Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Saturday, July 13, 2019

Tips Bebas Ujian ONA Inburgering A2 Netherlands 2019


Pertanian Belanda

Selamat pagi pembaca setia informasi seputar
Visa MVV Belanda! hari ini saya ingin berbagi informasi tentang bagaimana tips selanjutnya melewati ujian Inburgering A2 di Belanda.

Bagi anda yang sedang berusaha melewati proses pengajuan MVV Belanda semoga segera mendapatkan hasil positif dari pihak imigrasi Belanda ya! Tidak sedikit yang mengirim pertanyaan seputar pengurusan dokumen, agen jasa legalisasi, serta lika liku pengisian formulir MVV kepada saya baik via email maupun komentar di beberapa artikel tentang Inburgering Test - MVV Netherlands yang saya tulis di blog ini.

Sayangnya dari beberapa pengalaman saya merespond teman-teman yang butuh info tersebut, banyak yang kurang respect dan cenderung arogan ketika sudah mendapat informasi yang mereka butuhkan. Nah sejak saat itu saya enggan menjawab pertanyaan yang masuk baik melalui email maupun komentar he he he.

Istilahnya sudah dikasih hati masih minta jantung! Sekarang saya putuskan untuk mematok tarif atas informasi atau pertanyaan detail mengenai Mix Marriage Info Indonesia - Belanda yang saya berikan. So bagi anda yang benar-benar serius ingin menanyakan informasi dan perkembangan Visa MVV Belanda, sila kontak saya melalui link berikut ya :


Apa itu ONA Test?

Bagi anda yang akan pindah mukim ke Negeri Belanda, khususnya tinggal lebih dari 90 hari, maka harus punya Visa MVV. Konsekuensinya anda harus melewati tes Inburgering A1 di negara asal (Jakarta - Indonesia) dan selanjutnya A2 setiba di Belanda.

Setelah lulus A1 langsung lanjut pengajuan visa MVV, sebaiknya dilakukan melalui sponsor yang berada di Belanda. Sponsor bisa suami, orang tua, mertua atau tempat anda akan bekerja/kuliah.

Lebih lengkap tentang pengajuan visa MVV bisa dibaca di sini ya:

Artikel tentang pengurusan Visa MVV Belanda

Nah setelah urusan visa anda selesai kemudian pindah mukim ke Belanda, pertama yang harus dilakukan adalah lapor ke IND (Kantor Imigrasi Belanda), waktu itu saya lapor ke IND Amsterdam karena tempat tinggal suami berada di Amsterdam.

Nah setelah resmi menjadi penduduk Belanda, tentunya ada kewajiban serta hak yang anda sandang. Salah satu kewajiban proses Integrasi yang harus anda selesaikan adalah lulus ujian A2 Inburgering, mengikuti kelas orientasi Participatie Verklaring bagi anda yang datang setelah Oktober 2017.
Para Karyawan Menunggu Bus
Ujian A2 Inburgering meliputi Spreken (berbicara), Luisteren (mendengar), Lezen (membaca), Schrijven (menulis), Kennis van de Nederlandse Maastchappij (Pengetahuan Sosial Culture Kehidupan Belanda), dan ONA - Orientatie op de Nederlandse Arbeidsmarkt (Orientasi Dunia Kerja Belanda)

Tes ONA wajib bagi anda yang pindah mukim ke Belanda terhitung sejak Mei 2018 kalau saya tidak salah ingat. Tujuan tes ini adalah mengajari kita bagaimana cara mencari pekerjaan di Belanda, khususnya bagi anda yang belum lancar Bahasa Belanda.

Mencari pekerjaan di Belanda tidaklah sulit jika anda tidak pilih-pilih, tapi butuh proses apalagi anda yang akan tinggal di Kota-kota kecil dan sedikit sekali memperoleh pekerjaan yang menggunakan bahasa Inggris.

Kalau anda tinggal di Amsterdam atau kota-kota besar seperti Den Haag, Rotterdam, Groningen, dan sekitar "Jababeka"nya Amsterdam, tentunya lebih mudah mendapat pekerjaan tanpa harus bisa Bahasa Belanda.

Dalam tes ONA ada dua tahap yang harus anda lewati, pertama kursus tentang seluk beluk dunia kerja di Belanda, meliputi kewajiban & hak karyawan, proses interview, mengirim lamaran kerja, menulis surat lamaran dan sebagainya

Tahap kedua adalah tes wawancara, anda akan di tes oleh dua orang dari DUO kurang lebih selama 40 menit. jika anda lolos tes ONA ini maka anda akan mendapatkan sertifikat diploma. Oh ya untuk setiap tes Inburgering itu anda diwajibkan membayar uang ujian sebesar 40€ ya .. kalau gagal pada setiap tes, ya berarti harus bayar lagi dan ujian ulang!

Menurut info dari website DUO yang saya pahami, khusus untuk Tes ONA anda boleh memilih ikut tes wawancara langsung atau ikut kelas ONA. Kalau anda ikut kelas ONA, maka akan bebas dari tes wawancara

Konsekwensinya jika ikut kelas ONA, anda harus mencari sekolah bahasa yang menawarkan jasa Sekolah Integrasi di kota tempat anda tinggal. Dan biaya sekolah bahasa itu tidak murah!! Sudah menjadi rahasia umum .. Inburgering menjadi "bisnis segar"di Belanda he he he!

Saya sendiri tidak ikut sekolah Bahasa, semua bisa anda pelajari secara mandiri dan terlibat aktif dalam kegiatan sekitar anda tinggal atau berani menggunakan bahasa Belanda meski kapot (broken alias patah-patah) akan memudahkan anda belajar lebih cepat.

CARA BEBAS UJIAN ONA!

Seperti judul yang saya tulis, artikel ini akan membahas bagaimana anda bisa memperoleh ONA exemption alias bebas ujian ONA .. horreee!

Nah aturan baru ini berlaku sejak 1 April 2019, pemerintah Belanda membebaskan ujian ONA bagi anda yang memenuhi persyaratan berikut :
Surat Bebas ONA dari DUO

1. Anda sudah bekerja selama minimal 6 bulan dalam kurun waktu 12 bulan (1 tahun)
2. Anda bekerja sebagai karyawan dengan gaji tercatat pajak bukan entrepreneur / memiliki usaha sendiri
3. Anda memiliki jam kerja minimal 48 jam dalam satu bulan, perlu anda ketahui untuk bekerja full time (5 hari kerja) anda membutuhkan 38 - 40 jam per minggu, jadi bekerja selama 48 jam juga termasuk pekerjaan part time.

Jika anda memenuhi 3 syarat tersebut, maka anda berhak mengajukan permohonan bebas ujian ONA melalui DUO. Caranya unduh formulir permohonan di website INBURGEREN NL isi sesuai apa yang dibutuhkan, kemudian kirim via pos ke alamat yang tertera dalam formulir.

Secara otomatis pihak DUO dapat menelusuri dimana anda bekerja, berapa jam yang sudah anda selesaikan, karena data anda tersambung pada semua departemen terkait kependudukan di Belanda!

Anda akan mendapat surat balasan dari DUO apakah anda lolos bebas ujian ONA atau tidak. Kurang lebih saya mendapatkan balasan surat sekitar 3 minggu kalau tidak salah ingat.

Saran saya agar tidak banyak makan biaya, carilah pekerjaan di Belanda baik full time maupun part time, meski tidak masuk level kerja anda ketika berada di Indonesia. Nanti akan saya tulis ya tentang bagaimana mencari pekerjaan di Belanda

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)