Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Monday, February 11, 2019

Bolu Pisang Panggang Kayu Manis


Hallo pembaca setia! kali ini tulisan mengawali tahun 2019 tentang resep bolu pisang yang mudah anti gagal plus lezat! Bahannya juga mudah didapat.

Lama tidak menulis blog, tangan dan otak sedikit kacau berkoordinasi merangkai kata menjadi kalimat yang mudah dipahami, semoga tulisan perdana ini bisa menjadi penyemangat untuk tulisan-tulisan selanjutnya ya!

Naah resep bolu pisang panggang ini saya dapat dari Instagram mbak @fitria_elfira, kebetulan saya lagi IG-stalking dengan hastag #bolupisangpanggang, eh muncul beberapa gambar hasil bolu pisang plus resepnya. Saya memilih resep mbak Fitria karena lebih mudah dipahami dan langkah-langkahnya juga jelas. 

Resep ini sedikit saya modifikasi ya, tapi hasil juga tetep oke kok he he he .. mungkin tampilan saja kurang rapi dibanding punya mbak Fitria. Yuk kita lanjut eksekusi bikin bolu pisang ini.
IG Mbak Fitria

Bagi anda yang sudah terbiasa baking dan utak-atik dapur, saya kira kue ini gampang sekali. Tinggal sediakan bahan-bahan sesuai resep, aduk-aduk ... oven .. jadi deh hidangan nikmat pas untuk menemani nge-teh atau ngopi asix!

Oh ya karena saya tinggal di Belanda, jadi bahan-bahan yang saya gunakan menyesuaikan dengan yang ada disini ya, terutama untuk jenis pisang yang mungkin berbeda, tapi tetep sama kok rasanya.

Pisang yang saya gunakan adalah jenis pisang dari Africa, biasanya orang-orang Africa menyebut pisang ini dengan sebutan plantae bukan banana. Orang-orang dari Negara Ghana banyak menggunakan pisang jenis ini dalam menu masakan mereka. Pisang ini digunakan baik yang mentah maupun yang sudah matang dimasak dengan ikan, sebagai sumber karbohidratnya.

Kalau di Belanda, pisang ini digunakan sebagai bahan untuk membuat bakbanaan alias pisang goreng ala Belanda - Suriname yang di iris tipis memanjang kemudian digoreng adonan tepung trus dicocol dengan saus kacang seperti pecel, hmmm aneh gak?!

Bagaimana Cara Membuat Bolu Pisang

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu pisang ini adalah :

Bahan A
1. Tepung protein sedang 230 gram
     Untuk tepung saya modifikasi : 
      150 gram terigu + 50 gram tepung kelapa + 30 gram maizena
2. Gula Pasir 150 gram
3. Kuning Telur 6 butir (saya pakai 7 butir)
4. Baking Soda 1 sdt
5. Garam 1/4 sdt
6. Susu Cari 150 ml
7. Minyak Sayur 120 ml
8. Pisang Africa matang 2 buah
9. Kayu Manis Bubuk 1 sdt
10. Pala Bubuk (sesuai selera)

Bahan B
1. Putih Telur 7 butir
2. Gula Pasir 100 gram (saya pakai 1/2 cup)


Langkah Adonan
1. Campur semua bahan A aduk rata menggunakan whisker
2. Lalu untuk adonan B, kocok putih telur menggunakan mixer, tambahkan gula pasir secara berkala, aduk adonan hingga soft peak.
3. Siapkan loyang ukuran 24 x 7 cm (loyang lapis Surabaya) atau bisa menggunakan loyang bundar diameter 10 cm kira-kira, olesi mentega lalu taburi tepung.
4. Siapkan juga oven dengan suhu 180 derajat, panggang adonan kurang lebih 60 menit, atau sesuai dengan oven yang anda punya.
5. Untuk topping pisang, jangan diletakkan ketika adonan masih basah. Panggang adonan kurang lebih 10-15 menit, baru beri topping pisang.
6. Angkat bolu pisang panggang setelah berubah warna, dinginkan sebentar dan olesi pisang dengan mentega agar terlihat cantik (shiny alias kinclong).
7. Bolu pisang siap dihidangkan menemani teh atau ngopi anda, cocok juga untuk arisan.

Tips Baking :

Agar kue yang anda panggang tidak pecah, maka pertimbangkan letak loyang dalam oven, jangan terlalu dekat api, karena suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan permukaan kue/roti pecah, atau mlethek dalam bahasa Jawa :D

Selamat Mencoba

3 comments:

  1. Ah gambarnya sudah terlihat menggodaaa :( huhu oven saya masih oven manual tuh ka, gede dan berat lagi. Bukan oven tanam, jadinya harus angkut-angkut dulu dari gudang atas. Jadinya kalau cari resep, yang dikukus gitu.

    Btw saya salah fokus sama kotak susu 'melk' nya tuh. Saya teringat dengan cara pengucapan orang Indonesia (Jawa terutama). Kalau nyebut kental manis dengan 'melk', hehe.

    ReplyDelete
  2. salah satu kue favku mba ;). cuma aku beruntung krn kalo pgn kue ini, tinggal ke toko bakery papa hhahahaha. kue bolu pisang itu salah satu menu juara di bakerynya papa. :D. kapan2 kalo ke medan, mampir mba ke toko roti keluargaku :D., Raihan Bakery. hihihi..

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing, semoga sukses..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)