Sejatine Urip Iku Mung Ngampung Dolan

Monday, December 4, 2017

Cara Isi Formulir MVV Sponsor Belanda


Menulis tentang proses pengurusan dokumen Visa MVV Spouse ternyata banyak mendapatkan tanggapan menarik dari perempuan Indonesia yang berjodoh maupun akan pindah tinggal ke Belanda.

Senangnya tulisan saya sebelumnya bisa menjadi salah satu rujukan bagaimana cara mengurus visa keluarga ke Belanda, dan kali ini saya akan menuliskan tentang bagaimana cara mengisi formulir MVV sponsor.

Cara pengisian formulir MVV Sponsor ini sesuai dengan pengalaman saya sebagai istri dengan suami yang berkewarganegaraan Belanda, dan menikah di Indonesia. Semua syarat dan dokumen yang saya tulis disini otomatis sesuai dengan kondisi yang saya alami ya, jadi untuk anda yang berbeda kondisi mohon untuk mencari lebih banyak informasi baik dari kedutaan Belanda langsung maupun blog dan referensi lain.

Pertama yang harus kita persiapkan sebelum pengajuan MVV, anda harus me-legalisir seluruh dokumen ke Jakarta pada KEMENKUMHAM, KEMENLU, KEMENAG dan Kedutaan Belanda yang meliputi : 

  1. Buku Nikah (1 buku saja) legalisir mulai asal KUA tempat menikah hingga kantor Kementrian Agama Jakarta, Kementrian Hukum & HAM, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Agama dan Kedutaan Besar Belanda di Jakarta
  2. Akte Kelahiran (mintalah kutipan akte terbaru) dari Dispenduk asal lahir kemudian dikirim ke Jakarta untuk dilegalisir di Kementrian Hukum & HAM, Kementrian Luar Negeri dan kedutaan Belanda
Gunakan Tools Fill & Sign pada Program Acrobat Reader 

Bagi anda yang akan menikah baca disini : Pengurusan Dokumen Nikah WNI & WN Belanda

Setelah semua dokumen dilegalisir, copy dokumen-dokumen berikut untuk disertakan pada pengajuan Visa MVV tipe sponsorship, ingat ya semuanya hanya fotokopi atau scan, BUKAN ASLI :

  1. Copy Paspor Anda + lembar yang ada stamp-nya
  2. Copy Paspor / ID card suami
  3. Copy Hasil tes Inburgering, tentang Basis Examen Inburgering A1 baca disini ya
  4. Kontrak Kerja suami, minimal 1 tahun dan masih berlaku minimal 6 bulan pada saat proses pengajuan MVV
  5. Slip Gaji atau Entrepreneur Income Sheet jika suami anda seorang wiraswasta
  6. Bukti Surat Cinta, foto-foto pendukung saat anda bertemu pasangan, dan foto pernikahan bisa juga disertakan.
  7. Form MVV tipe sponsor (kode 7518) di download di website IND, googling ya ;)
  8. Copy Akte Kelahiran, untuk ini sebenarnya tidak perlu dicantumkan, tapi pengalaman saya yang sempat tertolak visanya karena alasan tidak ada akte kelahiran, tapi orang lain yang mengajukan tanpa akte ada kok yang lolos, so menurut saya jaga-jaga aja, sebab petugasnya agak kacau he he he
Nah sekarang mari kita lanjut tentang pengisian form MVV yang katanya super duper drama dan memang tebal sekali. Dulu saya ngisi-nya manual pas lagi berkunjung ke Belanda tahun 2016.

Klik icon diatas untuk menulis atau check mark & tanda tangan

Suami nge-print filenya kemudian saya isi manual, hmm cara ini cara kuno ha ha ha karena tidak hemat kertas dan tinta, juga gak effisien kalo salah ga bisa dihapus. Truss gara-gara ditolak, dan saya sudah berada di Indonesia, akhirnya saya download ulang itu form .. tahu gak .. alamat kirim form aja berbeda tempat loh antara tahun 2016 dan 2017 .. dooghh!

Maka dari itu saya menyarankan anda untuk sering update info dari website IND langsung, atau telepon kedutaan Belanda di Jakarta ya. 

Isi Kolom seperti mengetik pada program words

Okey aniewey .. sejak awal proses urusan dokumen nikah saya-lah yang lebih jadi "sutradara" nya ketimbang suami ha ha ha.. karena memang suami saya termasuk kategori yang terima beres, dia paling males suruh baca aturan dan menghadapi kenjlimetan birokrasi baik di Belanda maupun Indonesia. 

Jadi mau gak mau harus saya yang cari infonya dan urus segalanya sendiri mulai dari urusan ke kelurahan sampe tingkat KUA dan Kedutaan Belanda, sedangkan urusan legalisir dokumen setelah menikah saya percayakan pada agen untuk meminimalisir biaya, karena saya tinggal jauh dari Kota Jakarta.  

Setelah Terisi akan seperti ini

Setelah semua urusan dokumen beres, download form MVV 7518 kemudian buka form tersebut di program adobe acrobat reader seperti pada foto diatas, gunakan tools isian formulir untuk mengisi kolom-kolom yang ada pada lembar tersebut.

Klik Fill & Sign pada sidebar sebelah kanan kemudian akan muncul tabulasi file selanjutnya. Anda tinggal pilih icon huruf, tanda silang, check mark, ataupun sign untuk membuat tanda tangan.

Form Kesediaan ikut tes TBC

Arahkan kursor mouse anda pada kolom yang akan diisi ya, kemudian tinggal ketik data pada keyboard anda seperti orang menulis dalam program words maupun excel .. mudahh kan?!

Adapun form yang harus diisi adalah halaman (halaman dibaca pada PDF file) 2, 3, 4, 5, 6, 7, 11, 12, 13, 14, 19, 20, 23, 24, 37. Penjelasan tentang apa yang harus diisi anda boleh meminta saya mengirimkan contoh file PDF yang sudah saya isi ya, karena di blog ini saya tidak tahu bagaimana harus attach file untuk jenis PDF.

Form Status Kita dan Pasangan

Jika anda sudah mengisi semua kolom, tekan tombol save di akhir ya .. karena sistem acrobat reader hanya bisa diubah sebelum di save, kalau sudah disimpan tidak bisa di-edit lagi, artinya kalau anda melakukan kesalahan ya harus ngisi dari form kosong lagi he he he.. apalagi pas mati lampu ..duh!

Cara Mengisi Tanggal & Angka pada Kolom

Penjelasan tentang Lembar Isian MVV - Spouse tipe Sponsor :

  1. Halaman 1 - cover Form MVV
  2. Halaman 2 - status pemohon (istri / tunangan / anak)
  3. Halaman 3 - info diri tentang status tes TBC
  4. Halaman 4 - status detail kondisi perkawinan / hubungan pemohon dg sponsor
  5. Halaman 5 - informasi biometric suami/pasangan dan kita
  6. Halaman 6 - lanjutan hal. 5
  7. Halaman 7 - surat keterangan / pernyataan berkelakuan baik, cukup isi dan tandatangani tanpa perlu skck dari kepolisian Indonesia
  8. Halaman 11 - appendix tentang kesediaan untuk ikut tes TBC di Belanda
  9. Halaman 12 - lanjutan hal. 11
  10. Halaman 13 - lembar referensi untuk melakukan tes TBC, isi bagian anda & suami saja, sedangkan untuk pemeriksa/dokter biarkan kosong
  11. Halaman 14 - lanjutan hal 13
  12. Halaman 19 - lembar pernyataan status hubungan anda dengan suami/pasangan
  13. Halaman 20 - lanjutan hal. 19
  14. Halaman 23 - lembar pernyataan / keterangan bekerja suami/pasangan beserta tanda tangan bos/atasan tempat kerja
  15. Halaman 24 - lanjutan hal 23
  16. Halaman 37 - lembar deklarasi sponsor untuk visa family & relative yang harus diisi oleh suami/pasangan
Nah print halaman tersebut saja, anda bisa menggunakan tanda tangan e-sign yang tersedia diaplikasi acrobat reader, sedangkan suami tinggal print dan tanda tangan jika kondisinya anda berada di Indonesia.

Cara Membuat Tanda Tangen Elektronik via Acrobat Reader

Scan semua dokumen pendukung dan kirimkan ke suami via e-mail, biar suami yang nge-print kemudian mengirim lembar fisiknya ke alamat yang tertera pada form MVV atau bisa juga dikirim langsung ke IND Desk (coba googling deh ya apa itu ind desk), lalu bayarnya tetap via transfer. 

Lembar Biometric Info Pasangan

Biaya pengurusan MVV family ini sebesar Euro 237 hingga tahun 2017, entah di tahun 2018 nanti apa ada perubahan atau tidak, selalu cek rutin di website IND, karena aturan Belanda itu selalu di evaluasi setiap 6 bulan sekali, dan pasti ada perubahan. 

Lembat Biometric kita

Okay itu cerita pengalaman saya tentang bagaimana mengisi form MVV, alhamdulillah visa saya sudah approved per tanggal 20 November 2017 kemarin, dan sekarang tinggal menunggu stiker schengen visa dari Kedutaan Belanda di Jakarta!

Selamat berjuang ya teman-teman :) InsyaAllah bisa!


4 comments:

  1. Wah tulisan tulisan seperti ini pasti berguna banget buat yang mau urus visa kalau suaminya berkewargakenegaraan Belanda ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak karena memang butuh teliti dan sedikit membingungkan kalau kita gak baca pelan-pelan :) terima kasih sudah berkunjung ya

      Delete
  2. Bca artikel ini sekilas2 :)

    Nanti......kalau Allah berkenan, bismillah deh wkwkkwkw kalau dapetnya orang Belanda. Aku pasti balik lagi ke sini dan mempelajari secara cermat xD

    Aminin dong kak ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mbak :) terima kasih sudah main2 kesini ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)