Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Monday, April 15, 2019

Tips Transportasi Murah Keliling Belanda

Amsterdam Centraal Malam Hari

Hallo pembaca, siang ini waktu Belanda saya lagi rajin menulis :D, setelah pagi ini sibuk di dapur memasak Soto Lamongan untuk suami, akhirnya bisa "me time" menulis artikel yang sempat terhapus gara-gara kesalahan setting

Kali ini saya akan mengulang cerita tentang tips keliling Belanda dengan transportasi yang lebih murah dibanding dengan tiket turis yang sering anda baca pada situs-situs tourism Belanda. So artikel ini adalah info murni dari warga lokal ya he he he (baca : pengalaman saya yang tinggal disini).
Kereta Intercity Class 1
Nah sebelum ngobrol lebih panjang tentang tips murah keliling Belanda, alangkah baiknya saya bercerita tentang macam transportasi yang bisa anda gunakan selama di Belanda atau hanya di Amsterdam.

Mampir ke sini yuk cerita tentang Artikel Blog Terhapus

Macam Transportasi di Belanda

Belanda memiliki beberapa transportasi masa yang bisa mengantar kita berjalan-jalan seputar kota, antar kota hingga antar negara. Semuanya sangat mudah dijangkau dan tertata dengan baik, mulai dari rute, harga, hingga jadwal keberangkatan dan kedatangan. Tidak ada "per-calo-an" apalagi scammer seperti di tempat-tempat yang mungkin pernah anda dengar pengalaman backpacker-an tertipu supir bus he he he

1. Kereta Listrik - NS Trein

Alat transportasi utama di Belanda adalah Kereta Listrik, ada dua jenis kereta listrik yang bisa anda pilih : Sprinter atau Intercity, untuk masalah harga keduanya sama, bedanya kalau Sprinter hanya lebih banyak berhenti di stasiun kecil sedangkan Intercity hanya berhenti pada stasiun tertentu.

Misal anda akan menuju Den Haag dari Schiphol Airport, jika menggunakan Sprinter maka akan menempuh waktu 55 menit dan Intercity hanya 32 menit. Sprinter akan berhenti di 8 stasiun kecil, sedangkan Intercity hanya berhenti di 2 stasiun besar. 
Tiket Kereta Schiphol - Amsterdam Centraal Normal
Untuk tiket, bisa beli online di situs kereta resmi Belanda, ns trein. Disini anda bisa membeli tiket kereta sesuai tujuan, misal dari Schiphol Airport menuju Amsterdam Centraal, membeli tiket on-line lebih murah dibanding tiket kertas di outlet stasiun. Jika anda liburan untuk beberapa hari atau ingin lebih murah, saran saya sih lebih baik beli ov-chipkaart alias Kartu OV warna biru yang bisa digunakan naik apa beberapa alat transportasi selama berada di Belanda.

Harga OV Chipcard kurang lebih 7,5 Euro, lalu anda bisa top-up uang mulai dari 5Euro di mesin Kartu Kereta yang ada di stasiun maupun Bandara. Dengan kartu ini anda bisa kemana saja selama di Belanda, mau naik kereta, bus, tram, metro hanya dengan kartu ini. Mudah dan murah kan tentunya tidak terbatas waktu.
Harga Diskon Jika bepergian bersama pemegang kartu OV Chipkaart warna kuning
Setelah puas liburan di Belanda, anda bisa menjual kartu ini di grup backpacker :D atau menyimpan jika suatu saat datang lagi ke Belanda, sepertinya masa expired nya hingga 1 apa 2 tahun kalau gak salah. 

Apa sih untungnya beli Kartu OV Chipkaart ?

Nah untuk anda yang punya kenalan di Belanda, mereka rata-rata pasti punya kartu OV Chipkaart untuk kegiatan sehari-hari baik untuk pergi bekerja maupun hanya sebagai rutinitas harian antar anak sekolah, ke pasar dan sebagainya.

OV Chipkaart Abonemen

Ketika anda bepergian bersama pemegang Kartu OV warna kuning (ada foto dan terdaftar abonemen bulanan), maka anda bisa mendapatkan potongan 40% dari harga normal kereta jika anda bepergian diatas jam 9 pagi - 4 sore.

Diskon 40% hanya berlaku ketika anda check in pada jam-jam berikut :
1. sebelum jam 7 pagi 
2. Antara jam 9 pagi - 15.55 pm
3. Setelah jam 18.30 sore

Namun untuk mendapatkan diskon ini, hanya harus tapping kartu dulu di mesin warna kuning - biru yang ada di stasiun-stasiun maupun dan memilih "samenrijs" menu... ahh ribet kan he he he, makanya cari teman yang di Belanda ya :-* untuk lebih tahu jelasnya!

2. Metro - MRT Belanda

Setahu saya metro hanya ada di kota-kota besar seperti Amsterdam, Den Haag dan Rotterdam. Metro di Amsterdam memberi kemudahan bagi anda yang ingin keliling Amsterdam empat penjuru mata angin.

Saat ini jalur yang paling banyak ada di daerah Timur ke Barat, sedangkan jalur ke Utara masih sangat terbatas, tapi jangan khawatir karena anda bisa menggunakan bus maupun tram.
Suasana dalam Metro Amsterdam
Tiket metro juga bisa dibeli melalui mesin-mesin di stasiun kereta, bedanya mesin tiket metro ini hanya ada di stasiun kereta yang juga berdekatan dengan stasiun metro. Ciri khusus mesin metro adalah bertanda tulisan GVB. 

Seperti yang saya sampaikan di awal, jika anda memiliki kartu OV Chip maka tidak perlu beli tiket metro lagi, tinggal tap and go!

3. Tram

Nah .. cirikhas transportasi di kota-kota Eropa yang paling menarik adalah tram, konon istilah tram berasal dari bahasa Scots untuk truk atau alat angkut gerobak yang dulunya dipakai di perusahaan tambang Inggris.

Tram listrik pertama kali ditemukan oleh orang Russia bernama Fyodor Pirotsky pada tahun 1880 di daerah dekat Saint Petersburg, kemudian berkembang ke Inggris, Austria, Canada, Hungary dan beberapa Negara di Eropa hingga Australia.

Tram Amsterdam
Anda bisa mencoba naik tram keliling Amsterdam mulai dari Stasiun Amsterdam Centraal menuju tempat-tempat yang anda inginkan. Sebelum memulai perjalanan, silahkan pelajari jalur transportasi Kota Amsterdam di sini Amsterdam maps 360 lengkap dengan berbagai jalur transportasi dari empat penjuru mata angin.

Oh ya untuk tiket tram dan bus bisa anda beli langsung ketika naik transportasi ini, tapi pembayarannya menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Harganya cenderung lebih mahal, satu tiket one way bisa-bisa dipatok 2,5 Euro.

4. Bus

Untuk transportasi bus, di Belanda ada dua tipe bus yaitu dalam kota seperti Damri atau transJakarta / Trans Jogja dan Bus antar kota yang warna merah dengan logo R-net. Kita bisa naik Bus R-net dari Schiphol menuju Terminal Bijlmer Arena atau Amsterdam Central maupun ke kota-kota lain jika terkendala dengan kereta

Perlu anda pahami NS trein Belanda ini paling sering ada perbaikan maupun nggak jalan karena cuaca buruk. Jadi siap-siap ya kalau harus menuju Schiphol Airport, anda bisa menggunakan transportasi Bus warna merah. Harganya lebih murah dibanding kereta, tapi waktu tempuhnya lebih lama.

Dengan menggunakan bus anda akan diberi suguhan pemandangan kota maupun sisi luar dari Amsterdam, apalagi kalau naik bus ke arah Harleem dari Schiphol airport, waah anda akan melihat pedesaan pinggiran Amsterdam, rumah-rumah cerobong asap lengkap dengan ternak dan ladangnya, kalau anda beruntung anda akan lihat sapi-sapi Friesland dan domba-domba berbulu tebal sedang merumput.

Cobalah naik bus ke arah Utrecht atau Leiden pada musim-musim semi atau akhir musim dingin, pemandangannya romantis dengan warna hijau dan sisa-sisa salju di beberapa sudut.

5. Sepeda OV

Untuk sepeda OV, akan saya tulis khusus pada artikel selanjutnya. Namun gambaran dasar mengenai alat transportasi murah dan sehat ini adalah sewa sepeda harian maupun bulanan dari perusahaan kereta Belanda (sepeda stasiun warna kuning biru), sayangnya hanya berlaku bagi anda yang punya kartu OV chip warna kuning (resident card).
Sewa Sepeda OV
Bagi anda yang tidak punya kartu OV warna kuning, bisa sewa sepeda di persewaan sepeda swasta dekat stasiun. Harganya memang lebih mahal dari Sepeda OV, tapi jauh lebih murah kalau anda keliling Amsterdam naik tram atau bus.
Seharian cuma kurang dari 5Euro
Well .. selamat mencoba ya dengan transportasi massa di Belanda! Tips murahnya lagi .. kalau anda berkunjung pas waktu musim semi atau musim panas, cobalah cek karcis promo di supermarket Albert Heinj atau Hema Supermarkt, biasanya mereka menjual tiket terusan untuk kereta dengan harga murah.

Misal tiket kereta sehari penuh cuma 16 Euro, anda bisa gunakan tiket ini mau dari Schiphol sampai ke Eindhoven, balik lagi ke Schiphol atau mau mampir ke Den Haag, keliling Amsterdam dalam waktu 24 jam! cuma bayar 16 Euro saja. 

Nah untuk info lengkap tentang tiket murah ini cobalah hubungi teman atau kenalan anda yang tinggal di Belanda, karena tiket ini dijual di supermarket yang agak jauh dari turis spot!

2 comments:

  1. Baca kni jadi semakin ingin segera ke Belamda. Melihat banyaknya jurnal Belanda di laptop, kadang nyesel kenapa memilih bahasa Perancis kalau akhirnya kepleset ke dunia sejarah Kolonial. Huhuhu

    ReplyDelete
  2. Melihat suasana di dalam keretanya teratur dan tertib sekali yaa. Semoga lain kali aku punya kesempatan main ke Belanda!

    Cheers,
    Dee Rahma
    heydeerahma.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)