Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Wednesday, December 27, 2017

Stroopwaffle Jajanan Manis Belanda

Stroopwaffle pertama saya beli

Hallo teman-teman apa kabar setelah liburan? jangan bosan ya dengan judul tulisan saya yang sekarang lebih sering tentang Belanda, karena sejak pertengahan Desember lalu saya pindah ke negeri ini.

Otomatis banyak hal yang saya liput dan tulis berdasarkan tempat yang sedang saya diami. Jadi jangan menuduh saya Ke-belanda belanda-an ya he he he, boleh dicek tulisan saya dengan judul Kota dan Negara lain.

Anyway .. yuk kita lanjutin ngobrolnya tentang salah satu jajanan khas Belanda, namanya Stroopwaffle berasal dari kata Stroop yang berarti syrup dan waffle yang berarti kue yang bentuknya bergelombang

Nah jajanan ini bisa kita temui hampir disetiap pasar di Belanda, selalu ada gerai penjual stroopwaffle yang ikut meramaikan hiruk pikuknya pasar. Ada juga toko roti tertentu yang menjual makanan ini.

Pertama kali beli stroopwaffle di tahun 2016 lalu, jujur saya kurang suka karena rasanya tidak terlalu istimewa menurut saya. Dan minggu kemarin selepas urusan dokumen di imigrasi dan Gemente Kota Almere, kami berdua kelaparan karena lama menunggu antrian pelayanan lalu kami menuju ke pasar Almere Centrum yang kebetulan buka pada hari Kamis.

Stroopwaffle yang kemarin saya beli

Suami langsung menuju gerai stroopwaffle dan menanyakan apakah saya juga mau kue itu. Saya hanya menjawab malas karena pengalaman pertama makan stroopwaffle kurang membahagiakan.

Kami berjalan menuju gerai stroopwaffle terdekat dari tempat parkir mobil, gerainya berwarna putih bersih dengan dua penjual yang ramah. Sore itu pasar sudah mulai sepi, baik pengunjung dan pedagang juga sudah mulai berbenah untuk pulang. 

Pasar di Belanda tidak buka tiap hari tapi buka menurut hari tertentu, misal Pasar Minggu, Pasar Kamis dan Sabtu, Pasar Senin dan sebagainya. 

Penjual stroopwaffle menyapa kami dengan ramah, salah satunya memiliki darah keturunan Indonesia dan sempat berbicara satu dua patah kata Indonesia yang membuat sore itu sedikit hangat. 

Nampak di meja pajangan ada banyak pilihan jenis jajanan stroopwaffle. Ada yang sudah dikemas plastik dengan berbagai bentuk diameter yang berbeda, ada juga yang dibungkus menarik dalam kaleng warna warni.

Hmm Yummy

Suami memilih stroopwaffle yang Fresh from the oven, artinya si penjual akan membuatkan dari adonan mentah sampai dilapisi syrupnya kemudian dihidangkan hangat-hangat. Saya amati proses pembuatan jajanan ini dari awal sampai akhir seraya sedikit mengasah kemampuan bahasa Belanda saya mencoba bercakap-cakap dengan penjualnya.

Namun ketika lawan bicara saya sudah mulai "ngelantur" kemana-mana dan saya tidak mengerti, maka kalimat andalan yang saya sampaikan adalah ... Pardon .. ik spreek betje Nederlands taal .. ha ha ha (Maaf saya berbicara sedikit bahasa belanda).

Stroopwaffle kali ini lebih istimewa karena saya melihat prosesnya, mulai dari menuang adonan pada loyang cetakan waffle kemudian melihat bagaimana penjual membelah waffle yang sudah tipis itu menjadi dua lalu mengolesi dengan syirup kental berwarna coklat karamel hingga merekatkannya lagi menjadi setangkup waffle isi gulali.

Hmmm wangi aroma kayu manis mengudara menusuk hidung menghangatkan suhu yang dingin mencapai 7 derajat celcius kala itu. Saya terima setangkup stroopwaffle dalam bungkus kertas putih dengan senyum bahagia!

Saya tiup-tiup sebentar khawatir panasnya membakar lidah saya he he he.. Hmmmmm yummm gigitan pertama sampai juga di mulut, rasanya benar-benar istimewa! Kali ini saya suka jajanan ini karena lebih segar dan enaaaak he he he


Tiba-tiba ada beberapa gadis yang juga menghampiri ingin beli jajanan ini, sontak saya bilang ayo beli .. Dis is het lekker! enak sekali saya bilang. Setelah suami saya menerima stroopwaffle pesanannya kami pun meninggalkan gerai mereka menuju parkiran mobil.

Mereka mengucapkan terima kasih dan ucapan khas ketika kita makan sesuatu .. Eet smakelijk  atau selamat makan! Saya jawab ..Dankuwel ..!

Nah teman-teman yang mungkin berminat menjadikan jajanan ini sebagai ide bisnis kuliner anda atau bisa juga ide menu pesta ulang tahun si kecil, saya yakin pasti banyak yang suka, bisa di googling ya resep dan cara membuatnya he he he

Selamat bereksperimen!




9 comments:

  1. wah bekum pernag ngerasain jd penasaran

    ReplyDelete
  2. Saya sudah bisa bayangkan enaknya karena di Indonesia jg ada yg mirip begini. Kayak roti kering bukan sih? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kaya de creepes mbak tapi lebih tebal

      Delete
  3. Kyaknya aku pernah makan ini deh, tapi kok yo baru tahu namanya hahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbak ini jajanan paling femes di belanda

      Delete
  4. Ya ampun enaknyaaaaaa.. Apalagi makan stroopwaffle sambil menikmati kota Belanda, pasti makin nikmat yaaaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. nikmat kalo pas hangat, tapi hati-hati kalo punya gigi berlubang hehehe manisss banget

      Delete
  5. Lebaran kemarin temenku yg tinggal di belanda mudik ke indo, dan aku dibawain oleh2 ini mba. Lgs sukaaaaaak bangetttt :D. Udh bertekad pokoknya kalo nanti ke belanda aku bakal borong ini banyak :p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)