Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Thursday, May 3, 2018

Kapsalon : Menu unik khas Belanda - Turki

Menu Kapsalon dari Kedai Turki Almere

Goie dag allemaal! 
Selamat siang pengunjung ngampung dolan tersayang dimanapun anda berada, setelah secangkir kopi blue ijen Bondowoso pagi ini membuat semangat menulis kembali menggila .. eh!

Apa kabar anda semua? kali ini saya pingin berbagi cerita tentang menu unik hasil asimilasi budaya Belanda - Turki, namanya Kapsalon

Kalau anda yang hobby ke salon pasti sering denger istilah kapster pasti juga familiar dengan istilah kapsalon. Ya memang kapster dan kapsalon itu berasal dari bahasa Belanda, istilah untuk orang-orang yang bekerja di salon khususnya bidang hairdresser alias tukang cukur he he he..

Lah terus kok bisa jadi nama makanan di Belanda?!

Apa itu Kapsalon?

Pertama kali saya berkunjung ke Belanda, suami sering ajak saya sarapan di toko roti orang Turki, karena selain halal mereka juga menjual roti fresh from the oven! Ada banyak pilihan menu yang ditawarkan salah satunya kapsalon.

Si Meneer Gomes dan Pemilik El Aviva, sumber gambar : metroniuews.nl

Kabarnya menu ini adalah hasil racikan orang Belanda bernama Nathaniel Gomes, seorang hairdresser yang tinggal di Rotterdam. Dia punya usaha cukur rambut atau istilah jaman now-nya Barber Shop yang bersebelahan dengan kedai roti & shoarma orang Turki yang bernama El Aviva

Si Meneer Gomes ini pas lapar main-main ke warung orang Turki itu, dia meracik sendiri menu yang dia suka dalam satu wadah aluminium foil yang isinya ada kentang goreng dalam bahasa Belandanya disebut patat, trus ada fillet ayam dan shoarma (kambing), sayuran segar salad, ditutup keju lembaran atau keju parut kemudian di oven, setelah itu disajikan hangat-hangat dengan garlic sauce dan mexican chilli sauce hmmmm heel Lekker

Kapsalon Porsi Besar Zonder Kaas (tanpa keju)

Nah sejak itu  (2003) menu ini dikenal dengan istilah Kapsalon karena yang meracik punya usaha barbershop, memang nggak nyambung ya tapi namanya punya daya jual hingga ke manca negara!

Kapsalon sebenarnya bukan menu untuk sarapan karena isinya "terlalu berat" bagi orang-orang di Belanda yang terbiasa sarapan roti dan keju atau bahkan cuma sepotong onbijtkoek sejenis kue bolu aroma kayu manis. 

Nah saya yang terbiasa sarapan nasi pecel bu Supan kadang juga semangkok soto di warung Maysoto apalagi lalapan bu Benjhir trus suruh makan roti tawar sama keju .. yaah cuma nyempil di perut! duh jadi lapar nulis ini hi hi hi 

Mix Kapsalon Met Kaas (Mixed Chicken - Shoarma Kapsalon with Gouda Cheese)

Ehh tapi jangan salah ya setangkup roti dan keju disini sebenarnya sudah cukup mengenyangkan hanya saja dilidah rasanya beda lah sama sarapan ala Indonesia.

Sekarang menu kapsalon sudah dikenal seantero Belanda bahkan kabarnya sudah mendunia dan diduplikasi oleh orang-orang diluar Belanda loh! anda bisa pesan kapsalon di toko roti Turki / Arab dan InsyaAllah halal ya he he he

Dimana Kapsalon Paling Enak?

Kalau ditanya kapsalon paling enak tentu jawabannya beragam tergantung lidah masing-masing, tapi ini pilihan versi saya atas rekomendasi suami yang jago makan he he he!

Porsi Kecil

Lidah suami saya sangat suka makanan dengan bumbu tajam alias strong taste ala India, Indonesia, Timur Tengah dan Asia. Kalau anda punya selera makan yang sama seperti kami maka rujukan tempat kapsalon ini layak dicoba!

Lokasinya sih memang agak nyempil di Barat Amsterdam, tepatnya di daerah Osdorp West Amsterdam, namanya Zanzi Grillroom. Kalau dari stasiun Amsterdam Centraal bisa naik tram nomor 17 berhenti sampai pangkalan akhir kemudian jalan kaki saja ke warung ini. Lokasinya sudah saya buat tautan di tulisan ini.

Jam buka mulai jam 3 sore sampai tengah malam ya! Tapi kalau anda kesana sendirian apalagi perempuan hati-hati sebab lokasinya itu bersebelahan dengan cafe ganja dan tentunya banyak drugs dealler di sekitar situ but really worth it to go man!

Meleleeeeh dehh!

Jangan dikira karena warungnya kecil bin nyempil trus sepi pengunjung .. duhh antreee lama loh kalo pas peak hour bahkan pas saya kesana beberapa minggu lalu, sudah ada yang nongkrong meski warungnya belum buka!

Oh ya .. siapkan uang cash juga ya karena mereka tidak terima pembayaran pakai kartu debit atau kartu kredit. Anda bisa pilih kleine atau groot maksudnya porsi kecil apa porsi besar. 

Harga untuk kleine kapsalon (kecil) kurang lebih 3,5Euro sedangkan yang besar 6,5Euro. Saya pesan porsi kecil saja nggak habis he he he maklum porsi Indonesia! Well selamat berburu kuliner ya kalau anda sedang main-main ke Belanda!


6 comments:

  1. Wow,menarik !
    Aku baru tau menu blasteran Belanda - Turki bernama Kapsalon ini ..

    Sepertinya sangat enak dan mengenyangkan ya.
    Campurannnya daging ayam dan kambing.
    Hmm, pengin nyobain ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya himawan lekker kata orang belanda hahaha alias haujek enak gila xixixi

      Delete
  2. wah saya yang tinggal di turki baru tahu malah:D disini ga ada.slm kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ini menu khas di Belanda sepertinya, trus menyebar ke beberapa bagian di Eropa sampai ke Maroko .. kabarnya sih begitu 😁 salam kenal juga ya dari Belanda

      Delete
  3. Aiiih Kenapa ya makanan dari eropa kesonoan Terutama turki enak dan menarik (nyobain kapsalon aja belum ya πŸ˜‚ paling kebab) πŸ˜‚πŸ˜‚ terus mba rwview wiskul n travellnya aku jd pembaca setianya πŸ˜‚πŸ˜‚ akibat blognya ga nice travel πŸ˜‚πŸ˜‚ bukannya ga nice Tapi ga bisa πŸ˜‚

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)