Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Monday, January 1, 2018

Mengenali Kode Rahasia Kincir Angin Van Sloten


Melanjutkan petualangan di Kota Amsterdam dengan mengunjungi Windmill Van Sloten yang memberikan banyak informasi menarik tentang Kincir Angin di Belanda.

Petualangan kali ini masih ditemani suami tersayang .. ish ish.. he he he sesaat sebelum kita menuju Masjid Al Ikhlas PPI Amsterdam untuk Sholat Jumat. Lokasi kincir angin ini berada di sebelah barat Kota Amsterdam, alamat lengkapnya bisa di cek disini ya!

Windmill Van Sloten merupakan satu-satunya kincir angin yang terbuka untuk publik di Kota Amsterdam. Dikenal juga dengan nama Rembrandt Mollen Van Sloten - Amsterdam Kuiperijmuseum yaitu museum tentang perlengkapan pertukangan jaman dulu dan proses pembuatan tong-tong wine juga video kisah perjalanan hidup Rembrandt, pelukis ternama asal Belanda pada abad 17 yang melukis kincir angin ini.

Parkiran Mobil di Lokasi Winmolen van Sloten

Untuk bisa menikmati tur ini setiap orang dikenakan tiket masuk sebesar €8 per orang dan langsung dipandu oleh guide berbahasa Inggris yang ramah dan lucu. Menurut penjelasan tour guide-nya kincir angin ini masih berfungsi hingga sekarang.

Dibangun sejak tahun 1850 kincir angin ini berfungsi sebagai pompa drainase  beberapa "poldermil" - semacam kolam atau daerah yang lebih rendah dari permukaan air laut - agar tidak banjir. Seperti kita ketahui Belanda adalah negara kecil yang datarannya dibawah permukaan air laut, bandara Schippol saja berada 6 meter di bawah permukaan air laut, jadi bisa dibayangkan kincir angin sangat berperan dalam water management system-nya. 

Sebelum naik ke lantai dua dan tiga kincir angin ini, kita akan diajak melihat miniatur landscape kampung tersebut dahulunya. Tour guide menjelaskan dulu ada 3 buah kincir angin yang berfungsi memompa air dari poldermil kemudian dialirkan ke waduk menuju sungai dan akan berakhir di lautan.

Rumah Terapung Khas Belanda

Bapak tua bertubuh tambun itu menjelaskan cukup rinci tentang fungsi dan cara kerja kincir angin, mulai dari bagaimana angin menggerakkan baling-balingnya, berputarnya roda-roda penggerak dan pompa air yang mampu memompa air kurang lebih 16,000 liter per menit ..wooww kalau ada 1 kincir angin di Jakarta atau Surabaya .. mungkin banjir bisa surut kali ya .. mungkin loh ya! he he he

Ada turis asal Italy yang menanyakan mengapa masih menggunakan kincir angin model lama, padahal kan sekarang ada turbin motor berbahan bakar bensin atau listrik dan lebih modern. Jawaban singkat dari bapak pemandu tersebut bahwa kincir angin itu murah biaya karena angin gratis dan bertiup sangat kencang di Belanda!

Hmm well said meneer! Saya juga punya pikiran yang sama dengan bapak itu, Kota Bondowoso saya rasa juga cukup ideal untuk membuat listrik energi angin, kincir angin layak dibangun dikota ini, atau mungkin Probolinggo yang terkenal dengan anginnya yang bertiup kencang!

Miniatur Kincir Angin - Winmolen - Windmill

Anyway itu semua tergantung pada kebijakan dari pemerintahannya ya.. kita ini kan cuma masyarakat apalagi sekarang tidak tinggal di Indonesia, bukan mau menjelek-jelekkan negeri kita, tapi kalau ada ide bagus dan itu bermanfaat kan bisa diaplikasikan toh?!

Okey sekarang saya mau cerita tentang kode-kode rahasia kincir angin ya .. duh jadi gagal fokus deh he he he. Masih menurut penjelasan si bapak, kincir angin selain berfungsi sebagai "sumber energi" juga berfungsi sebagai "social - culture guardians" ya semacam pak RT kalau di Indonesia.

Kincir Angin bisa berfungsi sebagai source of happiness, condolence, warning sekaligus punishment. Konon jaman dulu kalau ada orang jahat, pencuri, perampok pokoknya tukang rusuh maka mereka akan ditangkap dan diikat pada baling-baling kincir angin kemudian diputar sampai beberapa kali putaran.

Tindakan ini sangat memberikan efek jera bagi pelakunya dan ancaman bagi siapa saja yang berbuat onar, menurut si bapak gara-gara hukuman ini Belanda aman dan tentram dari para bromocorah .. ha ha ha ya iyaalaaah .. pusing pala barbie diputar-putar kincir angin.

Ruang Nikah yang cukup untuk 20 orang

Beda jika ada kabar bahagia seperti pernikahan, maka kincir angin ini berfungsi sebagai lambang pintu gerbang penyambutan kedua mempelai pada kehidupan rumah tangga. Winmolen Van Sloten juga bisa loh disewa untuk acara pernikahan dengan undangan terbatas tapinya, untuk informasi lebih lanjut sila cek websitenya ya.

Jika ada pernikahan maka baling-baling kincir angin akan digeser posisinya disebelah kanan tepat diatas pintu masuk, kurang lebih 45 derajat kemiringannya, posisi ini diseting hingga mempelai perempuan masuk menuju ruangan dan setelah upacara ijab qobul atau "ucapan yes" dari perempuan maka baling-balingnya akan diputar menandakan kabar bahagia!

Lalu jika ada salah satu warga kampung ada yang meninggal maka baling-balingnya akan digeser posisinya ke sebelah kiri setelah pintu masuk, kemiringannya kurang lebih 135 derajat dan kepala kincir angin akan dihadapkan pada lokasi rumah penduduk yang meninggal menandakan penghormatan terakhir bagi yang meninggal.

Tangga Menuju Lantai 2 dan 3

Dan jika ada bahaya seperti badai, banjir atau angin topan maka bel yang dikaitkan pada kincir angin bagian dalam akan berbunyi secara otomatis menandakan warga sekitar harus segera keluar rumah atau berlindung di tempat yang aman.

Hmm seru kan turnya ... saya juga diajak naik ke lantai 2 dan 3 dari kincir angin menggunakan tangga yang sempit tapi cukup kuat menopang badan yang sudah sedikit tambun he he he.

Biasanya lantai dua digunakan sebagai ruang tamu bercengkrama keluarga yang tinggal di kincir angin ini, ada juga ruangan kecil yang berfungsi sebagai dapur sedangkan lantai tiga biasanya dipakai untuk tempat tidur tapi sekarang semuanya sudah dialih fungsikan sebagai museum.

Penjelasan mengenai Kode Kincir Angin

Ada banyak benda-benda peninggalan pemilik kincir angin ini seperti gerinda kuno, setrika besi, alat untuk menghaluskan kayu (pasrah kayu-bahasa jawa), hingga sepatu ski kayu dan klompen khas Belanda yang bisa anda gunakan untuk berfoto.

Museum ini buka setiap hari kecuali pada tanggal-tanggal tertentu seperti Natal 25-26 Desember, Kingsday bulan April, dan 1 Januari. Untuk tur bergrup bisa booking lebih awal. Selain tur kincir angin anda juga bisa ikut tur wisata desa dan petani keju, dan menurut si bapak bulan Februari nanti museum pembuatan bir juga sudah mulai difungsikan!

Peralatan Pertukangan Jaman Dulu

Nah .. siapkan daftar kunjungan anda untuk museum ini ya, dan jangan lupa tuliskan kesan pesan anda pada buku tamu dengan bahasa Indonesia (bahasa asal pengunjung) karena itu akan membantu pengelola kincir angin untuk mendapatkan dana bantuan perawatan dari pemerintah Belanda, sebab selama ini mereka merawat dan melestarikan bangunan ini secara pribadi.

Sampai ketemu di tahun 2018!

Foto di Balkon Kincir Angin ... pas kedipp duhhh



16 comments:

  1. Selamat tahun baru 2018 mba. Wah ternyata ada beneran ya orang diikat dikincir angin terus diputar2. Kukira hanya ada di film kartun wkwk...Aku kalau ke Belanda pilih pas musim semi atau panas saja kali mba..Nggak kuat dinginnya hihii...Informasinya sangat menarik. Terima kasih sharingnya ya. Salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak :) asyikk senang ada feedback dari pembaca. Siaap mbak semoga saya jg rajin ya nulisnya hehe

      Delete
  2. Wah, kotanya bersih, ya ^^

    Eh, saya baru tahu kalau di dalam kincir angin bisa buat tempat tinggal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak saya jg baru tahu kalo kincir angin jg bisa jadi rumah

      Delete
  3. aakk so sweet pgn banget bisa ke Belanda. baru tahu bahwa kincir angin bisa buat nikahan, org meninggal dll y

    ReplyDelete
  4. Hahahahah, bagus juga tuh caranya, kalo ada yg berbuat jahat, diputerin di baling2 gitu :p. Kalo bisa jam jam an sampe mabok. Kapok bener pasti hihihi...

    Jd pgn banget ke belanda mba. Masih blm busa juga ini.. Pdhl berharap 2018 ato 2019 mungkin bisa.. Ternyata ttp aja ada planning lain yg keburu fix duluan.. Kalo aku ksana, kita ketemuaan yaaak :D

    ReplyDelete
  5. "Belanda adalah Negara Kincir Angin"
    sudah saya tahu dan ingat sejak SD. Tapi untuk pengetahuan lebih detail mengenai kode2 khusus seperti itu baru tahu sekarang. Wah multifungsi banget ya xD

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau banget kalau ternyata kincir anginnya bisa digeser2 gitu. Aku kira kalau sudah dipasang yaudah gabisa dipindah2 hahaha


    Btw, aku semakin mupeng pengen ke Belanda! Duh impian :)

    ReplyDelete
  7. Tiap lihat kincir angin, yang kuingat majalah Bobo lawas dan majalah Nina. Hehehe, oot mbak, nice info.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum mbak...aku boleh minta emailnya gak mbak? Aku pengen banget tanya tanya...thankyou mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Zara,
      Boleh bisa kontak saya di erickaregy@gmail.com

      Delete
  9. Halo mbak...aku bolehkah minta emailnya? Pengen nanya beberapa...dankje mbaak

    ReplyDelete
  10. Wah ternyata ada artinya masing-masing ya mbak, terimakasih pengetahuan barunya hehe :))

    ReplyDelete
  11. Salut sama perencanaan tata kota disana seperti dapat membangun bandara Schippol yang notabene berada 6 meter dibawah permukaan laut bisa bebas dari banjir. Kapan saya bisa mengunjungi kesana ya tertarik sama kincir angin Van Sloten yang syarat akan makna

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)