Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Friday, March 26, 2021

Berburu Kuliner Dunia di Pasar Raya Beverwijk Belanda



Belanda memang bukan tempat yang menarik untuk belanja barang branded, apalagi anda yang hobi keliling mall! Jangan harap akan mudah menemukan supermall di pusat Kota seperti Amsterdam. Konsep berbelanja di Belanda kebanyakan didesain seperti boutique shopping.

Ada beberapa tempat berbelanja dengan konsep outlet di Belanda yang bisa anda kunjungi, misal di Kota Roermond, Lelystad, atau sekarang yang baru buka ada di Amsterdam bagian utara. Tempat ini menjual berbagai barang bermerk tapi dengan konsep outlet dan boutique. Anda bisa berjalan sepuasnya keliling area berbelanja tapi bukan indoor ya! Jadi siap-siap payung kalau musim hujan, dan jaket tebal kalau pas musim dingin.



Nah kali ini saya akan mengajak anda jalan-jalan ke Pasar Raya Beverwijk yang ada di Kota Beverwijk (Baca: beverwek), kurang lebih 30km ke arah utara dari Kota Amsterdam. Lokasi pasar Beverwijk ini bisa diakses dengan menggunakan kereta sprinter dari stasiun Amsterdam Centraal dengan waktu tempuh kurang lebih setengah jam.

Konon pasar ini dulunya sering disebut Zwarte Markt atau pasar gelap yang menjual barang-barang tanpa pajak, bahkan ada juga barang hasil curian seperti sepatu bekas, baju-baju bekas, dan alat-alat elektronik. Itu dulu sekali! Sekarang pasar ini menjadi salah satu alternatif jalan-jalan jika ingin melihat suasana beda dari Kota Amsterdam.



Pasar ini menjual berbagai barang mulai makanan pokok, buah sayur, kosmetik, perkakas dapur, karpet, hingga baju dan jaket-jaket musim dingin dengan harga miring dibanding yang dijual di Kota Amsterdam. Untuk kualitas tergantung harga juga, dan bisa anda tawar kecuali toko-toko yang memang menuliskan "harga pas".

Oh ya untuk masuk ke pasar ini tersedia area parkir berbayar yang cukup terjangkau, adapula parkir gelap yang dikelola warga setempat dengan membayar harga penuh tanpa batasan jam. Pokoknya pasar ini tempat yang seru untuk hangout seharian! Apalagi anda yang suka hunting barang-barang unik, ada banyak barang dari mancanegara khususnya Morocco, India, Turkey dan negara-negara tetangga hingga produk Cina pun ada.



Masuk ke Bazaar, sebutan untuk pasar Beverwijk ini serasa main ke pasar di Turkey yang penuh dengan pernak-pernik dan warna lampu-lampu ala timur tengah. Di pasar ini anda juga bisa beli buah segar, manisan khas Turki, buah kering dan aneka kacang-kacangan khas Morocco. Selain itu banyak juga toko-toko muslim yang menjual keperluan ibadah.

Oh ya kalau anda suka belanja perhiasan, di kawasan ini juga ada outlet khusus yang menjual perhiasan emas, berlian, perak yang dijaga khusus oleh keamanan. Kebanyakan penjualnya dari India, Dubai atau Suriname dengan model dan warna emas yang berbeda dari toko satu ke toko lainnya.


Untuk toko-toko yang ada di bagian dalam, rata-rata mereka menerima pembayaran kontan. Sedangkan penjual yang ada di emperan mereka hanya menerima pembayaran kontan dan cenderung lebih murah, karena biasanya mereka tidak "menyertakan pajak" hehe, itulah kenapa pasar ini disebut Zwarte Markt.



Anda juga akan menemukan penjual barang-barang bekas disepanjang jalan menuju parkiran. Harganya juga sangat terjangkau kantong kita yang datang dari Asia, harga berkisar di bawah 1€ tapi ya harus pintar-pintar milih ya, jangan sampai menyesal karena tidak bisa dikembalikan kalau sudah dibeli.

Wisata Kuliner Dunia



Nah ini yang paling disuka kalau lagi jalan-jalan, urusan perut! Di pasar ini banyak warung yang menyediakan berbagai menu makanan penggoda selera. Jangan khawatir bagi anda yang muslim, di pasar ini banyak penjual makanan halal loh! Ada makanan dari timur tengah, India, Afghanistan, bahkan makanan ala Afrika juga dijual disini, pokoknya semua lengkap dan harganya lagi-lagi terjangkau.

Karena lokasi kulinernya seperti foodcourt di mall Indonesia, anda harus mencari tempat duduk dulu lalu langsung pesan ke counter makanan yang ingin anda beli, ada yang mengantar makanan ke meja kita, tapi ada yang harus menunggu. Oh ya selesai makan jangan lupa diberesin ya, karena disini gak ada yang bersih-bersih seperti di Indonesia. Selesai makan rapikan meja dan tempat duduk anda, buang sisa makanan dan kembalikan nampan pada tempatnya hehe!



Yang paling saya suka kalau berkunjung ke pasar ini adalah minum moroccan tea, teh khas orang Morocco yang diberi daun mint, bisa minta gula atau madu kemudian disajikan pada gelas kaca ukuran kecil ditemani kudapan khas mereka yang manis legit, hmmm echt lekker hoor!



Trus cobain makanan dari Afghanistan yang sangat menggoda selera, menunya sih perpaduan antara masakan India dan Timur Tengah. Saya gak bisa menjelaskan detail bagaimana rasa masakan dari Negara Taliban ini, yang jelas wueeenaak tenan apalagi yang saya pilih menu kambing.



Udah ah.. nanti ngiler kalau saya cerita terus hehe. Yuk kapan-kapan main ke Pasar Beverwijk kalau lagi main ke Belanda ya, jangan Amsterdam sama tulip melulu kalau kesini, cari dong tempat-tempat yang antimainstream!








1 comment:

  1. Ini fix sih, kalo aku ke Amsterdam, pusat kulinernya ini yg pastiiiii aku bakal datangin duluan :D. Aneka makanan masih jauh LBH menarik drpd barang2 hahahaha.

    Ga pernah tertarik masuk mall kalo aku sdg traveling mba. lagian yaa, sempet bbrp kali aku masukin mall di Jepang, Jerman, tp blm ada yg ngalahin mall2 nya Jakarta hahahahaha. Makanya, kalo ke LN sih, ga ush cari mall lah, mndingan bazar2 begini :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)