Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Monday, December 3, 2018

Titip Koper di Amsterdam Centraal

Penitipan Barang Amsterdam
Hallo sahabat traveller yang sedang liburan ke Belanda sudah tahu belum tempat paling aman untuk titip barang bawaan tanpa harus menginap di hotel atau pas butuh taruh koper ketika transit di Amsterdam.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang penitipan koper atau barang bawaan ketika anda ingin keliling Kota Amsterdam tanpa bikin bahu dan tangan pegel-pegel. Biasanya kan kalo budget traveller paling ogah bayar hotel di pusat Kota Amsterdam yang terkenal mahal se-Eropa, sedangkan hotel di pinggiran letaknya lumayan jauh dari tempat-tempat wisata Amsterdam.

Hostel di Amsterdam juga tidak murah loh! Trus gimana dong kalau mau liburan ke Eropa?!
Jangan khawatir .. ada banyak kok pilihan menginap yang bisa kita manfaatkan, bahkan yang gretongan juga ada tapi saya tidak akan membahas tentang penginapan gratis disini ya.
Area Penitipan Koper Amsterdam Centraal

Luggage Center

Penitipan Koper sudah menjadi hal lumrah bagi anda yang doyan jalan-jalan baik dalam negeri maupun luar negeri. Pelancong biaya murah atau yang lazim disebut budget traveller sering memanfaatkan layanan ini ketika ingin berkunjung ke suatu kota tanpa harus menginap di hotel.

Beda Ukuran Beda Warna Mesin
Pengalaman pertama kali menggunakan jasa penitipan koper ketika saya sedang backpacking ke Malaysia. Ketika itu saya sudah check out dari hotel tapi waktu menunggu pesawat masih lama, daripada saya pegel jalan kaki sambil manggul ransel besar mending saya bayar bagasi untuk beberapa jam, selain aman dan terpercaya penitipan koper juga menghemat biaya.

Cara Penggunaan
Jasa ini sudah banyak ditemui di berbagai kota yang menjadi tujuan wisatawan. Nah di Belanda ada banyak tempat penitipan koper yang tergolong "canggih" dibanding penitipan koper yang pernah saya tahu.

Turis Pengguna Loker

Yah karena saya baru tahu yang paling canggih di Belanda dan belum keliling ke Negara-negara seperti Jepang, Cina maupun Negara Eropa lain, jadi boleh dong penitipan koper di Belanda saya bilang canggih he he he.

Mesin Pembayaran yang menyatu dengan Loker

Menitipkan barang-barang bawaan anda bisa dilakukan di Bandara Schippol, Stasiun Amsterdam Centraal, dan beberapa stasiun besar lainnya seperti Rotterdam, Denhaag maupun Utrecht, sedangkan untuk stasiun kecil belum tersedia layanan tersebut.

Ada dua jenis loker yang ditawarkan dengan harga berbeda sesuai besar kecilnya loker. Sistem pembayarannya hanya bisa dilakukan dengan kartu debit atau kartu kredit pada mesin yang tersedia. 

Harga loker kecil kalau tidak salah sekitar 7 euro dan yang besar 12,50 euro. Pertama yang harus anda lakukan adalah mencari loker kosong, setelah itu masukkan barang-barang bawaan anda lalu tutup pintunya, lihat nomor loker pada bagian yang tertera pada gambar panah, lakukan pembayaran pada mesin yang sejajar dengan tempat loker anda menggunakan kartu debit atau kartu kredit.


Karcis Loker Ukuran kecil

Anda akan mendapatkan kartu/karcis tanda terima dari mesin dengan barcode yang berfungsi membuka loker ketika waktu penitipan berakhir, jadi jangan sampai hilang ya! Sistem penitipan ini benar-benar self service karena tidak ada petugas yang melayani tapi jika anda bingung ada petugas di pintu masuk yang bisa membantu anda.

Dimana Lokasi Penitipan Koper ?

Ketika anda berada di Amsterdam Centraal dari arah pintu utama yang menghadap ke Selatan atau menghadap ke arah Damstraat, carilah pintu masuk yang paling kanan sendiri.


Kalau anda sudah berada didalam stasiun, berjalanlah ke arah kanan menuju outlet dunkin donnut, Di stasiun Amsterdam Centraal ada dua buah area semacam food court dan mini outlet beberapa produk terkenal. Letak penitipan koper berada pada sayap kanan stasiun, dan untuk masuk ke area ini sayangnya harus punya tiket kereta untuk bisa tap in / tap out area ini, atau bisa tanya petugas deh untuk masuk lokasi ya .. saya juga kurang paham soal ini.

Gate untuk Tap In / Tap Out

Nah cukup sekian ya ulasan tentang tempat penitipan koper di Amsterdam Central semoga bermanfaat, dan jangan lupa follow IG @ngampungdolan yes untuk info-info menarik tentang Belanda.


1 comment:

  1. mantep ya ada beginian di Amsterdam . smoga aku juga bisa kesini suatu saat nanti.. aamiin ya rabb ��

    btw salam kenal mbakk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)