Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Friday, October 11, 2019

Kewajiban Tes TBC bagi Imigran di Belanda

Proses Tes TBC di Belanda
Ada banyak hal yang harus anda lakukan setiba di Belanda. Selain harus menyelesaikan tes inburgering A2, anda juga diwajibkan melakukan tes TBC di pusat kesehatan tempat anda tinggal.

Tes TBC atau TB Tes dilakukan setiap enam bulan sekali oleh pihak GGD - Gemeentelijk Gezondheidsdients atau semacam Dinas Kesehatan kalau di Indonesia. Anda yang sudah terdaftar menjadi penduduk Belanda maka akan mendapat surat pemberitahuan dari kantor ini.

Biasanya pemberitahuan datang dua minggu sebelum hari-H. Jika anda tidak bisa datang pada hari yang ditentukan, anda bisa mengirim email untuk merubah jadwal. Pihak GGD akan mengirim ulang surat pemberitahuan ke rumah anda.

Bagaimana Tes TBC di Belanda?

Saya pikir tes TBC itu harus melakukan tes dahak, ternyata di Belanda cukup menggunakan rontgen, bahkan tes-nya berlangsung kurang dari 10 menit. Anda akan ditangani oleh petugas berpengalaman, sebagian besar adalah perempuan.

Bagi anda yang menggunakan hijab, tak perlu khawatir karena ada petugas perempuan yang akan melakukan persiapan uji TBC. Pertama, yang harus anda lakukan adalah datang tepat waktu ke lokasi GGD, karena saya tinggal di Almere maka saya harus pergi ke GGD Kota Lelystad - ibu kota propinsi Flevoland.
Ruang Ganti
Bawa semua dokumen yang diminta, baik surat pemberitahuan dan passport atau kartu identitas anda. Petugas akan memanggil secara berurutan satu persatu. Anda dipersilahkan masuk ke ruang ganti sebelum menuju ruang rontgen

Anda diharuskan membuka pakaian bagian atas (telanjang dada), tidak boleh menggunakan kalung, gelang cincin aksesoris dari emas maupun logam lainnya. Bagi anda yang memiliki rambut panjang, pihak GGD menyediakan jepit plastik untuk mengikat rambut anda.

Setelah siap, anda dipersilahkan menghadap ke alat rontgen selama beberapa detik, diminta untuk menarik nafas, dan selesai! Anda dipersilahkan ke ruang ganti untuk berkemas serta langsung diperbolehkan pulang. Hasil rontgen tidak diberikan kepada anda tapi akan menjadi catatan kesehatan bagi pihak GGD dan instansi terkait yang membutuhkan.
Ruang Pendaftaran TB Test
Proses ini sebenarnya sebagai salah satu formalitas meski kita tidak punya riwayat sakit TBC, jadi jangan khawatir atau bertanya-tanya kenapa harus melakukan tes ini?! namanya juga pindah ke Negara orang, ya harus ikut aturannya.

Oh ya kabarnya kalau anda sedang hamil, maka proses TB tes akan ditunda sampai anda melahirkan, info ini saya dapat dari Larasati yang vlog nya bisa anda cek di mevrow medok ya :)

2 comments:

  1. Jadi tes TBC ini hukumnya wajib. Untuk biaya ditanggung negara atau nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Nur Rochma, terima kasih sudah mampir kesini. Untuk tes TBC gratis mbak, tidak perlu membayar sepeserpun :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)