Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Wednesday, May 9, 2018

Bebek Sinjay Bangkalan Madura

Bebek Sinjay Bangkalan

Menulis menunggu mood adalah slogan saya meski sebenarnya tidak dibenarkan dalam dunia penulisan, tapi apalah daya ketika otak mati ide he he he

Nah mumpung masih semangat nulis dan beberapa minggu lalu saya bertemu Bapak pemilik warung Saotohuis Pangestu 2 di Nieuw Sloten yang asli Jawa Suriname, ngajak ngobrol ngalur ngidul dengan bahasa jawa ngoko tentang kuliner Surabaya hingga sampailah pada menu Bebek Sinjay yang fenomenal!

Mampir Main ke : Mercu Suar Sembilangan Madura

Well .. siapa sih yang nggak sepakat kalau Surabaya itu surganya kuliner (bagi yang sepakat sih he he he) dengan rasa masakan yang cukup nendang di lidah! Percampuran rasa manis asin menjadi rasa sedhek kata orang Madura menjadikan makanan Jawa Timur juara di lidah saya.

Kalau ngobrol kuliner Surabaya .. duhh rasanya pingin cepat-cepat mudik ke Indonesia .. ngelus dhodo .. sabar yo nduk, riyoyo sik suwi ha ha ha! Salah satu menu yang sempat nge-hits se Endonesyah Rayah adalah Bebek Sinjay asli Bangkalan Madura!

Sila Baca tempat wisata menarik di Madura : Tour de Madura

Dulu teman-teman travelling saya sampai bela-belain datang ke Surabaya trus nyebrang ke Madura cuma untuk ngincipin si bebek genit ini! Apa sih yang bikin Bebek Sinjay meledak dijagad perkulineran?

Sejarah Bisnis Bebek Sinjay

Berita dari mulut ke mulut .. jadi jangan percaya ya sejarah yang saya tulis bisa jadi benar bisa jadi cuma gossip cap rempeyek teri hi hi hi. 

Head Office Bebeb Sinjay Bangkalan :P

Bebek sinjay awalnya adalah usaha kaki lima di Bangkalan tanpa nama/brand, kemudian pemiliknya sering telpon ke salah satu acara siaran Radio di Madura dengan menggunakan nama samaran Sinjay untuk request lagu atau kirim-kirim salam sambil goreng bebek yang serong kekiri dan serong kekanan tra la la la laaaa :D

Nah sejak itu usaha bebeknya dikenal dengan nama Bebek Sinjay, kalau anda pernah berkunjung ke warungnya baik yang di Head Office Bangkalan atau Branch Office (hahaha belagu pake Enggress) di Kaza Plaza - Kapas Krampung Surabaya maupun Jemursari Surabaya pasti langsung paham deh Sinjay itu dari mana asalnya!

Dari font yang dipilih dan kata Sinjay yang mirip artis Bollywood Sanjay Dhut orang pasti langsung bisa menebak kalau yang punya pasti penggemar berat Sharukh Khan dan Kajol juga Kumar Singh he he he.

Kuliner Khas Madura di Surabaya : Nasi Serpang Madura

Awalnya Bebek Sinjay tidak buka cabang, outlet nya hanya ada di Bangkalan Madura yang bisa diakses dengan cepat via Jembatan Suramadu kurang lebih 15 menitan apalagi supirnya Mas Rossi atau McLaren .. 

Apa Istimewanya Bebek Sinjay?

Pertama kali saya mengenal menu bebek goreng ini ketika saya kerja di Kota Gresik ribuan tahun lalu ha ha ha, setiap ada teman ulang tahun selalu menu traktirannya Bebek Goreng yang terbilang menu sitimewa untuk anak kos-kosan yang nguli di pabrik udang.

Di sekitaran Jalur Utara Jawa Timur akan sangat sering anda jumpai penjual nasi penyetan yang sering dikenal dengan istilah Sego Sambel dengan lauk bermacam-macam, ada nila goreng, lele goreng, ayam goreng, dan pastinya bebek goreng plus cumi item .. hmmm nyum nyum!

Rempelo Ati Bebek ..

Lalu menetap di Kota Pahlawan kurang lebih 10 abad hihihi .. terdengarlah rumour tentang keahlian orang-orang Madura dalam mengolah bebek goreng. Bagi anda yang tidak terbiasa makan bebek goreng atau masak bebek goreng pasti paham dengan bau anyir amis daging bebek, coba deh lewat tikungan pasar Keputran Surabaya dari arah Gubeng Kertajaya .. hmmm lebusshhh!

Tapi entah kenapa kalau yang jual orang Madura, rasa bebek gorengnya itu nikmat binti lezat krenyes krenyes dan keset dagingnya seperti ramuan madura bahahahaha ... 

Baca juga tentang : Apa itu Tongkat Madura?!

Menurut kabar berita yang saya dengar, orang Madura punya ilmu khusus bagaimana mengolah bebek biar nggak amis, katanya kalau menyembelih bebek darahnya gak boleh sampai menyentuh tanah entah ini beneran atau betul hihihi.

Di Surabaya ada banyak menu bebek goreng yang bisa anda kunjungi dan rata-rata yang jual Tretan Dhibik Lek! Spot yang antriannya sepanjang jalan Anyer Panarukan itu adalah di bebek Cak Yudi Tanjung Perak, Bebek BCA depan Tugu Pahlawan, Bebek Bang Arif Manukan, trus ada lagi penjual bebek goreng di seputaran Ampel Surabaya.

Nah bedanya dengan Bebek Sinjay itu .. beras atau nasinya beda dengan yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Pemilik bebek sinjay menggunakan beras khusus dari tanah Madura yang dibeli dari petani sekitar rumahnya, nasinya gurih dan sedap!


Selain rasa nasi yang sedap, pemilik warung Sinjay juga ingin melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat disekitarnya, biar ga cuma dia aja yang makmur tapi sejahtera bersama!

Trus daging bebeknya itu empuk gurih banget sampai tulangnya juga bisa di-kremus ditambah sambel koreknya yang aduhaaiii ... cuma kalau yang di Surabaya sambalnya kok nggak sepedhes yang di Bangkalan ya.

Yuk Baca juga : Berburu Ramuan Madura

Oh ya .. kalau anda suka makan jeroan, jangan lupa minta tambah satu porsi jeroan .. duhhh membayangkan saja rasanya sudah ngecessss air liur ini, kremesan dan bumbu minyaknya juga bikin klop pas masuk dimulut.

Sudah ya jangan lanjut lagi cerita bebeb gak kuat iman untuk meneruskan ceritanya jadi ngiler bebek goreng saya ha ha ha.. disini banyak bebeb liar tapi ga boleh diburu, jadi makan bebek goreng itu istimewa sekali di Belanda xixixi..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)