Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Wednesday, February 7, 2018

Sup Dumpling, Obat Ampuh Pereda Flu


Hallo teman-teman cuaca disini sedang dingin sekali mencapai minus 5 derajat Celcius meski tidak turun salju tapi freezing! Banyak orang terserang flu berat saking dinginnya selain itu ada wabah flu Aussie yang sedang menyerang Inggris.

Tadi siang saya coba keluar rumah pas mau ke supermarket, rumput-rumput dan permukaan sungai berlapis es membeku, burung-burung dan bebek liar yang biasanya bermain air hari ini sibuk berseluncur seperti main ice skating hi hi hi.

Walaupun masih ada matahari muncul tapi tetap udaranya bikin ngilu tulang apalagi saya sedang terserang flu parah sejak 3 hari yang lalu, rasanya semakin ngilu dikepala udara dingin yang menusuk-nusuk.

Yang terlintas dibenak adalah abang bakso atau bakwan malang lewat depan rumah ha ha ha, sayangnya disini nggak ada yang jual bakso gerobak harus ke Den Haag untuk bisa makan bakso atau mie ayam, kalau nggak .. ya masak sendiri.

Nah .. setelah sekian lama absen nulis nih .. sebab saya sudah mulai kerja full time disini, jadi waktu untuk menulis semakin berkurang .. (alesan he he he) hari ini saya mau nulis selain melatih otak juga menggerakkan jari jemari biar nggak kaku.


Kali ini saya mau share tulisan tentang masakan aja dulu ya sebagai pemanasan, karena sedang flu parah dan gak dikasih obat khusus dari dokter selain suruh istirahat dan makan sehat, jadilah saya masak sup setiap hari.

Kemarin saya masak sup ikan mackarel, hari ini saya masak sup dumpling. Biasanya dumpling (pangsit basah/semacam siomay) dikonsumsi oleh masyarakat Thionghwa dalam menu steamboat, maupun sup gingseng, bisa juga digoreng dan dicocol saos asam manis.


Lagi-lagi karena sedang terserang flu, radang tenggorokan, pilek dan batuk saya hanya ingin makan yang hangat dan tidak terlalu pedas maupun too strong nor tasty food! Syukur Alhamdulillah pihak kantor memberi saya cuti sakit seminggu, karena setelah 3 hari saya belum juga baikan. 

Nah .. nggak usah lama-lama ya cerita sakitnya, kita lanjut masak sup dumpling aja. Jadi bahan-bahannya itu adalah :

A. Bahan Isian Sup

- Frozen Dumpling isi Mackarel
- Frozen Fish Roll 
- Mini Pok Choy


B. Bumbu Sup

- 1/2 Bawang Bombay 
- 4 siung Bawang Putih
- 1 ruas Jahe (sesuai selera)
- 1 Sdm Kecap Ikan (Fish Sauce)
- 1/4 sdt Lada hitam/putih
- 1 buah bawang pre ukuran sedang
- Minyak Zaitun secukupnya
- Garam secukupnya


Cara memasak
  1. Panaskan air kurang lebih 500 ml, boleh lebih
  2. Potong-potong semua bumbu pelengkap, cincang kasar
  3. Masukkan minyak zaitun kedalam air yang sudah mulai mendidih beserta garam,
  4. Kemudian masukkan bumbu-bumbu yang sudah dicincang
  5. Masukkan Frozen Dumpling & Fish Roll setelah bawang terlihat layu
  6. Masukkan Sayur Pok Choy terakhir agar tidak terlalu layu
  7. Tambahkan Kecap Ikan, Lada, dan koreksi rasa
  8. Siap disajikan selagi hangat
Rasa Jahenya membuat badan segar dan di tenggorokan nyaman, tapi ingat ya ketika anda terserang batuk jangan terlalu banyak mengkonsumsi jahe, karena suaranya bisa hilang he he he.


Ketika batuk kunyahlah kencur dan garam, atau kalau tidak suka diparut dan disiram air panas kemudian saring dan minum airnya.

Selamat mencoba! Semoga sehat selalu ya dimanapun anda berada

14 comments:

  1. Nyam nyam, seger banget tuh sopnya. Mbak, saya suka bikin sup pakai jahe, tapi kadang rasa jahenya mendominasi. Kebanyakan jahe keknya yaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak jahenya dikit aja, apalagi kalau ditambah kapulaga duhh jadi lebih enaak hehehe

      Delete
  2. wah makasih resepnya bakal aku coba

    ReplyDelete
  3. Enak nih mba, pas banget di Jakarta juga lagi hujan terus.

    ReplyDelete
  4. Hai mbak. Iyaaaa dingin dingin begini enak makan yang anget anget.. kapan itu aku juga makan wonton soep dengan bami... Lekker lekker. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii mbak hehehe iyaa lekkerrr! hihihi

      Delete
    2. Mbak. Aku gak bisa reply langsung dari blogku jadi aku reply kesini ya. Boleh kapan2 kopi darat, nunggu kalau mataharinya keluar dan awet di luar ya hehehe tapi gak boleh ngarep tukang bakwan kawi malang lewat..nanti sakit hati :D

      Delete
  5. Terima kasih gan, keren ni blog nya gan, bermanfaat banget, kunjungin juga ya gan punya saya di :
    - Forum
    - Movie
    - Movie
    - Cerita

    ReplyDelete
  6. Lgs kepikiran pgn nyabu nyabu liat iniiii :D. Kalo dingin begitu memang mantap pesen yg kuah2 hangat ya mba. Aku kalo lg traveling pas winter, pasti juga nyarinya makanan panas berkuah. Tp drdulu ntah kenapa aku ga doyan jahe. Makanya kalo udh masak, biasanya jahe aku skip :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha jangan banyak2 mbak naruh jahenya

      Delete
  7. Mau supnya saaay....hari ini snowy banget dimare...mana aku harus masuk jaga sore hari ini. Makan yang anget-anget is absolute fantastik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallu mbak edaa ..ehh mbak Dewi xixixi.. duh semoga kita bisa ketemuan yak xixixi, aku masih belum liat tumpukan salju hahaha

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)