Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Thursday, May 24, 2018

Sup Udang Kayu Manis


Menikmati sup ketika musim hujan atau ketika sedang kurang nafsu makan karena sakit bisa menjadi alternatif menu untuk memperoleh asupan gizi.

Siang ini saya ingin berbagi resep "otak atik gathuk" ala saya bagaimana membuat sup udang dipadu dengan beberapa sayuran untuk memperoleh manfaat secara bersamaan. Duh tumben nih anak lulusan teknologi pangan ngomongnya bener he he he.

Well sejak menikah hobi memasak saya semakin menjadi-jadi, selain karena tuntutan istri (baah klise!) juga karena saya tinggal di Negeri orang yang tidak banyak menjual makanan Indonesia apalagi makanan khas kampung plus halal. Jadi mau gak mau ya harus masak sendiri.

Ternyata menjadi Ibu Rumah Tangga itu memang super power ya .. baru masalah dapur aja sudah membuat kita bingung mau masak apa hari ini atau besok, belum lagi kalau anggota keluarga kita rewel makannya hu hu hu .. kan susah kita ya mak untuk padu padan dengan sayuran yang sangat limited pilihannya.

Oyong / Gambas / Sponsekomkommer / Luffa

Nah .. karena suami saya itu doyan sekali dengan udang, trus pas ke toko Amazing Oriental lihat sayur oyong .. eh dapat ilham bikin sup oyong dikasih udang ala Chef Royco dengan sedikit modifikasi bumbu ala ngampung dolan!

Yuk simak langkah-langkah berikut :

Bahan bahan :

2 buah oyong ukuran panjang kurang lebih 30 cm
100 gram jamur oyster/tiram
5 butir tomat chery (bisa juga pakai tomat besar)
1 buah bawang bombay
5 buah bawang putih
1 buah bawang merah (ukuran besar)
1 batang kayu manis kurang lebih 10cm
1 ruas jahe, laos dan 3 lembar daun jeruk
1 buah bunga lawang (star anise)
lada, garam & gula secukupnya

Cara Memasak :

  1. Tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang kasar, daun jeruk, kayu manis, bunga lawang, jahe, laos, lada bubuk sampai harum dan layu
  2. Masukkan udang, saya pakai udang beku HLSO (Headless Shell On) penjelasannya di bawah ya, tumis hingga warnanya agak kemerahan. Tips jangan terlalu lama memasak udang karena akan menyusut ukurannya.
  3. Masukkan jamur lalu disusul oyong biarkan layu sebentar tanpa ditambah air, aduk aduk agar tidak gosong ya, sebaiknya gunakan api kecil
  4. Setelah sedikit layu tambahkan air kurang lebih 3 - 4 gelas belimbing/aqua atau sesuai selera
  5. Tambahkan irisan tomat diakhir tunggu hingga mendidih, koreksi rasa ya dengan menambahkan garam dan gula
  6. Anda juga bisa mengganti nasi sebagai pendamping sup dengan mihun/bihun, bisa juga dengan roti pistolet untuk anda yang sedang berada di perantauan.

Kandungan Gizi Sup Udang Kayu Manis

Mengapa saya memilih kayu manis dan bunga lawang sebagai rempah dalam Sup Udang kali ini?

Ide menambahkan bunga lawang saya dapat dari seorang teman Cak Rizky, salah satu mantan Cak & Ning Surabaya yang juga kontestan Master Chef Indonesia 2015 kalau gak salah. 

Menurut Cak Rizky, dokter hewan yang hobi banget masak ini, menambahkan bunga lawang pada sup akan menambahkan aroma sedap juga rasa yang lebih nendang. Bunga lawang merupakan rempah yang sudah digunakan nenek moyang kita tidak hanya sebagai bumbu masakan, tapi juga sebagai salah satu bahan ramuan pengobatan tradisional.

Kalau anda pernah mencium aroma bunga lawang, bau ini juga sama persis kalau anda membeli minyak telon merek my baby. Saya suka sekali bau minyak telon merek ini .. (bukan promo ya he he he)

Amazing Oriental Almere Centrum

Nah manfaat bunga lawang bisa anda cek disini ya, ada 18 manfaat yang bisa anda peroleh dari bunga lawang, tapi yang paling utama bunga lawang mengandung Asam Shikimic yang berfungsi sebagai Tamiflu-Influenza dan juga digunakan untuk pengobatan flu burung.

Kayu Manis seperti kita ketahui aromanya sangat menggoda dan kaya manfaat sebagai anti oksidan juga menambah zat imun tubuh, lengkapnya bisa dibaca disini ya. Mencampurkan kayu manis dan bunga lawang dalam sup udang juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis serta membantu tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol akibat konsumsi udang.

Penambahan Buah Oyong / Gambas / Sponsekomkomer / Chinesse Okra dalam sup selain memperoleh vitamin A, C dan serat juga bermanfaat sebagai penghasil zat besi, riboflavin, magnesium, seng, thiamin dan beberapa mineral lain yang diperlukan tubuh. 

Sedangkan jamur tiram bisa kita ambil manfaatnya sebagai pengganti kaldu sintetis dan juga sumber karbohidrat alternatif jika anda sedang menghindari konsumsi nasi. Nah lengkaplah sudah kebutuhan asupan gizi tubuh apalagi ketika anda harus berpuasa lebih dari 15 jam seperti yang saya alami di Belanda sekarang.

Ulasan tentang nama macam-macam jenis olahan udang akan saya bahas pada tulisan selanjutnya ya he he  he.. biar nggak bosan bacanya! Selamat berkreasi!

4 comments:

  1. enak sayangnay suamiku gak doyan udang

    ReplyDelete
  2. Kayanya enak nih, bikin di rumah ahh makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  3. I love oyooong! Kalau di sini apa yaa namanya..tapi maman rasanya khas ya

    ReplyDelete
  4. Resep udang lagiii.. Suegeeerrr banget tuh kayaknya Mbak.
    Tapi oyongnya akan saya skip. Saya kurang suka oyong hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)