Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Sunday, February 21, 2021

Tips Perpanjang Passport RI di KBRI Den Haag Belanda

Perpanjangan passport WNI di KBRI Den Haag atau yang lazim disebut dengan pergantian passport karena sudah expired sebaiknya dilakukan satu bulan sebelumnya. Bagaimana cara memperpanjang passport anda? Yuk kita ngobrol di sini.
Perlu diingat, kondisi pandemi saat ini menjadikan proses perpanjangan passport di KBRI Den Haag memakan waktu lebih lama, karena anda harus daftar secara online terlebih dulu jika sebelum pandemi anda bisa langsung datang ke KBRI  tanpa harus membuat janji online.

Contoh kasus yang saya alami, rencana akan pulang ke Indonesia Januari 2021 dan passport saya masih berlaku hingga bulan Mei 2021, karena khawatir kalau terjadi sesuatu mengingat pandemi masih terus berlangsung, saya memutuskan untuk mengajukan perpanjangan passport lebih awal. Saya mendaftar melalui website KBRI Den Haag disini sekitar bulan November 2020, dan mendapat slot pada 11 Desember 2020.

Ketika itu belum banyak yang menggunakan layanan ini, tapi setelah Desember 2020 beberapa WNI mengeluhkan tidak mendapat slot karena permintaan pergantian passport membludak. Sehingga beberapa passport yang akan diajukan sudah lewat dari tanggal kadaluwarsa. Jika anda mengalami hal seperti ini sebaiknya kontak langsung KBRI Den Haag melalui nomor hotline yang disediakan.

Syarat Perpanjang Passport WNI

Apa saja yang dibutuhkan untuk memperpanjang passport anda? Pertama sila daftarkan diri pada website link yang saya tuliskan di paragraf sebelumnya. Anda diminta mengisi nama dan alamat email yang nantinya akan dijadikan sebagai sarana korespondensi. Kemudian unduh formulir isian pengajuan pergantian passport (istilah perpanjangan passport RI. red) dan cetak untuk disertakan saat pengajuan ke KBRI Den Haag yang berlokasi di Tobias Asserlan 8. 

Setelah anda mendaftarkan diri secara online, anda akan diarahkan ke laman pembayaran secara online, ingat pembayaran layanan ini hanya bisa dilakukan secara online. Biaya pergantian passport yang sudah masuk kadaluwarsa sebesar 30€, biaya ini berbeda jika anda memperpanjang passport karena hilang atau rusak. Untuk detail biaya sila periksa di laman resmi KBRI Den Haag ya!

Siapkan juga foto terbaru ukuran foto passport 1 lembar ditempelkan pada formulir yang sudah anda isi. Sertakan juga fotokopi passport lama dan Verblijfvergunning Identiteit anda sekaligus bawa yang asli saat pengajuan. Dokumen tambahan yang harus anda sertakan bisa fotokopi kutipan akte kelahiran atau akte nikah atau ijazah anda, pilih sesuai kebutuhan anda.

Perlu diketahui untuk pasfoto, KBRI Den Haag tidak melarang kita menggunakan jilbab atau turban tapi biasanya anda akan ditanya ketika melakukan pasfoto di tempat foto kota setempat, karena bagi passport Belanda tidak diperkenankan menggunakan hoofddoek atau penutup kepala untuk foto passport.

passpor baru dengan nama lengkap terpajang di halaman pertama!

Usahakan datang tepat waktu dan segera ambil nomor antrian untuk passport, meski ketika itu saya sudah datang tepat waktu tapi layanan molor sampai 2 jam, saya pikir sesuai dengan jadwal yang ditentukan saat pendaftaran. Jadwal jam kedatangan 11.50 pagi kemudian lima menit selesai hehe, faktanya harus menunggu lumayan lama ketika itu dikarenakan petugas jaga hanya satu, bertepatan hari Jumat pula!

Tapi jangan khawatir, anda tetap akan dilayani dengan baik tersedia ruang tunggu yang nyaman dilengkapi dengan air minum, ada juga cafetaria KBRI yang menjual menu Indonesia, sayangnya ketika itu sedang tutup karena pandemi, juga ada musholla dan toilet jika anda butuh untuk sholat disana.

Anda akan difoto ulang untuk foto passport biometrik dan sidik jari. Jadi dandan yang cantik biar hasil foto anda tidak mengecewakan di passport he he he!

Dan kapan selesai? Passport anda akan selesai dalam waktu kurang lebih 2 - 3 minggu maksimal, kecuali ada kasus tertentu seperti yang saya alami, karena nama saya lebih dari 5 kata dan pada passport sebelumnya kata ke-lima terletak pada halaman berikutnya. Pihak Imigrasi KBRI Den Haag harus meminta persetujuan dulu kepada Imigrasi Indonesia untuk meletakkan seluruh nama saya di halaman pertama.

Akhirnya passport saya tertunda, saya harus menunggu sekitar 1 minggu lagi karena ketika itu bertepatan dengan hari libur tahun baru di Indonesia. Syukurlah saya mendapatkan passport baru yang masa kadaluwarsanya bersamaan dengan ulang tahun saya 5 tahun kedepan! Akhirnya ada passpor baru dengan nama lengkap tertera di satu halaman! yeaay !


1 comment:

  1. Hiiiks, baca ini aku lgs elus2 pasportku. Kangeeen bawa dia lagi utk jalan2. Kangen ngeliatin chip negara2 baru yg didatangin.

    Pasprtku juga exp THN 2021 ini mba :D. Aku EMG udh plan mau renew, sekalian punya anak2. Tp di pikir ntr ajalah. Kalo udh ada kejelasan kapan bisa berangkat traveling. Jd ga vakum lama juga tuh pasport.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)