Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Sunday, April 19, 2020

Hartog's Brood, Toko Roti Legendaris di Amsterdam

antri beli roti di Amsterdam
Menulis tentang kuliner Belanda ternyata menjadi daya tarik bagi followers instagram saya, ide tentang berburu kuliner khas juga datang dari teman-teman yang mengirimkan pertanyaan secara langsung melalui sosial media yang saya punya.

Awalnya saya googling tentang jajanan Stroopwafel yang paling enak di Belanda untuk menjawab pertanyaan salah satu follower, lah kok saya justru mendapat banyak informasi tentang kuliner Belanda yang bisa saya coba satu persatu dan menjadi konten menarik blog, salah satunya adalah Roti Hartog's Volkoren ini.

Selain terkenal sebagai penghasil keju, mentega, tulips dan kincir angin, Belanda juga punya berbagai produk kuliner yang jarang diketahui turis. Roti tawar misalnya, di sini anda bisa memilih roti tawar yang memiliki beragam bahan dasar tepung yang berbeda.

Keistimewaan Roti Hartog's Volkoren Amsterdam

Nah tentang Toko Roti Hartog's Volkoren di Amsterdam ini, yang menarik minat saya untuk datang dan beli produknya adalah, pemiliknya menggiling sendiri gandum utuh menjadi tepung kemudian diolah menjadi roti dan aneka jajanan khas Belanda lainnya.


Perusahaan keluarga ini berdiri sejak tahun 1896 dan hingga saat ini masih mempertahankan resep tradisional untuk membuat roti tawar yang sangat fenomenal di Amsterdam bahkan mungkin seluruh Belanda. Dari website toko Hartog's Volkoren, bahan dasar yang digunakan untuk membuat roti tawar adalah tepung gandum utuh, air, yeast (ragi) dan garam.

Mereka menuliskan bahwa produk mereka mengandung lebih banyak fiber karena proses penggilingan biji gandum yang sempurna dan tidak ada tambahan zat-zat aditif lainnya. Selain itu roti yang mereka hasilkan juga mengandung omega 3 dan omega 6.

Gandum - Volkoren

Produk-produk yang mereka jual memang terbilang lebih mahal dibanding produk roti di pasaran, tapi harga tidak pernah membohongi kualitas! Anda boleh mencoba sendiri kalau pas berkunjung ke Amsterdam!

Apa itu Volkoren?

Bahan dasar pembuatan roti pada umumnya adalah tepung gandum atau lebih kita kenal dengan tepung terigu. Taukah anda kenapa disebut tepung terigu? Terigu menurut wikipedia berasal dari Bahasa Portugis, Trigo, yang artinya gandum kemudian terserap menjadi bahasa Indonesia menjadi terigu

Proses Penggilingan Di Samping Toko Hertog's

Tepung gandum berasal dari biji gandum yang digiling menjadi tepung, sama seperti tepung beras, tepung kanji (tapioka), tepung jagung (maizena) dan jenis tepung-tepungan lain. Bedanya tepung gandung memiliki beberapa kandungan protein yang dihasilkan dari proses penggilingan.

Kandungan protein yang dihasilkan tepung gandum juga berpengaruh pada hasil roti maupun produk olahan lainnya. Ada lima jenis tepung terigu yang dibedakan dari kandungan protein berdasar informasi yang saya baca di blog weekendbakery


Kalau di Indonesia kita mengenal ada tepung protein tinggi, protein rendah dan all multipurpose flour, di Belanda ada beberapa jenis tepung gandum yang beredar di pasaran sebagai berikut :

1. Zeeuwse bloem - Pastry flour yang mengandung protein 9%, kadar abu 0.4%
2. Patent bloem- All purpose flour kandungan protein 11%, kadar abu 0.55%
3. Tarwe bloem - High gluten flour kandungan protein 14%, kadar abu 0.8%
4. Gebuilde bloem - First clear flour kandungan protein 15%, kadar abu 1%
5. Volkoren meel- Whole wheat flour kandungan protein 13%, kadar abu 1,5%

Jadi Volkoren adalah tepung gandum yang digiling dari biji gandum utuh, maksudnya baik sekamnya dan kulit arinya juga ikut digiling, sehingga kandungan protein dan fiber (serat) lebih tinggi.

Roti yang dihasilkan sangat padat, alias tidak kopong seperti roti tawar di Indonesia, makan 1 sisir roti saja sudah kenyang. Warna yang dihasilkan juga coklat entah bagaimana prosesnya tapi rotinya tidak putih.

Antri Panjang

Lokasi toko roti Hartog's Volkoren ini ada di daerah Oost Amsterdam (Amsterdam timur) yang berdekatan dengan Tropen Museum. Alamat lengkapnya adalah di Jalan Wibaustraat nomor 77.

Buka setiap hari Senin - Sabtu dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Toko kecil di pinggir jalan utama Amsterdam timur. Setiap lewat jalan ini, selalu terlihat antrian panjang, apalagi menjelang akhir tahun, orang-orang rela antri panjang demi olliebollen untuk merayakan akhir tahun ala Belanda

Jadi sebelum berkunjung ke toko ini, pastikan anda sudah tahu apa yang akan anda beli, karena selain antrian panjang, pelayan juga melayani dengan cepat. Pembelian bisa dengan kartu debit atau kontan ya! untuk harga silahkan anda cek di website yang saya tautkan pada paragraf sebelumnya

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)