Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Tuesday, May 1, 2018

Keliling Belanda Naik Kereta

Stasiun Bijlmer Amsterdam Arena

Liburan keliling Eropa sudah menjadi trend sejak beberapa tahun belakangan khususnya bagi traveller muda yang lebih sering disebut backpacker-an.

Meski liburan ala backpacker yang katanya minim budget, berlibur ke Eropa tetaplah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain biaya tiket pesawat dan visa kita juga harus siap dengan biaya penginapan juga transportasi selama di Eropa.

Kalau soal makanan, asal nggak minta nasi pecel apalagi rujak cingur, kita masih bisa beli makanan layak seharga 5 Euro untuk seporsi ayam goreng komplit dengan kentang gorengnya, dan itu cukup untuk makan dua orang ya .. karena porsinya gede!

Ayam Panggang seharga 6,5 Euro per porsi

Nah yuk kita ngobrol tentang transportasi di Belanda dan sekitarnya! Jadi disini itu ada beberapa transportasi yang bisa kita pilih untuk keliling Belanda, ada tram, bus, metro (monorail) dan kereta. Selain itu ada uber, mobil sewaan atau taxi yang bisa kita ambil untuk keliling Belanda tapi mahal!

Kereta adalah transportasi yang menurut saya paling murah untuk keliling Belanda ke empat penjuru mata angin. Ada banyak kota yang bisa kita singgahi dengan kereta yang mulai beroperasi dari jam 5 pagi hingga 12 malam, bahkan ada kereta yang beroperasi dini hari khususnya ke Schiphol.

NS, Nederlandse Spoorwegen, adalah perusahaan "perkereta apian" disini yang memberikan jasa transportasi kereta hampir di seluruh jalur utama Belanda hingga ke kota-kota kecil sekalipun. 
Tram di Amsterdam

Ada dua jenis kereta yang tersedia yaitu sprinter dan intercity. Dua duanya adalah kereta cepat yang berjalan lebih dari 150 km/jam, bedanya kereta intercity hanya berhenti di stasiun utama, misal dari Amsterdam mau ke Rotterdam kalau naik kereta ini hanya 2x berhenti, sedangkan kereta sprinter akan berhenti lebih dari 5 hingga 10 stasiun kecil.

Kalau soal harga sama saja mau naik sprinter atau intercity yang membedakan hanya kelas kursi yang kita pilih. Kursi kelas satu warnanya merah sedangkan kelas dua kursinya berwarna biru. Saya pribadi lebih pilih kelas dua selain murah juga hemat he he he karena fasilitas yang ditawarkan juga sama kok, bedanya kalau kelas 1 tidak berbaur dengan banyak orang .. itu saja!

Sistem Pembayaran dan Tiket Kereta

Ketika anda liburan ke Belanda, siap-siaplah dengan uang elektronik! tidak perlu banyak membawa uang cash karena disini perputaran uang lebih banyak dengan kartu ATM atau kartu kredit, bahkan di pasar-pasar juga tersedia mesin EDC (Electronic Data Capture).


Untuk Kereta anda bisa membeli tiket satuan dari counter yang tersedia di stasiun utama atau membeli kartu kereta yang bisa diisi ulang. Kalau mau hemat lagi bertemanlah dengan orang-orang Indonesia atau orang Belanda yang punya kartu abonemen ha ha ha ..

Karena dengan punya kartu abonemen anda bisa memperoleh diskon tambahan sesuai abonemen yang dipilih. Kartu abonemen hanya bisa dibeli oleh orang yang tinggal di Belanda dan sudah punya ijin tinggal ya, tapi kalau punya kartu ini anda bisa memberikan bonus potongan ke teman anda hingga 50% untuk travelling bersama

Tips untuk memperoleh diskon tambahan adalah dengan cara membeli kartu kereta di supermarket seperti Albert Heijn, Hema, Kruidvat atau Etos. Pada musim semi atau musim panas banyak dijual kartu kereta murah. Dengan kartu ini anda bisa keliling Belanda seharian dengan satu harga dan waktu tertentu.

Metro & Train Route

Misalnya nih .. beberapa waktu lalu saya dapat promo tiket kereta sebesar 14Euro untuk naik kereta yang berlaku 1 hari penuh dari jam 9 pagi sampai jam 12 malam. Dengan kartu ini kita bisa naik kereta kemana saja di Belanda tingga check in dan check out di pintu masuknya.

Pembelian tiket kereta juga bisa dilakukan melalui mesin yang tersedia di stasiun, bisa menggunakan uang cash maupun debit card/credit card. Ada petunjuk cara pembeliannya yang ditulis dalam bahasa Belanda dan Inggris, tinggal ikuti prosedurnya dan dalam waktu kurang dari lima menit tiket sudah di tangan!

Mudah kan naik kereta api di Belanda?! yukk liburan musim panas disini!

5 comments:

  1. sistem transportasi di eropa sudah maju, jadi kemana2 enak naik kereta gini

    ReplyDelete
  2. di luar sih sarana transportasi umum sdh bagus ya, shg kita suka pakainya

    ReplyDelete
  3. Seneng kalo liat yg beginian, mampir ke travel blogger. Hehe
    Next Semoga ketularan juga bisa ke belanda.
    Btw, 6,5 euro itu berapa ya kalo di rupiahin? 😂

    ReplyDelete
  4. Di Eropa orang memang lebih senang naik transportasi umum ketimbang mobil...
    Sepeda juga favorit tapi sering dicuri hihihi

    ReplyDelete
  5. Pasti aku bkl jelajah eropa lagi ama suami. Trakhir ke eropa, ga banyak yg di eksplor, cm sempet 4 negara. Belanda aku blm prnh datangin. Inilah makanya aku lg nyusun detil budget kalo mau liburan lama ke eropa :D. Jd bisa tahu brp budget yg hrs dikumpulin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)