua persuahaan ini .. baik-baiklah ya kalian berdua, sudah menjadi pasangan yang pas .. jangan sampai lepas ..eh! saya pasti akan menjadi pelanggan setia!

Kursi Empuk yang enak buat tiduran he he he

4 comments:

1. sama mba, aku juga penggemmar setia traveloka.. hehe

ReplyDelete
  2. Keren, ya. Inovasi yang dilakukan PT. KAI. Jadi naik kereta sudah sangat nyaman..

3. Sama, mba. Aku juga selalu menggunakan Traveloka setiap kali bepergian mba :)
    Praktis

ReplyDelete
  4. Enak pake traveloka, memastikan jadwal kereta ga usah nanya ke CS, langsung aja cek di apps xD

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)