Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Friday, February 9, 2018

Megahnya Perpustakaan Umum di Almere Belanda


Hai teman-teman adakah yang punya hobi membaca dan berkunjung ke perpustakaan? Kapan terakhir kali anda mengunjungi perpustakaan hayoo?

He he he .. saya juga waktu di kampung terakhir ke perpustakaan itu mungkin pas masih sekolah or kuliah ya, lebih seringnya sih ke toko buku juga belanja buku on-line. Sekarang saya tinggal di Belanda dan sangat gembira melihat perpustakaannya begitu megah bak Tunjungan Plaza Surabaya hi hi hi.

Bangunan Bibliotheek dari Luar Gedung

Perpustakaan umum ini bisa anda jumpai disetiap kota di Belanda bahkan dalam satu kota seperti Amsterdam ada beberapa perpustakaan umum di setiap wilayah kecilnya. Perpustakaan umum disebut bibliotheek, kita bisa berkunjung setiap hari gratis loh!


Kita juga bisa menjadi member bibliotheek dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan sesuai jenis keanggotaan. Anda bisa memilih keanggotaan sesuai dengan kebutuhan anda, misal ingin meminjam buku baik yang berbentuk fisik maupun e-book, memperoleh fasilitas akses komputer dan internet perpustakaan, hingga berbagai kursus dan program belajar yang mereka sediakan, untuk harga memberny bervariasi dan berlaku  selama 1 tahun penuh.


Di Kota Almere dimana saya tinggal, perpustakannya disebut De Nieuwe Bibliotheek artinya Perpustakaan Baru karena baru diresmikan per tanggal 27 Maret 2010 lalu dan memiliki empat cabang di Kota Almere meliputi Almere Haven, Almere Buiten, Almere Stad dan Almere Poort (semacam kecamatan di Kota Almere).

Pertama kali berkunjung ke perpustakaan ini diantar suami pas dia cuti kerja, duhhh rasanya saya senaaaaaaang nggak ketulungan, seperti nemu oase di padang pasir! ahh lebay deh ha ha ha ha

Satu Lantai aja luas dan panjangnya cobaa ...!

Nah tapi siapa yang nggak happy bangetttt ketika nemu perpustakaan model begini, ada empat lantai!! suasanannya sudah kaya mall di Surabaya, ada escalator, lift, cafetaria juga kids zone lengkap dengan taman dan outdoor space kalau pas lagi musim panas pingin baca diluar ruangan.


Koleksinya ada 311.000 buku fisik, dvd, audiobook, cd, e-book dan sebagainya. Disini juga tersedia 79 komputer lengkap dengan internet yang bisa diakses tapi tidak semuanya gratis ya. Selain itu perpustakaan Kota Almere disebut juga "perpustakaan plus" karena mereka mengkhususkan diri sebagai perpustakaan yang menyediakan banyak info tentang tata kota baru  dan water-management.


Jadi kalau anda pingin belajar tentang mengelola air sepertinya perpustakaan ini bisa jadi rujukan he he he terutama untuk mengatasi banjir yang nggak surut-surut di Jakarta meski gubernurnya sudah gonta ganti beberapa kali ... eh!

Well lanjut ke bibliotheek Almere ya, saya sempat tercengang dan terperangah deh pas masuk bangunan ini. Dari luar desain bangunannya sudah sangat mewah dan unik, memang Belanda dikenal jago kalo sudah urusan desain, banyak bangunan baru yang unik dan menarik bentuknya, katanya sih kalau berkunjung ke Utrecht disana lebih banyak lagi bangunan modern dengan berbagai bentuk yang aneh-aneh!


Desain bangunan De Neuwe Bibliotheek yang menurut saya tidak lazim sudah sangat membuat saya terkesima lalu memasuki lobby perpus, duhh seperti mau check in di Hotel bintang 5 semua tertata rapi dan bersih serta luas.

Ada 4 lantai yang bisa anda explore baik melalui escalator maupun lift. Di setiap lantai menawarkan koleksi buku yang beraneka ragam, tapi memang hampir semuanya berbahasa Belanda! 

Stadhuis alias Kantor Pemda .. aka Gemente

Naaah .. conquering the world by mastering the languages! itulah salah satu fungsi kenapa kita harus belajar bahasa dan budaya dari berbagai tempat, agar kita bisa menguasai dunia .. ehh ha ha ha haa 

Maksudnya untuk lebih banyak ilmu ada baiknya kita belajar lebih dari satu bahasa, karena melalui bahasa kita akan menemui lebih banyak lagi ilmu-ilmu dan budaya dari berbagai belahan dunia. Bukankah Tuhan menciptakan ribuan suku, ras, dan bahasa agar kita saling mengenal ?


Lah maksudnya saling mengenal itu apa coba? ... masak cuma nanya nomor hp doang hihihii.. "mengenal" kan bisa berarti mengerti, mempelajari, mendalami ilmu, serta menghargai kebudayaan orang lain yang sumber sebenarnya juga berasal dari Tuhan agar kita lebih "melek otak" dan nggak gampang ngamuk kalau melihat perbedaan.. truss mencari ilmu itu kan juga perintah Tuhan? 

Waduuh jadi berasa mama dedeh..! Balik lagi tentang perpustakaan Almere, tempat ini sangat friendly untuk segala umur, baik tua,muda, anak-anak juga untuk para disable, bisa berkunjung ke tempat ini kapan saja asal perpusnya buka.


Bahkan menurut suami, anak-anak sekolah juga bisa belajar mandiri di tempat ini seperti tempat untuk homeschooling. Disini juga ada loh languages club untuk anda yang ingin belajar Bahasa Belanda, tapi sayangnya grup-nya untuk yang minimal sudah sedikit lancar..

Sejarah Bibliotheek Kota Almere

Berdasar info yang saya baca dari website De Neuwe Bibliotheek Almere dulu pertama kali sebelum ada bangunan ini, perpustakaan Kota Almere hanyalah sebuah rumah pribadi yang menyediakan buku-buku untuk dibaca pada tahun 1980.

Taman didalam Bibliotheek

Kemudian pada era 1987-2010 menjadi perpustakaan umum yang melayani penduduk setempat pada sebuah gedung yang disebut Voetnoot yang terletak disebelah Stadhuisplein (semacam kantor Pemda) setempat. 

Sejak 2010 Kota Almere memiliki perpustakaan baru yang didesain oleh seorang Arsitek Belanda bernama Meyer en Van Schooten yang merupakan salah satu arsitek kondang di Amsterdam bahkan se Uni Eropa!

View dari Lantai 4

Berkat jasa pak Meyer ini, perpustakaan Kota Almere memenangi beberapa penghargaan diantaranya :

1. November 2010 mendapatkan penghargaan dari Juri profesional Architectuureprijs Almere (Architecture Award Almere) atas desain bangunannya.

2. November 2010 memenangkan The Lensvelt de Architect Interior Award (LAi 2010) atas desain interior yang dirancang untuk perpustakaan ini.

3. Dan masih ditahun yang sama tepatnya bulan Desember 2010 perpustakaan ini dipilih oleh Bibliotheekblad (majalah perpustakaan) menjadi The Best Library in The Netherlands!

Wowww superrrr badaassss! Kabar baiknya lagi perpustakaan ini disediakan untuk melayani kurang lebih 195000 penduduk Kota Almere, tahu nggak jumlah penduduk kota Almere berdasar sensus tahun 2015 itu sebanyak 196,932 orang .. sekarang ketambahan 1 orang dari Bondowoso ha ha ha ha!


Beritanya lagi hampir 32% penduduk kota ini punya keanggotaan di Perpustakaan Almere, artinya minat baca penduduk Kota ini sangat tinggi! Hmmm gembira sekali ya membaca data ini! Semoga minat baca orang-orang Indonesia juga meningkat ya.

Jenis Koleksi Buku 

Berdasar hasil pandangan mata saya, ada ribuan buku yang menurut saya sangat-sangat menarik untuk dibaca. Ada buku-buku tentang komputer, sejarah Belanda, novel dari berbagai penulis Belanda, buku tentang hobby memasak, memancing, berkebun, olahraga, hingga travelling.

Kids Corner

Mereka juga punya loh buku-buku tentang agama, ilmu metafisik, kesehatan alternatif dan juga buku-buku dari beberapa Negara seperti Jepang, Cina, Italy, Prancis, Arab, dan Turkey. Sayangnya saya belum bertemu buku-buku tentang Indonesia, kabarnya harus ke Leiden untuk bisa tahu banyak buku tentang sejarah Indonesia.

Buku Bacaan Anak

Di perpustakaan ini anda juga bisa loh belajar tentang kesehatan ibu dan anak, selain itu bisa mengajak si kecil untuk main-main kesini. Ada kids corner yang sengaja disediakan perpustakaan untuk anak-anak agar senang membaca, istilahnya tempat ini juga cocok untuk jadi tempat playdate si kecil!


Hmmm... semenjak kunjungan pertama saya ke tempat ini, masih belum punya waktu lagi untuk main-main kesini ha ha ha.. selain saya sekarang kerja full time, jadi waktunya semakin terbatas, apalagi harus nulis blog ..duhhh berasa emak-emak bangett yaa, ini belum ada anak.. haduhh


Jadi maafkan ya teman-teman kalau saya belum sempat berkunjung balik ke blog anda. Okey sampai disini dulu ceritanya, sudah ditunggu dapur untuk menyiapkan makan malam .. pak suami sudah otw pulang he he he..

5 comments:

  1. Belanda memang ahlinya dalam mengelola air ya. Karena struktur tanahnya mirip kayak Jakarta gak sih?

    Terima kasih sudah sharing, Kak :)

    ReplyDelete
  2. Ya Allah bagus sekali perpustakaannya, mbaa. Semoga aku dan anakku bisa ke main ke perpus ini ya mba. tapi aku jadi ingat kalau di UI juga perpusnya megah banget, mba. Alhamdulillah ya mba bisa datang ke perpus keren ini :)

    ReplyDelete
  3. Ada 2 tempat yg paling aku favoritin di dunia.. Perpustakaan, dan toko buku :). Seandainya aku ditinggalin di salah satu tempat itu, sementara suami pergi belanja ato ngapain kek, mau selama apapun perginya, aku ga bakal protes :D. Cm di tempat begitu aku bisa duduk anteng berjam jam hanya utk membaca

    Zaman sekolah dulu, kalo temen ato pacar ga nemuin aku dimana2, mereka udh tahu, aku pasti di perpustakaan :p

    ReplyDelete
  4. Hai mba... salam kenal ya.. masya Allah, terperangah liat perpusnya..udah kaya outlet make up, keren rapi terang yaa... klo aku bisa kesana bakalan ga berenti motret deh pasti hihi

    ReplyDelete
  5. Dududu... coba di Indonesia ada perpustakaan begini yaa... tapi maunya sih jangan di kota2 besar saja. Di kota2 kecilpun ada hihi... duh warga banyak maunya ini😁

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)